Categories: Wisata

Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Perjalanan Haji

Share

Perjalanan haji maupun religius lainnya mengalami tren yang meningkat. Semakin banyak umat yang berkunjung ke Mekkah untuk tujuan naik haji setiap tahunnya. Untuk mempersiapkan perjalanan haji Anda di masa mendatang, inilah pedoman bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda.

Pertama, ketahui tanggal masuk dan keluar bagi mereka yang bepergian dengan visa haji: ada ketentuan yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi berkenaan dengan tanggal masuk pertama dan tanggal masuk terakhir. Selanjutnya, pemerintah Arab Saudi juga mengatur tanggal keluar pertama dan terakhir. Pastikan Anda mengetahui tanggal-tanggal ini agar tidak mengalami kendala perjalanan haji.

Ke Mana Saja Saya Dapat Bepergian di Arab Saudi dengan Visa haji?

Jika Anda bepergian dengan visa haji, Anda hanya diizinkan untuk bepergian ke daerah-daerah tertentu di Arab Saudi. Tanggung jawab untuk mendapatkan visa yang benar dan jadwal penerbangan yang tepat ada pada penumpang. Tanpa dokumen perjalanan yang benar, Anda tidak akan dapat naik ke penerbangan atau menerima pengembalian uang.

Jenis Visa Arab Saudi Berkaitan dengan Haji/Umrah

Tiga jenis visa adalah Haji, Umrah dan Kunjungan. Ruang lingkup perjalanan Anda ditentukan oleh visa yang Anda dapatkan.

Dengan visa haji, Anda harus turun di kota Jeddah atau Madinah dan tidak diizinkan bepergian ke bagian lain di negara Arab Saudi. Ada juga sisi lain dari undang-undang negara Arab Saudi yang berarti siapa pun yang menggunakan visa kunjungan atau visa umrah tidak diizinkan memasuki Jeddah atau Madinah selama periode haji.

Apa Kebijakan Bagasi untuk Penerbangan Haji?

Semua maskapai penerbangan memiliki kebijakan bagasi standar masing-masing. Namun, umumnya ada tunjangan haji khusus yang diberlakukan oleh otoritas Arab Saudi yang harus Anda ikuti.

Tunjangan berbeda tergantung pada negara tempat Anda berangkat, maskapai penerbangannya dan agen perjalanannya.

Misalnya, Kedutaan Besar Arab Saudi di Washington D.C. menyatakan berat bagasi maksimum bagasi adalah 32kg dan ukurannya 56x45x25cm, terlepas dari kebijakan maskapai yang memungkinkan bagasi lebih besar.

Namun, bepergian dengan maskapai SAUDIA dari Inggris dimungkinkan untuk mendapatkan bagasi hingga 2 x 23kg, sehingga total ada 46kg.

Setiap kelebihan bagasi harus dibayar. Untuk mempermudah ini sekarang ada pusat layanan kargo Haji Resmi di Mekah dan di Bandara Internasional King Abdulaziz.

Tips perjalanan haji: Pastikan Anda menghubungi agen paket haji dan umrah serta pastikan maskapai penerbangan Anda secara langsung untuk memeriksa kebijakan bagasi atau berbicara dengan Kedutaan Arab Saudi setempat.

Bisakah Saya Membawa Pulang Zamzam (air suci)?

Sebagian besar maskapai penerbangan memungkinkan penumpang yang kembali dari Haji/Umrah untuk membawa hingga lima liter Zamzam sebagai bagasi terdaftar tanpa biaya tambahan. Tetapi sangat disarankan untuk memeriksa lebih dulu dengan maskapai Anda – mereka bahkan mungkin telah mengatur Zamzam gratis untuk Anda. Pastikan botol Zamzam Anda dikemas dengan benar dalam kantong plastik Zamzam khusus untuk menghindari kebocoran.

Jam Berapa Saya Harus Check-in di Bandara Setelah Ibadah Haji Selesai?

Ketika datang untuk check-in di Jeddah dan Madinah setelah menyelesaikan haji, ada aturan berbeda untuk maskapai yang berbeda. Secara umum, penumpang yang bepergian dengan maskapai internasional, seperti Emirates, harus melapor ke meja check-in bandara enam jam sebelum waktu keberangkatan yang dijadwalkan.

