Categories: Kesehatan

Cara Berhenti Merokok Yang Efektif

Share

Jika Anda pada akhirnya telah mencapai titik dalam hidup dimana Anda siap berhenti merokok, maka Anda layak mendapat kata SELAMAT. Namun demikian tidaklah mudah dan Anda harus menjamin selalu dalam keadaan siap. Anda harus melawan kecanduan nikotin, yang sudah terbukti menjadi hal yang sulit.

Sebelum Anda memutuskan kapan waktunya berhenti merokok, tulislah sejumlah alasan kenapa Anda ingin berhenti merokok. Jika merasa “ingin” merokok setelah berhenti merokok, keluarkan daftar buatan Anda tadi dan ingatkan diri sendiri kenapa Anda mencoba berhenti.

Beberapa ide alasan Anda untuk menerapkan cara berhenti merokok yang efektif misalkan:

  • Saya ingin memperbaiki kesehatan diri sendiri
  • Saya melakukannya demi keluarga
  • Saya keluar uang terlalu banyak untuk rokok
  • Saya ingin bebas dari kecanduan
  • Saya tidak ingin khawatir mengenai kapan saya dapat merokok
  • Saya tidak ingin berbau seperti asap rokok

Inilah Sembilan Cara Berhenti Merokok Yang Efektif

Pilih Tanggal

Tahap ini sangatlah penting karena akan memastikan Anda memiliki tujuan yang jelas dan pasti. Pilihlah tanggal, mungkin hari Senin, atau lebih umum awal bulan. Jika Anda khawatir mengalami “cold turkey”, Anda dapat mengurangi konsumsinya dulu, yang ujungnya berhenti tepat pada tanggal yang dipilih.

*Cold Turkey adalah istilah yang menggambarkan kondisi tidak menyenangkan diakibatkan efek kecanduan zat tertentu.

Menentukan tanggal berhenti merokok juga berarti Anda memiliki waktu untuk membuat rencana dan menemukan orang yang akan mendukung tujuan Anda. Ini akan seperti akan mengikuti ujian, Anda harus belajar dulu.

Ubah Rutinitas dan Hindari Pemicu

Coba perhatikanlah rutinitas Anda dan identifikasi kapan biasanya Anda merokok, dengan secangkir kopi di pagi hari, setelah makan, atau bersama makan siang. Anda perlu membuat perubahan dalam rutinitas dan ganti kebiasaan itu. Jika Anda minum kopi dan merokok di pagi hari, cobalah minum teh. Merokok setelah makan? Cobalah jogging setelah makan.

Selain itu penting untuk menghindari perokok dan semua hal berkaitan dengan rokok atau hal yang membuat Anda ingin merokok, khususnya di waktu awal Anda mencoba cara berhenti merokok.

Keinginan Akan Berlalu

Waktu awal akan muncul keinginan besar untuk merokok, dada akan terasa sesak, gelisah, panik dan otak akan mengatakan bahwa rokok akan membuat Anda merasa lebih baik.

Nikotine merupakan zat yang membuat sulit bagi Anda berhenti merokok dan banyak ahli mengatakan bahwa mantan perokok akan “berharap” merokok lagi satu atau dua jam setelah berhenti. Tubuh akan menginginkan nikotin yang sudah menjadi ketergantungan karena kebiasaan merokok, tekanan darah dan detak jantung akan semakin cepat karena Anda “merasa tersiksa akibat kekurangan zat tertentu”

Berita baiknya adalah bahwa perasaan “keinginan berlebih” akan lewat pada waktunya, umumnya hanya bertahan 3 sampai 5 menit baik Anda merokok atau tidak. Temukanlah sesuatu yang akan mengalihkan perhatian Anda, telepon teman, minum segelas air, jalan-jalan, tarik nafas dalam-dalam atau memainkan game PS4 atau game di smartphone.

Perasaan “ingin” ini akan sangat kuat ketika minggu pertama Anda berhenti dari “cold turkey”. Dan untungnya perasaan itu akan semakin jarang muncul seiring lewatnya hari, minggu dan bulan. Namun demikian, jangan kaget jika Anda memiliki perasaan tiba-tiba “ingin sekali merokok” dalam waktu 6 bulan setelah terakhir Anda merokok, lakukanlah sekali lagi untuk melewati masa kritis itu.

