Cara Membuat Aplikasi Android Sendiri Tanpa Keahlian IT


Penggunaan mobile internet tidak dapat disangkal lagi terus berkembang secara signifikan dan diyakini akan mengambil alih peran komputer sebagai media akses utama masyarakat ke internet di masa mendatang.

Seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna smartphone android setiap hari, maka secara beriringan jumlah pembuat aplikasi android  juga terus dibutuhkan.

Pasar aplikasi android tidak terbatas pada pengguna umum tapi juga sudah mulai masuk ke sektor bisnis dan organisasi. Perubahan dinamis industri aplikasi adroid ini tidak hanya menggoda para pengguna tapi juga para konglomerat besar untuk mengambil keuntungan dengan membuat aplikasi android sendiri.

Beberapa aplikasi android yang mendapat perhatian para konglomerat ini adalah applikasi android komunikasi, aplikasi penunjuk arah, aplikasi layanan berdasar lokasi pengguna, aplikasi media sosial, aplikasi e-commerce, aplikasi pengenal objek, aplikasi pembayaran mobile, aplikasi transfer uang dan aplikasi game.

Masa depan teknologi digital identik dengan dunia android sekarang dan semua bisnis menawarkan kemudahan dengan membuat aplikasi android sendiri.

Sudah paham kan akan potensi sebuah aplikasi android? Lalu bagaimana cara membuat aplikasi android pertama Anda? Pada dasarnya ada dua cara. Cara pertama adalah tanpa bantuan alias Anda melakukan semuanya sendiri dan cara kedua adalah dengan bantuan alias Anda mendapatkan sebuah alat bantu yang mempermudah mimpi Anda membuat aplikasi android pertama Anda. Mari mulai dari cara pertama ….

Membuat Aplikasi Android Sendiri Secara Mandiri

Berikut ini merupakan gambaran bagaimana Anda bisa membuat aplikasi android sendiri secara mandiri. Meskipun pada dasarnya tetap saja akan ada bantuan dari alat-alat khusus, namun dengan cara ini setidaknya Anda harus sudah memiliki pemahaman cukup baik terkait “kode/code”. Jika selanjutnya Anda siap, maka segera berlanjut dari teori dan syntax ke pembuatan sesungguhnya. Untuk mencapai itu, berikut ini hal mendasar yang Anda butuhkan;

Android SDK atau Android Software Development Kit

SDK merupakan koleksi media yang akan membantu Anda membuat aplikasi android. Ada banyak sekali media yang tercakup disini namun setidaknya inilah beberapa yang terpenting;

Android Studio & Eclipse

Setidaknya ada dua IDE (Integrated Development Environments) yang utama untuk android. Sebuah IDE merupakan program utama dimana Anda akan menulis sebuah kode dan menyatukan rangkaian aplikasi menjadi satu aplikasi utuh. Media ini akan membantu Anda mengatur dan memodifikasi beragam file daalam aplikasi, mengatur paket dan dukungan libraries yang akan dibutuhkan aplikasi android buatan Anda, kemudian melakukan uji coba di perangkat sebenarnya atau melalui uji coba di emulator.

Eclipse

Ilustrasi Eclipse dari techotopia

IDE bawaan untuk Android dikenal dengan nama Eclipse. IDE bawaan ini member kemampuan Anda untuk mengedit file Java dan XML kemudian mengatur beberapa bagian aplikasi diantara beragam tugas lainnya. Eclipse bisa didapatkan dari Google yang sudah mencakup paket manager yang member Anda keleluasaan untuk memperbarui versi terbaru alat android segera setelah Google melakukan rilisnya. Alternatif selain Eclipse adalah Android Studio yang dibuat langsung oleh Google.

Android Studio

Ilustrasi Android Studio dari infinum.co

Android Studio merupakan bagian dari bentuk beta. Tujuan jangka panjang Android Studio adalah menggantikan Eclipse sebagai IDE utama untuk membuat aplikasi android. Kedua IDE ini bukanlah untuk semua orang. Kebutuhan Anda yang menentukan IDE apa yang Anda butuhkan. Misalkan jika Anda ingin membuat aplikasi game maka Eclipse wajib digunakan. Penggunaan Android Studio untuk membuat aplikasi game mungkin bagus untuk pandangan jangka panjang asalkan Anda siap dengan kemungkinan munculnya bug secara rutin.