Pengunjung yang terbang dengan maskapai yang berbasis di Saudi, seperti SAUDIA, harus tiba di bandara tiga jam sebelum waktu keberangkatan. Namun, karena peraturannya sangat bervariasi dari satu maskapai penerbangan ke perusahaan penerbangan, nasional atau internasional, harap selalu berkonsultasi dengan maskapai Anda secara langsung untuk memastikan Anda tiba di bandara pada waktu yang tepat.

Tips check in dalam perjalanan haji: Selama periode haji bandara bisa sangat sibuk dan antrean panjang sehingga disarankan untuk bersiap-siap untuk banyak menunggu.

Apakah Fotografi Diizinkan?

Ada aturan tertentu tentang fotografi yang harus Anda ikuti di Arab Saudi. Dilarang mengambil foto gedung pemerintah, instalasi militer atau istana apa pun, jadi pastikan Anda tahu apa yang ada di sekitar Anda sebelum mengambil foto. Pihak berwenang juga menyarankan untuk tidak mengambil foto penduduk lokal Saudi. Membawa teropong dapat disita otoritas Saudi, jadi sebaiknya tinggalkan alat-alat bantu penglihatan semacam itu di rumah.

Maskapai Penerbangan Apa Saja Yang Melayani Perjalanan Haji?

Di bawah ini adalah tabel maskapai penerbangan yang terbang ke Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah. Harap dicatat, maskapai penerbangan di bawah ini yang menawarkan layanan haji tambahan diuraikan dengan tanda bintang. Juga, beberapa maskapai penerbangan hanya dapat menawarkan layanan ini dari tujuan tertentu.

Afriqiyah Airways Aegean Airlines Air India* Air China*
Atlasglobal* Biman Bangladesh Airlines* British Airways Citilink
EgyptAir Emirates Etihad Airways* Flyadeal
FlyBosnia Flydubai Flynas Gulf Air
Garuda Indonesia* Iran Air* Jet2.com* Jubba Airways*
Kenya Airways Kuwait Airways Lion Air Lufthansa
Malaysia Airlines* Nile Air Oman Air Qatar Airways
Pakistan International Airlines* Royal Brunei Airlines Royal Air Maroc* Royal Jordanian Air
Saudia Scoot SriLankan Airlines Tunisair
Thai Airways International* Turkish Airlines* Uzbekistan Airways UTAir Aviation*

Di bawah ini adalah tabel maskapai penerbangan yang terbang ke Bandara Internasional Prince Mohammad bin Abdulaziz, Madinah

Air China* Air India* Biman Bangladesh Airlines* China Southern Airlines* 
Emirates Etihad Airways Garuda Indonesia* Iran Air*
Iraqi Airways* Middle East Airlines* Malaysia Airlines* Oman Air
Pakistan International Airlines Royal Air Maroc Saudia* Tunisair*
Thai Airways International* Turkish Airlines* UTAir Aviation* Uzbekistan Airways*

Hotel Terdekat di Jeddah?

Lihat akomodasi Ocean Hotel Jeddah

Barang Penting Apa Saja yang Perlu Dibawa dalam Perjalanan Haji?

Benda Islami – Panduan Haji / Buku Islam, Buku Doa, Al Quran Saku, Sajadah Kecil, Tasbih, Tikar Wudlu.

Pakaian / Aksesori Umum – Ihram Tanpa Jahitan, Peniti untuk Ihram, Pakaian Longgar yang Nyaman, Topi Doa, Piyama, Sandal Jepit, Kacamata Hitam, Kantung Perjalanan, Tas Tali, Payung, Bantal Tiup, Kantong Tidur, Kipas Listrik Mini, Adaptor Perjalanan Universal , Kartu Sim Saudi, Notebook, dan Pena.

Peralatan Mandi – Tisu, Chapstick, Sikat Gigi / Miswaak, Pasta Gigi tanpa wewangian, Deodoran, krim matahari, Sabun, Shampoo, dan Tisu Basah.

Obat – Obat Resep Umum, Antibiotik, Obat Batuk dan Pilek, Paket P3K Mini.