Tetaplah Sibuk

Apakah Anda merokok ketika bosan? Sekali Anda menyerah, momen kebosanan akan semakin lama dan semakin sulit dikelola. Temukan cara untuk membuat diri Anda tetap sibuk. Menjadi tetap sibuk merupakan cara untuk menjaga pikiran jauh dari rokok. Aktivitas seperti mengunyah permen karet, meditasi, membuat tangan tetap sibuk, pergi ke bioskop, menghabiskan waktu bersama teman/keluarga non-perokok

Tetap Cukup Cairan

Meminum air dalam jumlah cukup akan menghanyutkan nikotin dalam tubuh. Ketika rasa “ingin merokok” datang dan Anda merasa seperti “harus” merokok, cobalah untuk minum air dingin. Ini akan membantu Anda menghindari konsumsi makanan tidak sehat yang menyebabkan kegemukan.

Jadilah Aktif

Merokok akan menyebabkan kerusakan pada paru-paru. Itu sebabnya Anda akan merasa pusing ketika terbangun dalam sebuah penerbangan, atau menarik nafas setelah berlari mengejar bus. Sekarang Anda sadar untuk berhenti merokok, jadilah aktif. Mulai berjalan lebih sering dan latih paru-paru. Selain Anda dapat menggantikan kebiasaan buruk dengan kebiasaan baru yang lebih baik. Misalkan Anda mengganti kebiasaan merokok dengan rutin berlari. Semakin sehat tubuh Anda semakin kurang keinginan merokok karena akan merusak kesehatan tubuh yang didapatkan dengan berlari.

Ingatlah Bahwa Semakin Lama Semakin Mudah

Beberapa hari pertama berhenti merokok merupakan masa paling sulit. Anda akan bertarung melawan perasaan sendiri “ingin merokok”, Anda akan pusing karena penyesuaian kadar nikotin yang sebelumnya bertumpuk, Anda mungkin radang tenggorokan atau mungkin sulit tidur (insomnia). Jika ini terjadi, tetaplah ingat bahwa semuanya akan semakin mudah seiring berjalannya waktu Anda berjuang keras berhenti merokok.

Efek samping berhenti merokok tadi sangatlah normal dan akan membaik dalam beberapa hari, bahkan hilang dalam 14 hari. Dua atau 3 hari pertama menjadi masa paling sulit ketika Anda mencoba cara berhenti merokok.

Tidak Ada Yang Namanya Waktu Spesial Merokok

Anda mungkin merasa jika Anda dapat menangani satu batang rokok selama kondisi stress berat atau pada waktu khusus. Namun pada saat ini Anda bukan lagi perokok, Anda bahkan tidak dapat merokok lagi. Satu batang rokok akan membawa pada batang rokok lainnya dan sebelum Anda sadar kembali kepada kebiasaan lama merokok.

Hindari Penambahan Berat Badan

Banyak orang yang sudah berhasil menerapkan cara berhenti merokok khawatir akan bertambah berat badan yang sering dihubungkan sebagai efek samping. Tidak semua yang berhenti merokok mengalami penambahan berat badan. Disarankan untuk makan di waktu yang regular dan menyemil buah antara waktu makan. Tambah jumlah asupan cairan dan luangkan waktu untuk berolahraga. Bertambah berat badan beberapa kilogram lebih baik ketimbang membiarkan tubuh berisiko jantung, stroke atau kanker.

Kenapa Sulit Berhenti Merokok?

Selain risiko kesehatan itu sendiri, Anda tahu bahwa merokok buruk untuk diri sendiri dan menawarkan nol keuntungan. Meskipun begitu kenapa sulit untuk berhenti?

Pikirkanlah psikologi dibelakangnya, ketika Anda berhenti merokok, Anda berhenti dari hidup. Anda tidak dapat merokok lagi. Ini yang membuat sulit untuk berhasil berhenti merokok. Ketika Anda melaksanakan diet, untuk contoh saja, Anda tahu bahwa Anda mengurangi gula atau alcohol untuk batas waktu tertentu, dan sekali Anda mencapai target Anda dapat memakan gula sesekali atau secangkir alcohol.

Dengan rokok, Anda tidak akan pernah menyentuhnya lagi sejak berhenti.

Diclaimer: tidak ada jaminan untuk cara berhenti merokok yang sukses namun panduan ini jelas akan membantu Anda.