Kuliah S2 di Australia Berapa Tahun Ya? Jurusan, Kampus dan Biaya Bagaimana?

Share

Jika minat Anda pada studi pascasarjana di luar negeri didorong oleh semangat petualangan, cinta akan perjalanan, dan dorongan mencoba pengalaman baru, Anda tidak dapat mengesampingkan pilihan kuliah Master di Australia. Jika itu sudah ada di benak Anda, sangat mungkin bertanya-tanya “kuliah S2 di Australia berapa tahun ya”

Sebenarnya ada beberapa aspek penting lain dari sekedar mengetahui durasi pendidikan sebuah Master di Australia. Aspek penting itu seperti jurusan kuliah di Asutralia, biaya kuliah di Australia, jenis visa untuk siswa internasional di Australia, proses pendaftaran Master di Australia sampai kesempatan bekerja selama kuliah S2 di Australia atau setelah lulus kuliah.

Peluang Kuliah Master di Australia

Tanah Selatan terkenal sebagai rumah dari cuaca yang indah, kehidupan yang santai dan beragam peluang olahraga dan rekreasi. Tapi tahukah Anda bahwa itu juga tujuan paling populer ketiga di dunia untuk belajar di luar negeri? Atau bahwa universitas-universitas Australia terkenal secara internasional karena kualitas penelitian dan pelatihan mereka?

Sebagai siswa Masters internasional, Anda akan memiliki kesempatan untuk merasakan  hal-hal yang menjadikan Australia salah satu tujuan wisata paling menarik di dunia dan memanfaatkan peluang pendidikan unik yang ditawarkan universitas-universitasnya.

Berikut adalah beberapa alasan paling menarik untuk mempertimbangkan gelar Master di Australia tahun ini:

Reputasi kelas dunia – Ada delapan universitas Australia di antara 150 universitas top dunia, yang mencerminkan keunggulan akademik negara tersebut.

• Pandangan internasional – Lebih dari 330.000 review positif pelajar asing tentu menjadi penguat alasannya – institusi Australia telah melakukan sesuatu yang benar!

Iklim dan kualitas hidup yang fantastis – Seiring dengan sinar matahari sepanjang tahun yang banyak dipertimbangkan, Australia menikmati statusnya sebagai salah satu negara paling aman dan paling stabil di dunia.

Peluang penelitian yang unik – lautan dan pantai Australia mungkin terkenal sebagai surga peselancar, tetapi mereka juga menawarkan potensi yang tak tertandingi untuk penelitian ilmu lingkungan. Lagi pula, berapa banyak negara lain yang memberi ahli biologi kelautan mereka kesempatan untuk menjelajahi Great Barrier Reef?

Program yang diakui secara internasional – Merujuk pada sistem gelar Inggris, gelar Master Australia dihormati di seluruh dunia.

Universitas di Australia

• Ada lebih dari 40 universitas di Australia. Mayoritas adalah lembaga publik, yang dikelola dan didanai oleh pemerintah federal Australia.

• Beberapa mempertahankan kampus, tetapi sebagian besar terletak di kota-kota tertentu – dengan konsentrasi terbesar di pantai timur.

• Anda dapat belajar di universitas Australia mana saja sebagai mahasiswa Master internasional, asalkan Anda memenuhi persyaratan pendaftaran dan penerimaan mereka. Anda biasanya akan membayar biaya dengan tarif yang sedikit lebih tinggi, tetapi akan diterima dengan dasar yang sama dengan siswa domestik.

Institusi Teknis dan Pendidikan Lanjutan (TAFE)

• Institusi ‘Teknis dan Pendidikan Lanjutan’ Australia (TAFE) berbeda dari universitas riset. Mereka fokus pada program pelatihan kejuruan daripada gelar akademik.

• Lembaga TAFE biasanya tidak memberikan kualifikasi tingkat pascasarjana dan karena itu Anda dapat fokus di tempat lain ketika mencari gelar Master di Australia.

Tahun Akademik di Australia

• Tahun akademik di Australia dimulai pada bulan Februari. Ini berjalan di dua semester pengajaran dari Februari hingga Juni dan dari Juli hingga November.

• Kuliah jurusan master biasanya tersedia untuk mulai di bulan Februari atau Juli, meskipun beberapa kursus profesional hanya tersedia untuk mulai di semester 1 (Februari).

