Categories: PS4

Tips Playstation 4 untuk Maksimalkan Konsol Game Anda

Share

Anda pikir sudah menguasai konsol Sony PlayStation 4 Anda? Pikirkan lagi. tips playstation 4 ini akan memperluas fungsionalitas sistem dengan cara yang luar biasa.

Konsol video game kini telah berkembang jauh melampaui sistem video game sederhana, menawarkan banyak fitur hiburan yang dikemas menjadi kotak hitam yang ramping. Sony PlayStation 4, misalnya, memungkinkan Anda menjelajah internet, menggunakan layanan streaming video seperti Netflix atau Hulu, mendengarkan musik, bersosialisasi dengan teman, dan bahkan menyiarkan sesi permainan. Intinya, PS4 adalah PC tertutup yang memberikan berbagai pilihan hiburan langsung dari gadgetnya.

Tentu saja, dengan begitu banyak fitur yang Anda inginkan, pasti ada fungsi PS4 yang terbang di bawah radar Anda. Jangan khawatir; ulasan ini akan membantu Anda menguasai kemampuan sistem yang paling misterius.

Jadi, selesaikan dan pelajari keajaiban fitur PS4 Anda. Setidaknya ada 18 tips yang akan membuat pengalaman bermain game dan hiburan Anda lebih mulus dan nyaman. Jika ada fitur yang kurang dikenal, kunjungi bagian komentar dan bagikan dengan sesama gamer!

Dapatkan Ruang Penyimpanan Tambahan dengan Mengganti Hard Drive PS4

Game-game modern berukuran besar, sehingga sangat mudah untuk memenuhi hard drive Anda hanya dengan beberapa judul. Anda dapat menghapus file game yang lebih lama untuk memberikan ruang bagi yang lebih baru, tetapi itu membosankan setelah beberapa saat. Jika Anda jenuh dengan batasan penyimpanan PS4 Anda, Anda harus membeli dan menginstal hard drive disk (HDD) 2,5 inci berkapasitas lebih besar. Inilah cara melakukannya.

Cadangkan data game Anda di drive eksternal.

Buka bagian atas PS4 Anda, buka HDD yang terpasang. Tarik HDD dan sisihkan.

Unduh Perangkat Lunak Sistem PS4 ke drive eksternal.

Masukkan HDD baru dan pasang kembali.

Nyalakan PS4 Anda. Sistem akan melakukan boot dalam Safe Mode. Ikuti petunjuk untuk memuat Perangkat Lunak Sistem dari drive eksternal.

Pulihkan data game yang dicadangkan dari drive eksternal.

Itu saja

Simpan Game PS Plus Tanpa Mengisi Ruang

Ruang HDD sangat berharga, dan tidak ada yang lebih sia-sia daripada mengunduh game PS Plus selain menyadari jika Anda tidak akan sempat memainkannya untuk sementara waktu. Untungnya, Anda tidak perlu mengunduhnya sama sekali untuk menyimpannya. Jika rasa permainan PS Plus bulan ini menarik perhatian Anda, cukup pilih Tambahkan ke Perpustakaan daripada Unduh. Anda akan menjaga game sebagai bagian dari pilihan selama Anda tetap mengaktifkan akun PS Plus, dan Anda dapat mengunduh game kapan pun Anda siap untuk memainkannya.

Aktifkan Cloud Save atau Cadangkan Data

Anda harus selalu mencadangkan data game Anda jika memungkinkan. Lagi pula, Anda tidak pernah tahu kapan nasib buruk akan merusak perangkat keras Anda. Untungnya, Sony membuatnya mudah untuk membuat cadangan data.

Jika Anda memiliki PlayStation Plus, Anda akan melihat opsi untuk menyimpan data game Anda ke penyimpanan cloud Sony. Orang yang tidak berlangganan PlayStation Plus dapat menyimpan data game mereka ke penyimpanan eksternal, seperti thumb drive. Apa pun itu, ini adalah cara yang bagus untuk membebaskan ruang pada PS4 Anda, jadi biasakan.

