4 Cara Mudah Membeli Saham Online Di Bursa Untuk Pemula

  • 3
    Shares

Membeli saham online sekarang ini makin mudah berkat perkembangan teknologi.

Saham merupakan surat berharga yang menunjukkan kepemilikan suatu perusahaan. Jika kalian sudah membeli saham dengan kata lain kalian juga membeli sebagian kepemilikan atas perusahaan tersebut. Jika perusahaan membukukan keuntungan, kalian akan mendapat keuntungan perusahaan dalam bentuk deviden dan keuntungan lainnya dari naiknya harga sama dari waktu ke waktu

Saham dibagi menjadi 2 yaitu saham biasa dan preferen. Saham biasa merupakan sertifikat atau piagam yang berfungsi untuk bukti kepemilikan suatu perusahaan dengan berbagai aspek-aspek penting bagi perusahaan. Sedangkan, saham preferen merupakan saham yang memberikan hak lebih ke pemilik saham dibanding hak pemilik saham biasa.

Untuk membeli saham khususnya di Indonesia saat ini terbilang cukup mudah. Pembelian saham sudah bisa dilakukan secara online. Berikut langkah-langkah cara mudah membeli sahamonline di bursa untuk pemula akan dijelaskan sebagai berikut.

  1. Buat Rekening Saham

Untuk membeli saham harus diawali dengan membuat rekening saham di salah satu perusahaan sekuritas ( perusahaan pialang atau perusahaan brokersaham ). Perusahaan Sekuritas milik BUMN meliputi BNI Sekuritas ( NI ), Mandiri Sekuritas ( CC )Danareksa Sekuritas (OD), Dan Bahana Sekuritas (DX), Untuk sekuritas swasta dan luar negeri bisa kalian search sendiri di google.

Pembukaan rekening awal untuk saham online yaitu minimal 5 juta di berbagai perusahaan sekuritas. Untuk lebih mengetahui detail saldo awal dan minimal bisa langsung menghubungi salah satu perusahaan sekuritas.

  1. Pilih Saham

Setelah sudah membuat rekening saham dan menyetor dana awal, langkah selanjutnya yaitu memilih saham yang ingin kita beli. Dalam pemilihan saham harus benar-benar diperhatikan dan diperlukan analisa fundamental dan teknikal. Analisa fundamental merupakan analisa-analisa tentang kondisi perusahaan sedangkan analisa teknikal adalah kemampuan analisa timing saat melihat grafik saham.

Baca: Broker Forex Terpercaya dan Teregulasi

  1. Beli Saham

Sesudah memilih dan melakukan riset saham yang tepat dan akurat, langkah berikutnya adalah membeli. Untuk membeli saham ada 2 cara yaitu melalui broker dan aplikasi jual beli saham. Untuk membeli saham dari broker ( tempat membuat rekening saham ) cukup order via telepon atau secara langsung, sedangkan untuk membeli di aplikasi jual beli saham kalian harus menginstal aplikasi di PC, smartphone baru bisa order.

Baca: Cara Dapat Rp 500 ribu per Minggu Jualan Bitcoin

  1. Jual Saham

Setelah membeli saham, waktunya untuk menjual saham untuk mendapatkan hasil atau keuntunggandari pembelian saham. Sebelum menjual kalian harus memantau pergerakan harga saham dari saham-saham yang sudah kalian beli. Jual saham jika harga saham sudah lebih tinggi dari harga beli ( Take Profit atau Profit Taking ). Hasil keuntungan langsung otomatis masuk ke rekening saham yang kalian buat diatas dan sudah bisa dicairkan.


  • 3
    Shares

Leave a Reply

Close
HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+