6 Tahap Pengambilan Keputusan Seorang Manajer

Pemilik usaha kecil dan manajer mengambil keputusan akan beragam hal seperti kegiatan usaha setiap hari sampai keputusan strategis jangka panjang. Tahap pengambilan keputusan seorang manajer dapat dijabarkan kedalam 6 langkah. Sekalipun setiap langkah dapat diperdalam sangat detil, kebanyakan manajer akan melewati kesemua tahapan dengan cepat saat membuat keputusan. Memahami proses pengambilan keputusan seorang manajer dapat meningkatkan kemampuan Anda membuat keputusan yang efektif. Apa saja keenam tahap itu?

Identifikasi Masalah

Tahap yang pertama adalah mengenali apakah ada suatu keputusan yang perlu diambil. Keputusan tidak dibuat secara insidentil, hal itu merupakan sebuah upaya untuk mencari solusi atas suatu masalah yang khusus, menjadi kebutuhan atau mencari peluang. Seorang supervisor dalam toko ritel mungkin menyadari bahwa terlalu banyak karyawan di toko ketimbang jumlah penjualan per hari. Kondisi itu misalnya, akan membuat manajer membuat keputusan biaya operasional diperketat.

Mencari Informasi

Tahap pengambilan keputusan seorang manajer selanjutnya adalah mendapatkan serangkaian informasi untuk klarifikasi pendapat mereka setelah mengidentifikasi masalah yang perlu diberi sebuah keputusan. Seorang manajer mungkin perlu memutuskan sumber masalah potensial, masyarakat dan proses yang dilibatkan dalam masalah dan hambatan yang ada dalam proses pengambilan keputusan.

Solusi Berdiskusi

Memiliki pemahaman yang menyeluruh atas suatu masalah yang dihadapi, seorang manajer dapat memuat daftar solusi potensial. Tahap pengambilan keputusan seorang manajer ini melibatkan sedikit waktu untuk berpikir sampai beberapa bulan memikirkan, bahkan lebih, akan sebuah perencanaan bersama, bergantung pada sifat keputusan yang akan diambil.

Memilih Alternatif

Manajer akan mempertimbangkan pro dan kontra dalam setiap solusi potensial, mencari informasi tambahan jika diperlukan dan memilih opsi yang dirasakan memiliki kemungkinan sukses terbaik dengan biaya termurah. Mempertimbangkan masukan dari pihak luar jika Anda sudah melalui semua proses tahapan sendirian. Meminta opini kedua dapat memberikan pandangan baru dalam suatu masalah dan solusi potensial yang dimiliki.

Laksanakan Rencana

Tidak ada waktu untuk menebak-nebak saat Anda akan melaksanakan keputusan. Setelah Anda berkomitmen memilih solusi, kumpulkan semua karyawan dan laksanakan keputusan dalam sebuah langkah yang meyakinkan. Hal ini bukan berarti keputusan seorang manajer tidak dapat berubah setelah dilaksanakan. Manajer yang berpandangan maju selalu melakukan mekanisme pengawasan untuk evaluasi outcome keputusan mereka.

Evaluasi Outcome

Bahkan seorang pengusaha bertaraf internasional sekalipun akan belajar dari kesalahan mereka. Selalu awasi outcome dari keputusan strategis yang Anda buat sebagai seorang pengusaha kecil sekalipun. Persiapkan diri untuk beradaptasi dengan rencana sebisa mungkin. Atau bahkan berpindah ke alternatif solusi yang ada jika solusi pilihan Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Siap Terapkan Tahap Pengambilan Keputusan Seorang Manajer?

Itulah kesemua tahap pengambilan keputusannya. Terlepas dari gaya kepemimpinan organisasi yang Anda terapkan, pemahaman akan tahap pengambilan keputusan seorang manajer akan membuat Anda lebih memahami usaha yang Anda jalankan dengan berorientasi pada kemajuan. Siap mencoba?

Leave a Reply

CommentLuv badge

Pinjam Uang Untuk Lebaran Secara Online. Aman, Nyaman, PraktisPinjam Uang
+