Spring Clean PS4 Anda untuk Performa Lebih Baik

Sangat mudah untuk melupakan bahwa PS4 Anda pada dasarnya adalah komputer yang siap bermain game. Secara alami, saat Anda bermain, jelajahi internet, menonton TV, dan sebagainya, Anda mengumpulkan banyak data sampah dan cookie yang hanya berfungsi memperlambat PS4 Anda. Jika Anda melihat bahwa konsol Anda tidak terlalu tajam seperti ketika pertama kali keluar dari kotak, mungkin sudah waktunya untuk membersihkan database. Inilah cara melakukannya:

Boot PS4 Anda dalam Safe Mode dengan mematikan konsol dengan tombol power.

Setelah mati, tekan dan tahan tombol power lagi sampai Anda mendengar dua bip: satu dengan pers awal, kemudian yang kedua tujuh detik sesudahnya.

Setelah Anda mendengar bunyi bip kedua, lepaskan tombol daya, colokkan pengontrol DualShock 4 Anda ke konsol dengan kabel USB, dan tekan tombol PS pada pengontrol. Ini akan memunculkan menu Safe Mode.

Dari sini, pilih opsi Bangun Ulang Database dari menu.

Jangan khawatir: PS4 Anda hanya membersihkan dan menghapus data yang tidak berguna, tetapi penyimpanan dan hal-hal penting Anda tidak akan terpengaruh. Coba ini setiap beberapa bulan untuk menjaga PS4 Anda tetap lancar.

Atur Ulang Tombol

Terkadang, skema kontrol default untuk sebuah game tidak cocok dengan Anda. Mungkin Anda terbiasa dengan tata letak tombol tertentu untuk jenis game tertentu, atau Anda berganti-ganti antara dua game dan nyaman dengan gaya kontrol salah satunya. Beberapa gim memiliki opsi untuk mengubah pemetaan tombol sesuai keinginan Anda, tetapi hal ini tidak selalu terjadi.

Jika Anda merasa frustrasi dengan tata letak tombol, buka Pengaturan aksesibilitas dan cari Konfigurasi Tombol. Dari sana Anda dapat mengubah tata letak pengontrol sesuai keinginan Anda.

Kustomisasi Tema

PS4 memberi Anda banyak tema gratis, memungkinkan Anda menyesuaikan antarmuka sesuai keinginan Anda. PS Store memiliki lebih banyak opsi bagi Anda untuk dipakai jika Anda tidak keberatan membelinya. Namun, tahukah Anda bahwa Anda juga dapat menyesuaikan tema dengan tangkapan layar dalam game sendiri dan gambar yang diimpor? Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah ini:

Ambil stik USB, colokkan ke PC Anda, dan buat judul folder GAMBAR.

Tempelkan wallpaper atau gambar pilihan Anda ke dalam folder tersebut, lalu keluarkan stik dan masukkan ke PS4 Anda.

Dari sana, pilih Pengaturan> Tema> Kustom> Pilih Gambar> Perangkat USB.

Kustomisasi Pemberitahuan Sistem

Pemberitahuan itu penting, tetapi mereka cenderung muncul pada saat yang paling tidak tepat. Tidak ada yang membawa Anda keluar dari tindakan lebih dari ketika PS4 Anda berbunyi untuk memberi tahu Anda bahwa pembaruan tersedia. Jika pemberitahuan mulai mengganggu Anda dengan cara yang salah, Anda dapat menyesuaikannya dan memberi tahu PS4 Anda untuk tidak memberi tahu Anda ketika aplikasi tertentu dibuka. Selain itu, Anda dapat mematikannya langsung sehingga Anda tidak perlu berurusan dengan mereka.