ADB atau Android Debug Bridge

Tujuan utama media ini adalah untuk membantu Anda dalam membuat aplikasi android. Anda bisa menggunakannya untuk mengunggah software atau melakukan perubahan pada perangkat Anda saat terhubung dengan komputer Anda.

Android Debug Bridge

Ilustrasi ADB dari dkszone.net

Pada prinsipnya ADB ini sudah termasuk dalam Android SDK. Jika Anda ingin belajar lebih lanjut membuat aplikasi android sendiri sebagai seorang developer, coba lihat lebih lanjut informasi Dokumentasi ADB. Ini merupakan sumber utama yang disediakan Google terkait penjelasan apa itu ADB dan bagaimana cara kerjanya.

Panduan Android Developer

Google menjaga ketersediaan sumber untuk menjelaskan bagaimana cara memprogram aplikasi Anda dengan mudah.

Jika Anda masih pemula dalam pembuatan aplikasi android, bisa jadi Anda merasa cukup pusing membaca tutorial yang disediakan dalam Panduan Android Developer. Setiap bagian tutorial sangat terkait satu sama lain sehingga tidak mungkin Anda melewati satu bagian pun. Inilah beberapa bagian tutorial yang wajib untuk dipahami jika Anda pemula:

  • Layanan Google .Google menawarkan beragam fitur yang mungkin diperlukan untuk membuat aplikasi keinginan Anda seperti peta dan lokasi, backup clouds, layanan sign in dan banyak lagi. Semua tersedia di Google Services.
  • Panduan API .Google Services terpisah dari API pada umumnya sehingga Anda mungkin juga akan sangat memerlukannya. Ini mencakup kode untuk menciptakan animasi dasar, membaca sensor dan terkoneksi dengan internet. Ada banyak panduan disini untuk menambahkan fungsi pada fitur aplikasi buatan Anda.
  • Contoh Kode .Terkadang sangat membantu untuk melihat bagaimana orang lain telah melakukannya sebelum Anda. Informasi ini akan menunjukkan beberapa contoh kode dari beragam fungsi. Ini akan sangat membantu Anda melihat bagaimana suatu kode bekerja, atau langsung coba dalam aplikasi Anda agar Anda langsung tahu.

Panduan Desain Android

Mitra dari Panduan Android Developer adalah Panduan Desain Android. Google memfokuskan diri untuk meningkatkan pembelajaran cara membuat aplikasi android sendiri yang tidak hanya bekerja dengan baik tapi juga tampil menawan. Oleh karenanya banyak kerjaan mendasar telah diselesaikan untuk Anda seperti tombol like, whatnot dan animasi sederhana.

Untuk mendapatkan informasi ini adalah Panduan Desain Android  yang merupakan sub bagian penting kedua dari dokumen resmi Google terkait android. Ingatlah bahwa panduan ini diciptakan dalam bentuk narasi (minim gambar). Dengan kata lain, jika Anda sudah tahu seperti apa tampilan aplikasi nantinya, mungkin Anda tidak memerlukan panduan ini. Jika Anda sudah tahu seperti apa tampilan aplikasi nantinya namun Anda tidak mahir membuat tampilan aplikasi tampak menawan cobalah lihat beberapa sumber ini:

  • Devices .Android akan mentarget lebih dari sekedar telpon seluler. Bagian ini akan membantu Anda mempelajari bagaimana telepon seluler, TV, tablet sampai jam tangan saling terhubung dan bagaimana Anda bisa mendesain tampilan yang menyesuaikan semua media tadi.
  • Patterns. Android dibuat di dalam sebuah tampilan terstruktur. Bagian ini akan mengajari Anda bagaimana aplikasi bekerja sehingga Anda bisa mendesain kerangkanya.
  • Material Design Documentation. Ini merupakan sebuah bagian terpisah, namun versi terbaru Google untuk Android akan mengenalkan tipe baru bahasa desain yang dinamakan Material Design. Di bagian ini Anda dapat memahami apa maksudnya bahasa desain baru itu dan bagaimana membuat desain aplikasi yang memenuhi syarat dalam panduan ini.

GitHub & BitBucket

Saat Anda membuat sebuah aplikasi, akan banyak sekali file yang harus diatur dan Anda perlu suatu cara untuk melacak perubahan yang sudah dilakukan. Git merupakan sebuah protocol umum untuk mengatur versi baru atau perubahan atas suatu software. Ini lebih rumit ketimbang sebuah alat backup. Git cukup fleksibel sehingga Anda mampu mengatur beragam cabang dari aplikasi Anda sekaligus menarik versi lama jika proses pengeditan berakhir eror.

