5 Cara Hemat Kuota Internet Android atau iPhone

  • 1
    Share

Seiring perkembangan teknologi smartphone sekarang ini, maka semakin banyak orang yang akan membutuhkan kuota internet melalui berbagai paket data yang tersedia. Setelah sekian lama menggunakan paket data mungkin beberapa dari Anda baru tersadar akan kesan “boros” kuota yang dipakai dan mulai terpikir cara hemat kuota internet android atau iphone yang digunakan.

Apapun pilihan paket Anda baik unlimited atau bukan semua jenis paket data memiliki batas wajar pemakaian yang perlu diperhatian. Yang membedakan pada paket internet unlimited adalah saat kuota sudah habis, pengguna masih bisa menggunakan internet hanya saja kecepatan browsing, download, atau streaming akan terasa lebih lambat. Untuk paket data internet biasa tentu saja saat kuota habis koneksi akan langsung terputus.

Itu sebabnya jangan salah kaprah dengan asumsi “unlimited” dalam paket kuota internet. Mulai terpikir untuk mencari cara menghemat kuota internet Anda? Langkah pertama yang paling mudah adalah untuk beralih ke koneksi wifi setiap kali tersedia jaringan wifi di sekitar Anda. Namun koneksi wifi bukanlah satu-satunya cara menghemat kuota internet Anda. Inilah kelima cara selain wifi untuk hemat kuota internet android atau smartphone Anda.

Perhatikan Penggunaan Data

Langkah awal yang baik sebelum menghemat kuota internet adalah mengenali jenis-jenis pemakaian data. Penyebab paling umum penggunaan data internet adalah untuk browsing, media sosial, streaming online, download konten dan bermain game online.

Untuk pengguna smartphone, hal ini dapat diketahui dengan mudah lewat menu smartphone di bagian pengaturan. Saat ini dibuka, Anda akan disajikan informasi berapa banyak data terpakai dan aplikasi apa saja yang menggunakan data tersebut.

Untuk menghitung penggunaan data ini juga bisa menggunakan aplikasi pihak lain misalkan Onavo Count bagi pengguna Android yang berguna melacak penggunaan data pada smartphone penggunanya.

Setelah penggunaan data terindentifikasi, tentu Anda bisa lebih mudah mengendalikannya sekarang. Misalkan hanya membuka instagram saat ada koneksi wifi di waktu tertentu saja seperti saat ada bonus data gratis di jam-jam khusus dalam satu hari.

Non Aktifkan Update Otomatis

Langkah selanjutnya untuk berhasil menerapkan cara hemat kuota internet android atau iphone adalah memperhatikan fitur update otomatis atau autoupdate. Pembaruan otomatis bisa membuat Anda selalu menerima aplikasi terbaru tanpa kendala berarti. Tanpa disadari ini bisa membuat kuota internet Anda bisa habis tanpa diduga.

Banyaknya aplikasi yang digunakan dan mengaktifkan fitur auto update bisa jadi penyebab tak terduga borosnya kuota internet smartphone Anda.

Untuk ilustrasi misalkan sebuah aplikasi memiliki ukuran 20MB. Saat proses auto update berlangsung untuk 5 buah aplikasi berukuran sama maka sudah menghabiskan 100MB kuota internet smartphone Anda.

Jika Anda rasa kuota internet sudah terlalu boros maka cobalah untuk menonaktifkan fitur autoupdate ini dan lakukan update saat ada koneksi wifi saja.

Kurangi Intensitas Download Aplikasi

Langkah ketiga untuk hemat kuota internet android atau iphone adalah dnegan mengurangi intensitas mengunduh aplikas dari jaringan smartphone Anda. Perhatikanlah setiap ukuran aplikasi yang ingin Anda download, semakin besar ukuran aplikasinya tentu semakin besar kuota Anda akan tersedot untuk mengunduhnya.

Game-game dengan tampilan grafis yang baik memiliki kecenderungan ukuran aplikasi yang besar. Misalkan game contract killer yang memiliki ukuran data sampai 295 MB.

Terkadang game tertentu pun setelah selesai download masih memerlukan data pendukung selanjutnya yang lagi-lagi wajib di download untuk bisa memainkan gamenya. Bisa-bisa Anda mendownload 1G untuk satu aplikasi tanpa disadari. Hasilnya? Tentu saja kuota internet smartphone akan cepat habis.

Pilihlah aplikasi yang penting untuk di download dengan jaringan internet smartphone. Dan gunakan koneksi wifi untuk mendownload semua jenis keperluan dengan kapasitas data yang besar dengan skala kebutuhan yang tidak terlalu penting.

Aplikasi media sosial seperti Path, Instagram atau Facebook lazimnya berukuran tidak terlalu besar saat pertama di download. Namun penggunaan data bisa meningkat saat pemakaian. Misalkan Path, akan menghabiskan ratusan MB kuota internet untuk menampilkan display penuh foto..

Jika Anda memiliki masalah dengan cara hemat kuota internet android atau iphone berkaitan dengan aplikasi medsos solusi alternatifnya adalah untuk mengelola waktu pemakaian aplikasi itu dan cara pemakaiannya. Misalkan mengurangi intensitas mengunggah konten foto, sampai membukanya saat memiliki koneksi wifi.

Cerdas Mengkonsumsi Konten Video Online

Sudah dikenal banyak pengguna bahwa Youtube merupakan tujuan menyenangkan untuk menikmati konten video. Jika Anda penggemar youtube dan sering mengkonsumsi youtube dengan smartphone ataupun paket kuota internet lainnya, jangan kaget jika kuota internet Anda cepat habis. Banyak yang tidak menyadari hal ini penyebab utama kegagalan Anda bisa hemat kuota internet android atau iphone.

Streaming video termasuk salah satu aktivitas online yang membutuhkan jumlah data sangat besar. Untuk menghemat kuota internet Anda maka kurangilah aktivitas streaming video melalui smartphone.

Jika terpaksa harus melakukan streaming video dengan smartphone bisa dibuat hemat dengan menurunkan grafis video menjadi lebih rendah. Ukuran grafis yang tersedia di youtube misalnya antara 270p sampai 1080p. Semakin rendah maka kebutuhan data semakin kecil.

Kini Youtube menawarkan fitur baru untuk menonton offline yang berarti Anda bisa mendownload video youtube pilihan saat ada koneksi wifi dan menontonnya di waktu lain setelah proses download selesai. Namun demikian tidak semua konten video youtube bisa dilihat secara offline.
Pemadatan Data Browser

Beberapa browser dilengkapi fitur pabrikan yang mampu memadatkan data. Fitur ini bermanfaat untuk Anda yang aktif ngenet pakai smartphone.

Dua browser yang memiliki fitur ini termasuk Opera Mini dan Chrome karena keduanya menggunakan server sendiri untuk mengecilkan data situs yang didatangi pengguna smartphone kemudian menampilkan dalam bentuk informasi data yang sudah diperkecil ukurannya.

Itulah kesemua cara hemat kuota internet android atau iphone yang bisa segera dipraktikan

Ada cara lain yang belum diungkap?


  • 1
    Share
  • 1
    Share

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+