Sederhanakan Berbagi

Berbagi konten permainan telah menjadi fitur populer. Tombol Bagikan pengendali PS4 memungkinkan Anda menyiarkan, berbagi layar, dan merekam video dengan segera. Anda bahkan dapat memposting klip video ke Facebook dan Twitter.

Sony menawarkan cara untuk menyesuaikan fungsionalitas Share. Ketuk tombol Bagikan, pilih Opsi, lalu pilih Berbagi dan Pengaturan Siaran. Dari sini Anda dapat menyesuaikan fungsi tombol saat ditekan, ditahan, dan diketuk dua kali.

Nikmati Game Teman Anda Dengan Share Play

Share Play adalah fitur unik yang harus Anda manfaatkan jika bermain dan berbagi dengan teman. Jika Anda dan teman bergabung dalam Mode Pesta, Anda memiliki opsi untuk menyaksikan apa pun yang mereka mainkan, dan bahkan memainkan permainan mereka sendiri, bahkan jika Anda tidak memiliki salinannya. Jika game ini memungkinkan bermain co-op lokal, Anda bahkan dapat bermain bersama menggunakan Share Play.

Ada beberapa peringatan yang perlu diingat. Anda hanya dapat pakai fitur share play dengan satu pemain lain pada satu waktu, dan sesi dibatasi hingga 60 menit. Kedua pemain harus memiliki keanggotaan PlayStation Plus untuk menikmati fitur ini juga.

Redupkan DualShock Light Bar

Pengontrol DualShock 4 ramping, nyaman, dan serbaguna. Sayangnya, ia memiliki beberapa kebiasaan yang mengganggu. Memiliki bilah lampu mencolok, terlalu terang, berwarna di bagian atas, serta daya tahan baterai mengecewakan, terutama dibandingkan dengan pengontrol Xbox One atau Switch Pro.

Terlalu sering, Anda akan mendapatkan pemberitahuan yang menjengkelkan yang memberi tahu Anda bahwa baterai pengontrol Anda rendah, sehingga Anda ingin tetap terhubung ke PS4 untuk mengisi daya setiap kali itu tidak digunakan. Untungnya, Anda dapat menghemat masa pakai baterai dan memadamkan lampu bagian atas dengan sekali gerakan.

Buka Pengaturan> Perangkat> Pengendali. Pilih Brightness, dan turunkan ke bawah. Anda tidak dapat langsung mematikannya, tetapi bilah lampu dimmer jauh lebih dapat ditoleransi dan menghemat masa pakai baterai.

Menikmati musik

PS4 hadir dengan Media Player bawaan yang dapat Anda gunakan untuk memutar video dan musik Anda sendiri. Jika Anda memiliki file video yang disimpan pada stik USB, Anda dapat menghubungkannya ke PS4 Anda dan menonton klip di waktu luang Anda. Hal yang sama berlaku untuk musik.

Jika Anda adalah pengguna Spotify, Anda dapat mengunduh aplikasi dan mengontrolnya dari menu PS4, memungkinkan Anda mendengarkan daftar lagu saat bermain.

Manfaatkan Aplikasi Telepon PlayStation

Upaya Sony dalam dunia game mobile dan streaming telah melihat keberhasilan yang terbatas, tetapi ada beberapa permata yang didapatkan berkat terjun ke pasar smartphone dan tablet.

Aplikasi telepon PlayStation adalah satu contohnya. Anda tidak dapat bermain game dengannya, tetapi dengan aplikasi ini Anda dapat mengirim pesan kepada teman, melakukan pembelian, memeriksa piala, dan mengunduh game apa pun yang Anda beli langsung ke PS4 Anda, yang sangat cocok untuk gamer yang sibuk bekerja.

Tukar Aplikasi

Bayangkan ini: Anda sedang menonton podcast di YouTube atau sejenisnya, dan teman Anda mengajak Anda untuk pertandingan cepat sekarang setelah dia kembali dari kantor. Anda keluar dari aplikasi dan mem-boot game Anda, memberinya sumpah serapah, dan mengakhiri sesi game Anda.

