3 Cara Orang Indonesia Hasilkan 1000 Dollar dari Youtube

Salah satu dampak positif pertumbuhan smartphone di Indonesia adalah terbukanya peluang bisnis industri kreatif memanfaatkan perubahan pola hidup masyarakat dalam mengakses informasi khususnya internet.

Alhasil video pendek makin marak bertebaran di internet terlebih pada situs khusus konten video bernama Youtube. Untuk sebuah konten video, banyak sekali yang bisa dibuat dalam beragam kategori mulai dari kartun, video lucu, tip dan trik, tutorial sampai musik. Jika sudah demikian tentu saja tidak berlebihan jika kondisi ini memberikan peluang orang Indonesia hasilkan 1000 dollar dari youtube.

Aspek bisnis dari Youtube mulai muncul karena Anda bisa “memonetisasinya (menghasilkan uang dari Youtube)” berkat bantuan Google Adsense. Dengan demikian, jika sudah diterima Google Adsense maka para pembuat video akan berhak atas komisi antara US$1-US$8 setiap konten video dilihat 1000 kali.

Belum tahu Google Adsense? Baca : apa itu google adsense

Ini berarti makin banyak konten video yang dihasilkan dan disukai mayoritas orang, makin besar jumlah dollar yang bisa Anda hasilkan.

Unggah Video Lucu Keseharian Raup $1000 per Bulan

Inilah potensi yang dilihat oleh Bayu Eko Moekito atau akrab disapa temannya Bau Skak. Saat masih dibangku SMK, Bayu sudah Rajin mengupload video kreasinya.

Konsep video yang dibuat Bayu adalah video blog (atau disebut vlog). Melalui vlog ini, Bayu menyampaikan cerita kesehariannya dengan cara humor.

Vlog yang dibuatnya sejak semula sudah menggunakan bahasa Jawa. Inilah keunikan video milik Bayu yang menjadi unique selling proposition bisnis Youtubenya. Kini ia memiliki sekitar 400ribuan subscribers Youtube. Seiring perkembangannya, kini mayoritas videonya ada dalam bahasa Indonesia yang merupakan permintaan penontonnya.

Kunci utama Bayu memanfaatkan Youtube untuk menghasilkan uang adalah kreativitas. Jangan terkecoh dengan perlengkapan video canggih. Bayu hanya bermodal kamera smartphone dengan resolusi 2 MP.

Setiap bulan, video buatan Bayu mendapat perhatian 1 juta penonton. Dengan raihan itu, Bayu merupakan contoh orang Indonesia hasilkan 1000 dollar dari Youtube.

Bahas Hot Topik Secara Humor

Pelaku bisnis Youtube lainnya adalah Edhozell yang mengawalinya dari penasaran menunggah konten video untuk modal casting sebuah televisi. Kini ia mendapatkan 500 ribuan subscribers dan jutaan viewers setia.

Video yang dibuatnya bertema umum, mudah dicerna dan sangat menghibur penonton. Dimulai sejak 2011 ia baru benar-benar aktif di tahun 2014. Satu hal menarik dari video humor kreatif ini adalah dengan membuat konten video humor atas suatu “hot topik’ sehingga mudah menarik perhatian penonton.

Satu minggu, ia mengupload 2 konten video dengan jadwal Senin dan Kamis. Dengan durasi per video mencapai 2 sampai 7 menit saja dalam satu bulan ia sudah memiliki 12 konten video. Pembuatan video tidak serumit yang dibayangkan meliputi proses pembuatan mulai dari ide kemudian konsep, dilanjutkan pengambilan video dan editing. Setiap pembuatan video ia dibantu setidaknya 3 orang dan seorang manajer.

Ide atau tema video merupakan hal penting yang gampang-gampang susah untuk didapatkan. Edhozell misalnya, menyadari bahwa ide video Youtubenya muncul dari berbagai topik hangat di internet. Contohnya saat menjelang tahun baru orang akan marak membuat resolusi tahun baru maka ia membuat konten video tentang resolusi tahun baru.

Dengan mekanisme Google Adsense, Edhozell mendapat sekitar US$ 400 dari setiap videonya. Uang lebih besar akan didapat jika ada tawaran dari brand bisnis yang ingin produknya masuk ke video Edhozell.

Waktu produksi sebuah video bisa sampai 3 hari sehingga seminggu setidaknya ada 2 video yang bisa dihasilkan. Edhozell mengaku video paling sulit yang pernah dibuatnya adalah parody film remaja Ada Apa dengan Cinta 2. Hasilnya tidak seperti apa yang mereka inginkan sehingga ada perubahan konsep menjadi sekedar narasi. Edhozell merupakan contoh hidup lainnya akan keberhasilan orang Indonesia hasilkan 1000 dollar dari Youtube

Berawal dari Hobi Menjadi Produsen 50 Video Youtube per Bulan

Pebisnis Youtube selanjutnya adalah grup music Endank Soekamti dari Yogyakarta yang sudah membuat video Youtube dengan Google Adsense sejak tahun 2007 silam.

Awal mulanya hanya untuk mempromosikan lagi dengan video yang menarik sekaligus unik. Dengan bantuan sekitar dua puluh enam tim, video yang dihasilkan bisa sampai 50 video setiap bulan.

Setidaknya 30ribu penonton menyaksikan video mereka setiap bulannya. Dalam setiap pembuatan video, mereka harus melalui proses diskusi tim kemudian pemilihan lokasi.

Siap Hasilkan 1000 Dollar dari Youtube?

Itulah kesemua cara orang Indonesia hasilkan 1000 dollar dari Youtube. Kemajuan teknologi digital jelas memberikan peluang bisnis yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Anda tertarik menjadi orang Indonesia selanjutnya? Pastikan kreativitas Anda mengalir terus karena semakin banyak yang mencoba cara ini tentu semakin tinggi tingkat persaingannya namun jika Anda tetap kreatif mimpi hasilkan 1000 dollar dari Youtube bukanlah hal mustahil untuk diraih.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Pinjam Uang Untuk Lebaran Secara Online. Aman, Nyaman, PraktisPinjam Uang
+