5 Cara Meningkatkan Keuntungan Usaha Kecil


Cara meningkatkan keuntungan usaha kecil sangatlah krusial bagi Anda yang baru merintis bisnis secara kecil-kecilan. Fakta bahwa di sistem ekonomi kapitalis adalah bahwa jika usaha Anda tidak dapat menghasilkan keuntungan maka usaha itu tidak akan bertahan.

Banyak pemilik usaha kecil menemukan diri mereka berandai-andai kenapa penjualan mereka tidak beranjak positif dalam persaingan. Pertanyaan ini dapat dijawab secara umum dari sudut pandang keuangan personal dan bisnis. Keuntungan bukanlah suatu hal yang Anda hasilkan namun lebih kepada kesuksesan finansial. Satu cara pasti untuk meningkatkan keuntungan usaha kecil adalah untuk mengevaluasi usaha Anda secara keseluruhan dan menentukan bahaimana Anda dapat meningkatkan porsi penjualan.

Kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pelaku usaha kecil adalah saat mereka mengalami “keuntungan minim” maka mereka akan mencari jawaban atas pertanyaan :”Bagaimana saya bisa meningkatkan penjualan?”. Dalam kenyataannya, peningkatan keuntungan dapat diraih dengan dua cara yaitu mengurangi biaya rutin dan meningkatkan penjualan. Mari kita simak 5 cara untuk meraih kedua hal itu:

1 Mengurangi Biaya Langsung

Fokuslah pada efisiensi. Biaya langsung merupakan pengeluaran yang muncul dari keuntungan. Biaya ini merupakan pengeluaran nyata yang Anda sadari, dan Anda bayar secara teratur.

Cara pertama untuk mengurangi biaya langsung adalah negosiasi dengan supplier Anda. Tentu Anda ingin mengembangkan hubungan saling menguntungkan dengan supplier yang menghargai usaha kecil Anda dan mau menaikan sedikit harga untuk membantu Anda meningkatkan keuntungan.

Cara kedua untuk mengurangi biaya langsung adalah dengan mengurangi barang simpanan atau dikenal dengan “pengendalian barang persediaan”. Selalu mengendalikan barang stock dengan seksama akan membantu Anda meningkatkan keuntungan. Kelemahan usaha kecil adalah kerap memesan barang persediaan untuk penjualan tidak berdasarkan data tapi melalui perkiraan semata.

Cara ketiga mengurani biaya langsung adalah dengan mengurangi biaya kegiatan. Kebanyakan pemilik usaha kecil menganggap biaya kegiatan sebagai kewajiban dan tidak dapat diutak-atik. Nyatanya adalah selalu ada ruang untuk menabung, misalkan dari biaya telepon, hosting, perlengkapan, sampai hal sepele seperti minum kopi. Yang ada hanyalah komitmen untuk melaksanakan atau tidak melaksanakan.

2 Mengurangi Biaya Tidak Langsung

Biaya tidak langsung cenderung sulit untuk diketahui dan sudah pasti akan membahayakan profit Anda. Ini merupakan biaya tidak terlihat yang tidak disadari dengan segera namun akan memberi efek negatif signifikan pada usaha kecil Anda.

Perumpamaan untuk memahami biaya tidak langsung adalah dengan bisnis roti. Seandainya Anda memiliki toko roti dan membuat roti setiap pagi dan harus membuang sisa roti yang tidak terjual pada hari itu, maka mengevaluasi berapa penjualan rata-rata setiap hari dan menyesuaikan jumlah produksi roti dengan rata-rata penjualan akan membantu usaha Anda mengurangi “pembuangan sisa roti yang tidak laku” yang berimbas pada penambahan keuntungan usaha.

Untuk toko kelontong, variabelnya mungkin berbeda mulai dari stock barang berdasarkan catatan sampai barang secara riil (termasuk yang hilang dan dicuri). Semakin dekat data Anda dengan kondisi sebenarnya semakin kecil peluang kerugian terjadi pada usaha Anda.

Biaya tidak langsung lainnya dapat muncul dari kesalahan yang dilakukan karyawan. Jika karyawan Anda melakukan kesalahan pembukuan, atau sebagai pemilik usaha Anda memberikan kompensasi kepada konsumen atas kesalahan karyawan Anda maka usaha Anda akan mengalami kehilangan keuntungan. Kondisi ini akan menyebabkan kerugian baik “waktu” atau “konsumen tidak kembali lagi”. Keahlian Anda memahami apa saja biaya tidak langsung yang muncul di usaha Anda akan membantu meningkatkan keuntungan usaha kecil yang Anda rintis.

3 Meningkatkan Penjualan

Saat pemilik usaha kecil berpikir cara-cara meningkatkan penghasilan, maka pertanyaan utama yang kerap kali muncul adalah “Bagaimana saya meningkatkan penjualan?”. Di tahap ini ada dua strategi meningkatkan penjualan yaitu dari keterlibatan lebih besar karyawan Anda atau meningkatkan jalur distribusi penjualan.

