5 Tips Sukses Melunasi Hutang Kartu Kredit Cepat


Melunasi hutang kartu kredit bukan perkara mudah. Bisa jadi karena hutang sudah terlampau besar dan Anda sudah kehabisan pilihan. Meskipun demikian hal terpenting adalah jangan putus asa karena jika Anda pantang menyerah selalu ada jalan keluar. Anda harus melihat opsi terbaiknya jika merasa hutang kartu kredit sudah diluar kendali. Saat mencari peluang penyelesaian itu hal utama yang harus diingat adalah bagaimana mengurangi beban dan memastikan pelunasan dapat dikelola.

Inilah beberapa tips sukses melunasi hutang kartu kedit dengan cepat dan mudah

Pahami Kondisi

Hal utama yang harus dipahami adalah kondisi finansial Anda. Jika Anda memiliki lebih dari satu kartu kredit dengan limitnya, maka Anda harus tahu pasti detilnya masing-masing (nama kertu kredit dan bunga). Akan membantu jika Anda memahami berapa banyak yang bisa disimpan untuk membayar hutang. Selanjutnya buatlah daftar pemasukan dan pengeluaran. Jika pengeluaran melebihi pemasukan maka Anda perlu memperbaiki arus kas.

Negosiasi ulang tingkat suku bunga

Akan lebih mudah melunasi hutang jika Anda dapat menegosiasi ulang tingkat suku bunga agar lebih rendah. Jika bunga hutang kartu kredit terlalu tinggi Anda akan kesulitan dengan beban rutin bulanan hutang. Mendapatkan bunga rendah dapat memberi ruang untuk bergerak. Bunga rendah berarti pembayaran bulanan lebih kecil sehingga Anda dapat membayar tanpa stress berlebihan menggunakan budget yang ada. Untuk menegosiasikan ulang bunga ini pastikan Anda memiliki riwayat kredit yang baik.

Pertimbangkan opsi pinjaman personal

Jika hutang kartu kredit terlalu besar maka opsi alternatifnya bisa membayar dengan pinjaman personal. Pinjaman jenis ini memiliki bunga lebih rendah dibandingkan kartu kredit. Dengan demikian Anda akan mampu menyimpan uang dan menggunakannya untuk membayar hutang pokok. Kondisi ini memungkinkan Anda membayar hutang dengan cepat sekaligus membantu Anda menyisihkan uang untuk tabungan. Anda bisa menegosiasikan dengan penyedia jasa pinjaman personal terkait tujuan pinjaman, jumlah pinjaman dan mekanisme pembayarannya.

Strategi melunasi hutang kartu kredit dengan cepat

Strategi ternamanya adalah strategi bola salju dan strategi tanah longsor.

Strategi tanah longsor memfokuskan upaya melunasi hutang kartu kredit dengan bunga tertinggi. Dengan strategi ini, Anda membayar batas minimum pembayaran semua kartu kredit yang dimiliki. Uang ekstra yang tersisa difokuskan untuk melunasi kartu kredit dengan bunga paling tinggi. Saat Anda sudah melunasi kartu kredit dengan tingkat bunga tertinggi, pindah ke kartu kredit selanjutnya dengan bunga paling tinggi lagi, begitu seterusnya sampai lunas.

Untuk strategi bola salju kebalikan dari strategi tanah longsor dengan mengincar kartu kredit bunga terendah. Anda fokus melunasi hutang kartu kredit bunga terendah dan terus sampai bunga tertinggi. Saat Anda sukses melunasi hutang kartu kredit semuanya, semangat akan kembali tinggi dan motivasi bertambah karena mampu mendapat bukti keberhasilan meraih yang tidak mungkin.

Transfer saldo hutang kartu kredit

Jika Anda tidak mampu menegosiasikan tingkat suku bunga hutang kartu kredit Anda bisa pertimbangkan transfer saldo. Ini berarti Anda memindahkan hutang kartu kredit dengan bunga tertinggi ke kartu kredit dengan bunga paling rendah. Ini akan memberi keuntungan dengan fokus pada satu pembayaran setiap bulan. Anda bisa mendapatkan pengurangan pembayaran bulanan jika riwayat kredit Anda positif. Bacalah aturan kartu kreditnya dengan seksama karena ada biaya untuk transfer saldo kartu kredit ini.

Siap Melunasi Hutang Kartu Kredit?

Kesemua tips suksesmelunasi hutang kartu kredit ini merupakan opsi positif untuk melunasi hutang Anda dengan mudah dan cepat. Untuk memastikan Anda memilih strategi yang paling baik, Anda harus meneliti kondisi keuangan dengan baik. Jangan mengandalkan satu strategi saja, kombinasi strategi penyelesaian hutang kartu kredit bisa membuat upaya Anda semakin mudah. Semoga sukses.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+