5 Peran Humas dalam Organisasi

Peran humas dalam organisasi ini bukan sekedar informasi tapi juga akan menguatkan ilmu kehumasan Anda. Jika sebelumnya sudah diungkap contoh humas yang sederhana, kini saatnya membahas peran humas dalam organisasi. Hampir semua organisasi besar memiliki unit humas. Unit ini dinilai penting untuk menjaga citra organisasi dan mengkomunikasikan pesan kepada konsumen, investor dan publik. Persepsi positif akan perusahaan dapat meningkatkan penjualan. Peran humas dapat beragam namun pada prinsipnya akan terdiri dari kelima peran berikut ini:

Strategi Pencitraan Publik

Penyusun strategi humas akan bekerja dengan para ekseutif papan atas organisasi untuk menciptakan ulasan bagaimana organisasi ingin dilihat dan bagaimana organisasi akan meraih citra positif. Hal ini akan melibatkan fokus pesan yang tepat, kemudian memutuskan pesan mana yang akan disebarluaskan.

Menjangkau Kegiatan

Para profesional di bidang humas sering mengatur kegiatan untuk meningkatkan profil organisasi atau meminjamkan nama atau brand untuk kegiatan amal yang mewakili filosofi perusahaan. Cobalah lihat para sponsor Olimpiade, atau sponsor rumah sakit. Para sponsor itu memiliki filosofi yang sejalan dengan kegiatan yang mereka dukung.

Hubungan Media

Berinteraksi dengan media merupakan fungsi utama unit humas. Para profesional humas menjawab pertanyaan dari wartawan, mengatur wawancara dengan individu kunci di organisasi dan menulis rilis press untuk membuat media mengetahui kegiatan organisasi atau capaian organisasi.

Media Sosial

Peran humas yang meningkat adalah untuk memaksimalkan penggunaan positif organisasi akan media sosial untuk pencitraan. Mengelola twitter feed, membuat facebook fanpage sampai chanel Youtube merupakan cara vital untuk terhubung dengan konsumen potensial atau pemangku kepentingan. Mengawasi komentar publik akan organisasi di internet juga akan memberikan para profesional humas peringatan dini akan sebuah tren atau masalah.

Mengelola Keadaan Darurat

Terkadang perusahaan atau organisasi dihadapkan pada situasi darurat yang meruntuhkan citra publik. Contohnya bisa sebuah perusahaan minyak harus berurusan dengan kecelakaan tumpahan minyak lepas pantai, atau produk makanan perusahaan mengandung zat berbahaya. Para profesional humas memutuskan bagaimana perusahaan memperbaiki kerusakan citra tersebut, mengkomunikasikan bagaimana reaksinya dan mengambil kendali atas pesan itu.

Manfaatkan Peran Humas

Itulah kelima peran humas yang bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan usaha. Seperti sudah diungkap sebelumnya bahwa humas berkaitan erat dengan promosi usaha. Jika Anda memahami aspek humas ini tentu saja akan banyak manfaatnya untuk perkembangan usaha Anda secara jangka panjang.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Pinjam Uang Untuk Lebaran Secara Online. Aman, Nyaman, PraktisPinjam Uang
+