Dua layanan paling banyak digunakan untuk mengatur sebuah proyek aplikasi dengan Git adalah Github dan Bitbucket. Kedua layanan tersebut menggunakan protocol yang sama dan dapat disatukan langsung kedalam Eclipse atau Android Studio. Bitbucket memberi Anda ruang untuk memiliki tempat menyimpan pribadi tanpa harus membayar biaya, sementara Github mewajibkan ruang penyimpanan Anda terbuka untuk publik kecuali Anda bersedia membayar murah untuk privasi. Inilah beberapa panduan untuk memahami Git lebih lanjut:

  • Panduan Bitbucket. Sang pembuat Bitbucket yaitu Atlassian memiliki rangkaian panduan untuk memulai dengan bitbucket dan memasukan proyek Anda ke program itu.
  • Panduan GitHub. GitHub juga memiliki panduan untuk memulai layanan ini. Anda hanya perlu mengikuti informasi yang disediakan dalam sumber itu.

Membuat aplikasi android sendiri tanpa bantuan lebih dari sekedar meletakan Java kedalam editor. Jika Anda memiliki pengalaman lebih dengan menulis kode namun belum pernah mencoba sendiri membuat aplikasi android pertama Anda, mungkin banyak hal yang belum Anda ketahui.

Wuuiiihhh … kok sepertinya rumit banget ya memahami cara membuat aplikasi android itu ….

Apakah Membuat Aplikasi Android Sendiri Serumit Itu?

Nah ditahap inilah saatnya Anda memahami cara membuat aplikasi android yang kedua,

Membuat Aplikasi Android Sendiri Dengan Bantuan Software Khusus

Kemajuan teknologi membuat segala sesuatu yang berkaitan dengan teknologi semakin mudah. Salah satunya ya dalam hal membuat aplikasi android ini. Dengan bantuan perangkat lunak atau software khusus ini Anda bisa dengan mudah membuat aplikasi android pertama Anda.

Seperti dijelaskan sebelumnya di atas, dengan bantuan software ini Anda tidak perlu pusing memahami bahasa coding dan sebagainya yang merupakan syarat wajib untuk mulai mengembangkan aplikasi android sendiri.

Software khusus ini mempermudah usaha Anda. Berikut ini contoh penggunaan software ini untuk membuat beberapa aplikasi mulai dari aplikasi komunitas, aplikasi jadwal shalat, sampai aplikasi game puzzle.

Contoh membuat aplikasi komunitas milik Anda sendiri dapat dilihat di ilustrasi video berikut ini:

Selain membuat aplikasi komunitas sendiri, aplikasi jadwal solat juga bisa. Berikut ini contohnya:

Tidak hanya itu, Anda juga bisa membuat aplikasi game sendiri. Berikut ini contoh bagaimana membuat aplikasi game puzzle sendiri :

Nah ketiga ilustrasi di atas merupakan bukti betapa mudahnya sekarang ini untuk membuat aplikasi android sendiri. Aplikasi hasil buatan Anda itu nantinya bisa dimanfaatkan untuk apa saja sesuai kebutuhan mulai dari promosi bisnis sampai jualan apps untuk klien bisnis Anda.

Jika sudah berhasil membuat apps sendiri selanjutnya apa? Tentu saatnya memasarkan aplikasi Anda ke pasar aplikasi terkemuka, misalnya Google Playstore. Bisa dibayangkan bukan berapa potensi keuntungan yang akan Anda dapatkan jika Anda memiliki akses kepada software membuat apps sendiri ini? Ingin tahu cara publish aplikasi buatan Anda ke Google Playstore? Ini panduanya:


Jika Anda memang tertarik untuk bisa menguasai cara membuat aplikasi android sendiri, segera terapkan panduan postingan ini. Untuk mempermudah jalan Anda segera dapatkan software khusus membuat aplikasi berikut ini:

Software Pembuat Aplikasi Android

Siap Membuat Aplikasi Android Sendiri Tanpa Keahlian?

Postingan ini membuktikan bahwa ada jalan untuk membuat aplikasi android sekalipun Anda tidak punya keahlian IT. Apa pendapat Anda? Silahkan berbagi


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+