• Memulai gelar Master Anda di bulan Februari mungkin tampak aneh jika Anda terbiasa dengan tahun akademik yang dimulai pada bulan September (ini sangat mungkin jika Anda seorang sarjana pada bulan Agustus, berharap untuk menyelesaikan kuliah di musim panas).

• Namun, memiliki waktu luang antara akhir gelar Sarjana Anda dan awal Magister Anda mungkin bermanfaat.

• Anda akan memiliki ruang untuk mengatur pendaftaran Anda dan mungkin bahkan menyesuaikan diri dengan Australia sebelum gelar Anda dimulai (tergantung pada persyaratan visa Anda, tentu saja). Dengan sebagian besar siswa meluangkan waktu yang cukup untuk Master internasional di Australia, opsi ini bisa sangat nyaman!

Akreditasi Universitas di Australia

• Universitas-universitas Australia tunduk pada regulasi mandiri bersama dengan tinjauan hukum independen. Ini melindungi kebebasan akademik mereka. Disaat bersamaan mempertahankan standar akreditasi yang dihormati secara internasional.

• Sebagai mahasiswa Master internasional di Australia, Anda juga akan ditanggung oleh Layanan Pendidikan untuk Undang-Undang Pelajar Asing (UU ESOS). Undang-undang itu menetapkan standar untuk pendidikan internasional Australia dan melindungi hak-hak siswa luar negeri.

• Sistem yang berbeda ini memastikan kualitas gelar Master Australia dipelihara dengan hati-hati dan kualifikasi yang Anda terima akan memiliki standar yang diakui di seluruh dunia.

Peringkat Universitas di Australia

• Dengan delapan universitas di antara 150 universitas terbaik di dunia (menurut Times Higher Education dan QS World University Rankings), Australia memiliki reputasi global yang mengesankan untuk pendidikan tinggi. Tidak mengherankan bahwa begitu banyak siswa internasional berbondong-bondong ke Australia.

Informasi Universitas di Australia

Universitas43
Kampus tertuaUniversity of Sydney (sejak 1850)
Siswa Internasional335.512
Lamanya Kuliah 1-2 tahun
Rata-rata biaya AUD $20,000-37,000
(USD $15,660-29,000)
Tahun Akademik Februari sampai November

Jenis Course Master di Australia

Jika Anda memiliki pengalaman sebelumnya tentang sistem universitas negara Eropa, organisasi kualifikasi gelar Australia mungkin akan sangat akrab.

Seperti sistem Inggris (yang menjadi modelnya) Australia menggunakan struktur tiga tingkat. Gelar sarjana S1 diikuti oleh gelar S2 pascasarjana. Beberapa siswa kemudian melanjutkan ke kualifikasi penelitian tingkat yang lebih tinggi, seperti PhD.

Banyak program gelar Australia juga menggunakan nama yang mirip dengan padanannya di Inggris. Gelar-gelar pascasarjana seperti MA (Master of Arts) dan MSc (Master of Science) banyak digunakan, sebagai contoh.

Namun beberapa nama course master tampak berbeda. Anda lebih mungkin mudah menemukan Magister Perdagangan daripada Magister Pemasaran. Kualifikasi pengajaran profesional, sementara itu, disebut sebagai Lulusan Diploma Pengajaran (atau Magister Pengajaran) daripada Sertifikat Pascasarjana Inggris dalam Pendidikan (PGCE).

Jenis Gelar Master di Australia

Anda dapat belajar Magister di Australia dalam berbagai format gelar. Beberapa program dibangun langsung berdasarkan studi sarjana Anda. Yang lain memberikan pelatihan lanjutan untuk meningkatkan karier Anda saat ini – atau beralih ke yang baru.

• Master Tradisional adalah program akademik, menawarkan kesempatan untuk mempelajari subjek tertentu secara lebih mendalam. Mereka mirip dengan gelar setara di negara-negara seperti Inggris, memberikan kualifikasi seperti Master of Arts (MA) atau Master of Science (MSc).

Course ini disampaikan melalui kombinasi pengajaran dan / atau penelitian, dengan sebagian besar termasuk disertasi akhir atau proyek serupa.

