Belajar SEO Terbaru untuk Blogger Cerdas

Share

Konten Kualitas Bukan Berarti Konten Panjang

Tergantung dari pemahaman Anda akan tingkat kesulitan persaingan kata kunci, namun konten berkualitas bukan berarti konten panjang.

Konten berkualitas merupakan konten yang memberikan penjelasan cukup dalam menyajikan informasi. Jika memang sebuah informasi cukup disajikan dalam 300 kata ya itu saja tidak perlu dilebih lebihkan.

Uji Coba Belajar SEO 1

Dalam konteks ini notordinaryblogger mencoba uji coba pertama yang cukup riskan yaitu membuat konten bahasan smartphone. Secara tema, notordinaryblogger bukanlah blog gadget. Secara keahlian, penulis bukanlah pengamat smartphone. Lantas bagaimana membuat konten berkualitas bertema smartphone?

Setelah ngetes halaman pertama google menggunakan kata kunci smartphone berkualitas isinya adalah blog-blog khusus gadget. Meihat kondisi itu tentu membuktikan betapa beratnya persaingan yang ada. Bertanya persaingan bukanlah “high” atau “low” sebagaimana “competitiondisampaikan keyword planner, melainkan secara kualitas notordinaryblogger akan terdepak dengan mudah dari setidaknya 10 halaman pertama google search result.

Apa yang dilakukan?

Related Post

Dengan semua kelemahan itu dan rasa penasaran tinggi akhirnya sebuah konten “remake” dibuat. Tujuannya adalah memberikan informasi lengkap dan menarik untuk konsumen yang cari referensi smartphone murah. Jadi tujuannya murni trafik.

Kombinasi yang dilakukan adalah dengan menambah konten “video” yang diambil dari youtube. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan avg. time visitor yang diyakini akan mendongkrak SERPs postingan blog. Fokus utamanya adalah membuat konten bermanfaat yang orisinil (bukan copy paste) dan atraktif.

Bagaimana hasilnya?

Postingan ini terbit belum ada 30 hari lamanya. Dalam kurun waktu itu baru dua trafik organic datang dengan dua keyword yaitu smartphone murah berkualitas dan smartphone murah berkualitas 2016. Jumlah pageviews adalah 21.

Setelah diperiksa ternyata postingannya ada di halaman 7 google (.co.id) untuk kata kunci smartphone murah berkualitas. Dengan begitu analisanya jumlah pageviews terjadi karena postingan itu masih ada di halaman depan (homepage) karena masih termasuk postingan baru. Pembaca yang datang mungkin penasaran untuk mencari tahu smartphone apa saja yang masuk kategori itu. Nilai finansial postingan ini? Uang yang dihasilkan dari setiap 1 pengunjung didasarkan pada iklan CPM yang ada. Besarnya tentu masih minim.

Uji Coba Belajar SEO 2

Page: 1 2 3 4 5 6