Meningkatkan penjualan dengan keterlibatan karyawan berarti mengawasi kinerja karyawan dan menemukan cara baru untuk membantu mereka menjual lebih banyak produk usaha Anda. Training merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan karyawan dalam meningkatkan keuntungan usaha. Insentif merupakan cara lainnya yang sangat positif dalam memotivasi karyawan untuk meningkatkan upaya mereka menghasilkan penjualan yang lebih baik. Berikan penghargaan dan keuntungan finansial untuk karyawan yang berkinerja sangat baik setiap periode tertentu.

Cara kedua adalah dengan meningkatkan kualitas jalur distribusi penjualan yang mungkin belum dimaksimalkan. Mungkin Anda belum terpikir memanfaatkan media sosial seperti facebook, blog dan sebagainya. Fokuskan upaya Anda untuk mendapatkan perhatian konsumen akan usaha Anda dan undang konsumen ke lokasi usaha Anda lalu serahkan selebihnya kepada karyawan untuk menciptakan penjualan.

4 Meningkatkan Rata-Rata Penjualan

Tidak perlu terlalu ngotot untuk meningkatkan penjualan ke angka yang besar untuk meningkatkan keuntungan usaha kecil Anda. Ketimbang fokus berlebihan pada meningkatkan penjualan, jangan lupakan juga meningkatkan nilai rata-rata setiap penjualan. Ini merupakan peluang yang kerap tidak dihiraukan para pelaku usaha kecil. Ada beberapa cara untuk meningkatkan rata-rata penjualan sebagai berikut:

  • Latih karyawan melakukan “extra penjualan”: dapatkan pendapatan lebih besar dari setiap peluang penjualan dengan mengajarkan karyawan menawarkan produk tambahan pada saat penjualan. Misalkan saat konsumen sudah pasti akan membeli sebuah televisi, ajarkan karyawan untuk menawarkan seperangkat set home theatre-nya. Beri insentif khusus kepada karyawan yang berkinerja baik dalam melakukan “extra penjualan” ini.
  • Coba tawaran paket: Anda mungkin menyadari bahwa beberapa konsumen akan merasa “butuh” untuk sebuah produk saat ditawarkan dengan cara paket. Memberikan diskon khusus untuk sebuah paket produk penawaran bisa menjadi solusi praktis yang berharga bagi usaha Anda karena mempermudah menjual produk-produk yang “sulit” terjual.
  • Menaikan harga produk: terkadang meningkatkan harga jual produk dapat meningkatkan rata-rata penjualan tanpa menakut-nakuti konsumen. Jika nilai produk itu sangat tinggi, mungkin menaikan harga sedikit tidak akan berpengaruh pada tingkat penjualan usaha kecil Anda.

5 Menganalisa Selisih Keuntungan

Manfatakan data dan analisa, analisa dan analisa. Setiap cara meningkatkan keuntungan usaha kecil yang sudah dijelaskan sebelumnya secara tegas membutuhkan cara terakhir ini untuk meraih hasil terbaik. Inilah beberapa cara bagaimana Anda bisa menganalisa keuntungan usaha tersebut:

Jika Anda memiliki produk dengan selisih keuntungan besar dan cenderung disukai konsumen, maka pastikan karyawan Anda fokus untuk menjual itu kepada setiap konsumen yang datang. Produk semacam ini menghasilkan keuntungan tinggi dan sudah pasti “menjual”. Untuk produk dengan selisih untung tidak terlalu besar namun disukai konsumen, coba pikirkan bagaimana Anda bisa mengurangi biaya penjualannya (misalkan biaya supplier, pengiriman, dan sebagainya). Jika masih ada peluang menaikan harga, cobalah menaikan harganya sedikit mengingat produk itu disukai konsumen.

Sekarang coba lihat beberapa produk yang tidak “menjual”. Jika Anda punya produk dengan selisih untung tinggi namun kurang “menjual”, pikirkan tentang tata letak produk itu di toko Anda. Mungkin jika Anda meletakannya di tempat yang lebih baik, seperti pintu masuk atau di sekitar pintu keluar , produk itu akan lebih menarik konsumen untuk membelinya. Kedepannya, ada baiknya Anda mengurangi produk-produk yang “kurang menjual” itu atau bahkan tidak menjualnya lagi untum meningkatkan keuntungan usaha kecil rintisan Anda.

Terapkan Semua Cara Meningkatkan Keuntungan Usaha Kecil Ini

Untuk blogger yang baru berpikir untuk lebih serius ngeblog sebagai sumber penghasilan sampingan, informasi postingan ini sangatlah berharga untuk memastikan keuntungan finansial yang didapatkan dari ngeblog tidak habis percuma bahkan bisa tumbuh dengan pasti meskipun perlahan.

Bagi Anda pemilik usaha kecil, jangan remehkan komitmen dalam menjalankan usaha membangun keuntungan yang positif secara perlahan. Ingatlah bahwa kesuksesan bukanlah kebetulan, kesuksesan merupakan sebuah skenario yang dijalankan secara hati-hati dan penuh kerja keras.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+