• ‘Perubahan arah ‘Master adalah untuk siswa yang ingin beralih jalur akademik atau mendapatkan keahlian tambahan di bidang baru.

Mereka sering memulai dengan memberi Anda landasan prinsip-prinsip inti dari subjek baru Anda, sebelum memberikan pelatihan lanjutan dalam spesialisasi tertentu.

• Kualifikasi profesional untuk lulusan pascasarjana adalah untuk kandidat yang telah menyelesaikan gelar sarjana dan ingin berkualifikasi secara profesional dalam karier terkait.

Course ini ideal jika Anda ingin memasuki profesi tertentu. Jika Anda ingin menjadi guru, misalnya, Anda bisa menggunakan Graduate Diploma atau Master of Teaching untuk menambah pelatihan pendidikan profesional ke pengetahuan akademik Anda tentang mata pelajaran spesialis.

Sebagai siswa internasional di Australia, Anda harus memastikan bahwa kualifikasi profesional diakui di negara asal Anda. Antisipasi itu untuk memastikan keterampilan dan pengalaman yang telah Anda peroleh di luar negeri akan membantu meningkatkan kompetensi Anda di negara sendiri.

• Master pengembangan profesional ditujukan bagi para kandidat yang ingin meningkatkan karier mereka melalui pelatihan tambahan. Misalnya, Anda mungkin seorang guru berpengalaman yang ingin mengembangkan keterampilan manajemen pendidikan, atau seorang profesional pemasaran yang ingin memperoleh keterampilan media digital.

Tidak seperti Master profesional graduate, program ini biasanya membutuhkan kualifikasi dan pengalaman yang ada. Mempelajari course semacam itu di luar negeri dapat menjadi cara terbaik untuk meningkatkan portofolio Anda dengan mengambil keuntungan dari keahlian unik dan peluang pelatihan di Australia.

Lama Kuliah S2 di Australia

Untuk Anda yang ingin tahu kuliah S2 di Australia berapa tahun, bagian ini akan coba jelaskan. Lamanya waktu untuk menyelesaikan kuliah S2 di Australia akan tergantung pada jenis program yang Anda pelajari dan konten programnya. Dalam beberapa kasus, latar belakang akademis dan profesional Anda mungkin juga menjadi faktor yang mempengaruhi.

Sebagian besar gelar Master di Australia membutuhkan waktu antara satu dan dua tahun untuk menyelesaikan. Penjelasannya seperti ini:

• Program akademis tradisional yang diajarkan sepenuhnya melalui course umumnya berlangsung selama 18 bulan.

• Course yang mencakup pelatihan dasar atau membutuhkan penempatan kejuruan mungkin lebih lama (ini bisa menjadi kasus untuk beberapa Perubahan Arah atau program Master Profesional).

Bagaimana dengan Program S2 Masters by Research di Australia?

Sebagian besar universitas di Australia menawarkan gelar Master berbasis penelitian dan juga program pengajaran. Ini biasanya adalah program akademik (meskipun beberapa course profesional dapat mencakup penempatan praktis yang diperpanjang).

Anda dapat mempelajari gelar Master by Research sebagai kualifikasi final di Australia atau, jika Anda ingin melanjutkan ke penelitian doktoral, Anda mungkin dapat meningkatkan pendaftaran Anda ke gelar PhD.

Universitas Anda akan menetapkan proses aplikasi sendiri untuk program penelitian pascasarjana, tetapi Anda biasanya diharapkan untuk memberikan garis besar topik penelitian prospektif Anda dan tujuannya. Ini tidak harus final, tetapi harus menunjukkan potensi pekerjaan Anda dan kesesuaiannya dengan departemen dan penyelia yang Anda lamar.

Biaya Kuliah S2 dan Pendanaan Universitas di Australia

Di Australia, biaya kuliah S2 ditetapkan oleh masing-masing universitas dan bukan pemerintah, sehingga Anda akan menemukan perbedaan biaya di berbagai lembaga dan course. Biaya kuliah untuk warga negara Australia dan Selandia Baru lebih rendah daripada untuk siswa internasional.