Sekarang, Anda ingin melakukan itu dengan mudah. Untungnya, Anda tidak perlu pusing untuk menemukan dan membuka kembali aplikasi yang sebelumnya digunakan. Jika Anda mengetuk dua kali tombol PS, PS4 secara otomatis beralih ke aplikasi Anda yang terakhir digunakan.

Preload Games

Game yang dibeli secara digital telah menjadi sangat populer saat ini, dan itu bukan kejutan nyata. Game digital tidak memakan ruang fisik apa pun dan dapat dibeli dari PS Store dengan mudah. Sebagai bonus, Anda tidak perlu lagi menginjakkan kaki di toko atau mal untuk membeli game yang Anda inginkan. Ini bermakna jika melakukan salinan digital berarti Anda harus duduk dan menunggu permainan untuk diunduh, yang dapat memakan waktu tergantung pada ukuran file. Namun, dengan trik yang rapi ini, Anda tidak perlu menunggu sama sekali.

Jika Anda membeli game terlebih dahulu, catat tanggal peluncuran game. Dua hari sebelum rilis game tersebut, Anda dapat mulai preloading ke PS4 Anda. Untuk melakukannya, buka menu Perpustakaan dan mulai unduhan Anda. Jelas, Anda masih tidak bisa memainkan permainan sampai peluncuran resmi, tetapi setidaknya Anda akan siap untuk pergi ketika jam berdentang tengah malam.

Aktifkan Operasi Suara

Banyak yang meneriaki sistem permainan ini dari waktu ke waktu, tetapi sekarang Anda benar-benar dapat mengontrol PS4 Anda dengan suara Anda.

Anda memerlukan headset untuk mengaktifkan fungsi ini, atau mikrofon di PlayStation Camera Anda.

Jika sudah, coba saja. Buka Pengaturan> Pengaturan Operasi Suara, dan klik kotak centang untuk Mengoperasikan PS4 Dengan Suara. Sekarang Anda dapat, misalnya, mengatakan “take screen shot” untuk mengambil foto.

Hidupkan TV Melalui Konsol PS4

Tahukah Anda bahwa Anda dapat secara otomatis menghidupkan atau mematikan TV setiap kali Anda menghidupkan / mematikan PS4 Anda? Untuk melakukan ini, masuk ke Pengaturan, lalu Sistem, dan klik Aktifkan Tautan Perangkat HDMI. TV Anda harus kompatibel dengan fitur agar berfungsi, tetapi TV ini sangat nyaman, terutama jika Anda menggunakan PS4 untuk lebih dari sekadar bermain game.

Streaming Game ke Mac atau PC Melalui Remote Play

Fungsi ini mungkin hanya sesekali digunakan, tetapi tetap saja fitur yang keren. Jika Anda mengunduh aplikasi PS4 Remote Play untuk PC atau Mac, Anda dapat mengalirkan game dari PS4 ke komputer Anda dan bermain sambil berada jauh dari konsol. Tentu saja, Anda akan memerlukan konsol dan akun yang tepat untuk masuk, dan internet berkecepatan tinggi pasti membantu.

Zoom untuk Membaca Lebih Mudah

Zooming adalah trik yang sangat baik untuk diingat, karena ada terlalu banyak game saat ini dengan ukuran teks semut yang bikin pusing. Mungkin asumsinya adalah bahwa setiap orang memiliki televisi 50 inci atau duduk tiga kaki dari layar mereka, tetapi membaca dapat menjadi sangat tidak nyaman tergantung pada permainan dan ukuran teks.

Menu Aksesibilitas datang untuk menyelamatkan sekali lagi. Buka Pengaturan> Aksesibilitas, dan aktifkan fitur Zoom. Setelah aktif, menekan tombol PS dan tombol Kotak bersama-sama memungkinkan Anda memperbesar layar sesuai keinginan Anda.