Sebagai panduan kasar, biaya program antara AUD $ 20.000 dan AUD $ 37.000 per tahun (USD $ 15.660-29.000) untuk siswa luar negeri. Magister Seni dan Humaniora paling murah dalam skala ini, sedangkan program berbasis Sains akan menjadi termahal. Subjek seperti Ilmu Kedokteran dan Kedokteran Hewan bahkan bisa lebih tinggi.

Mendaftar Kuliah S2 / Master di Australia

Universitas-universitas Australia bebas untuk mengatur aplikasi dan persyaratan penerimaan mereka sendiri, tetapi syarat-syarat digunakan untuk menyambut mahasiswa pascasarjana internasional.

Persyaratan penerimaan untuk program akademik

Persyaratan inti untuk masuk ke program Magister akademik di Australia adalah menjadi gelar sarjana yang relevan (atau yang setara).

Universitas Anda harus dapat memberi nasihat jika Anda tidak yakin tentang kelayakan kualifikasi yang ada.

Standar yang diperlukan untuk kualifikasi sarjana akan bervariasi antar program, tetapi sebagian besar universitas akan menerima setara dengan Inggris 2.1 atau lebih tinggi. Ini kira-kira setara dengan IPK 3,0 atau lebih baik di Amerika Serikat.

Persyaratan penerimaan untuk program profesional

Program profesional mungkin memiliki persyaratan aplikasi yang lebih spesifik:

• Kursus Master pengembangan profesional biasanya akan membutuhkan bukti pengalaman kerja yang sesuai dan / atau kualifikasi profesional yang ada.

• Kualifikasi profesional dapat meminta Anda untuk menyerahkan skor dari tes aplikasi pascasarjana seperti GRE atau GMAT. Ini kemungkinan besar untuk program kompetitif dalam bidang studi seperti manajemen bisnis.

Proses aplikasi

Tidak ada aplikasi pusat dan layanan penerimaan untuk gelar pascasarjana di Australia. Namun, siswa internasional di Inggris dan Irlandia dapat memilih untuk mendaftar melalui Pilihan Studi, layanan dukungan untuk siswa Inggris dan Irlandia di Australia dan Selandia Baru. Layanan mereka sepenuhnya gratis dan tidak memihak.

Atau, Anda dapat mendaftar langsung ke calon universitas Australia pilihan Anda.

Bagaimanapun Anda melamar, Anda harus memberikan formulir aplikasi yang lengkap dan bukti kualifikasi yang ada.

Persyaratan aplikasi lain untuk gelar Master Australia dapat mencakup:

• Transkrip akademik – Ini memberikan rincian tambahan tentang pendidikan sarjana Anda, seperti modul yang telah Anda pelajari dan kinerja Anda pada mereka. Universitas sarjana Anda perlu membuat dan mensertifikasi dokumen-dokumen ini.

• Referensi – Ini harus mencakup pernyataan dari tutor sarjana dan / atau atasan profesional Anda, yang sesuai.

• Pernyataan pribadi – Tidak semua program membutuhkan pernyataan pribadi. Seorang Master Penelitian dapat meminta satu sebagai bagian dari proposal Anda. Program profesional juga dapat meminta Anda untuk menggambarkan minat Anda dalam course dan hubungannya dengan tujuan karir Anda.

Wawancara Penerimaan Kuliah S2 di Australia

Sebagian besar program gelar Master Australia tidak akan memerlukan wawancara formal sebagai bagian dari proses aplikasi Anda.

Pengecualian mungkin berlaku untuk program profesional atau gelar berbasis penelitian, tetapi ini tidak berarti Anda harus melakukan perjalanan ekstra ke Australia. Banyak universitas akan mengatur untuk mewawancarai pelamar internasional melalui Skype atau platform serupa.

Tanggal dan Tenggat Waktu Pendaftaran Kuliah S2 di Australia

Batas waktu pendaftaran untuk gelar Australian Masters akan tergantung pada tanggal mulai untuk program studi Anda:

• Jika Anda memulai pada semester pertama (Februari-Juni), Anda biasanya harus mendaftar pada akhir Oktober sebelumnya

• Jika Anda memulai pada semester kedua (Juli-November), Anda biasanya harus mendaftar pada akhir April

Universitas Anda harus dapat membantu Anda jika Anda tidak yakin tentang aspek apa pun dari aplikasi Masters Anda, termasuk tenggat waktu, persyaratan penerimaan dan dokumen pendukung.

Visa Pelajar Jurusan S2 di Australia

Kebanyakan calon siswa akan memerlukan visa untuk belajar Magister di Australia sebagai siswa internasional. Perhatikan bahwa visa hanya tersedia untuk siswa full time. Sayangnya, Anda tidak akan dapat menerima visa untuk belajar Magister paruh waktu di Australia.

Siapa yang tidak membutuhkan visa untuk belajar di Australia?

Anda biasanya tidak memerlukan visa pelajar Australia jika Anda warga negara Australia, warga negara Selandia Baru, atau memiliki hak untuk tinggal secara permanen di Selandia Baru atau Australia.

Jenis visa apa yang Anda perlukan untuk belajar Magister di Australia?

Anda harus mengajukan permohonan Visa Pelajar (subclass 500) untuk menjalani program pascasarjana di Australia. Ini memungkinkan Anda untuk tinggal dan belajar di Australia selama program Anda.

Anda juga dapat masuk kembali ke negara itu beberapa kali selama periode ini – sempurna jika Anda ingin kembali untuk mendapat pengalaman white christmast!

Proses Aplikasi Visa untuk Kuliah S2 di Australia

Sebelum Anda dapat mengajukan permohonan visa, Anda harus diterima di program gelar Master Australia dan menerima Konfirmasi Pendaftaran (CoE). Ini akan menjadi dokumen resmi yang dikeluarkan oleh universitas Anda setelah pembayaran setoran biaya sekolah.

Setelah Anda memiliki formulir CoE, Anda dapat memulai aplikasi visa Anda, menggunakan situs web Departemen Imigrasi dan Kontrol Perbatasan Australia untuk mendaftar online untuk Visa Pelajar (subclass 500).

Anda harus memberikan informasi pendukung. Ini harus mencakup:

• Detail paspor Anda

• Bukti CoE

• Bukti bahwa Anda memenuhi persyaratan keuangan

• Bukti Perlindungan Kesehatan Siswa Luar Negeri (OSHC) Anda

• CV

• Salinan resmi transkrip akademik Anda

Anda juga perlu membayar biaya aplikasi AUD $ 560 (USD $ 435).

Periode pemrosesan untuk visa Anda dapat bervariasi, tetapi biasanya harus dikeluarkan untuk Anda dalam waktu empat minggu.

Peraturan visa tambahan

Visa pelajar Australia biasanya tunduk pada peraturan tambahan berikut:

Bekerja – Anda dapat bekerja dengan durasi hingga 40 jam setiap dua minggu dengan visa tipe 573, tunduk pada persyaratan pembatasan waktu. Jam kerja untuk siswa dengan visa tipe 574 tidak terbatas.

Kemajuan akademik – Validitas visa pelajar Anda akan tunduk pada kemajuan Anda yang “memuaskan” pada program gelar Anda.

Persyaratan finansial – Pemerintah Australia memperkirakan sekitar AUD $ 20.290 per tahun untuk biaya hidup siswa (USD $ 15.780). Anda mungkin perlu menunjukkan akses keuangan pada persyaratan finansial itu (dalam bentuk tabungan, sponsor, atau pendanaan yang ada).

Asuransi kesehatan

Anda memerlukan asuransi kesehatan yang berlaku selama Master Anda di Australia. Ini disebut sebagai Overseas Student Health Cover (OSHC) dan tersedia dari berbagai penyedia.

Jumlah pertanggungan yang disediakan oleh kebijakan OSHC bervariasi, tetapi tingkat minimum ditentukan oleh Departemen Kesehatan Australia.

Persiapkan Rencana Kuliah S2 di Australia

Jika Anda sudah memikirkan rencana pasca-Master Anda di Australia, Anda akan senang mengetahui bahwa Masters adalah persiapan sempurna untuk studi PhD di sana. Australia juga menawarkan banyak kesempatan untuk bekerja setelah selesai kuliah di Australia. Anda harus mengajukan permohonan Visa Pascasarjana Sementara (sub-tipe 485) jika Anda ingin mencari pekerjaan setelah lulus. Sekarang Anda sudah jauh lebih paham ketimbang sekedar mengetahui berapa lama kuliah S2 di Australia bukan?