Tanaman Pengusir Nyamuk di Rumah


Tanaman pengusir nyamuk di rumah ini bisa jadi solusi untuk kamu yang bingung cara menjauhkan nyamuk dari rumah. Maklum saja, pada saat memasuki musim penghujan lazimnya nyamuk akan berkembang biak dalam jumlah besar. Untuk sebagian besar orang, suara desingan nyamuk dan gigitan yang membuat gatal sangatlah menggangu. Nah untuk mengatasi masalah ini terdapat cara alamiah untuk solusinya.

Tanpa disadari ada cukup banyak tanaman yang tidak disukai nyamuk sehingga hewan ini tidak mau dekat-dekat. Mungkin ada nama tanaman yang sudah kamu kenal. Apa saja tanamannya?

Tanaman Serai Wangi

Tanaman sereh merupakan tanaman perdu yang kerap dipakai oleh banyak ibu rumah tangga sebagai bahan masakan. Tanaman ini merupakan campuran dalam bumbu masak. Ternyata khasiat lain tanaman ini adalah mengusir nyamuk. Hal ini memungkinkan karena tanaman ini mengandung banyak sitronnellol dan geraniol. Kedua zat itu akan menghasilkan bau yang tidak disukai nyamuk. Hebatnya lagi, zat bernama sitronnellol dapat membunuh nyamuk.

Tanaman Lemon Balm

Tanaman obat yang diberi nama lemon balm berasal dari keluarga tanaman mint lamiaceae dan pertama kali di dapatkan di Mediterania, Asia Tengah, Eropa dan Afrika Utara. Di tanah air, tanaman ini lazim digunakan untuk makanan, minuman dan bahan obat. Khasiat lemon balm ini juga mampu mengusir nyamuk.

Tanaman Catnip

Catnip suka disebut sebagai ganja kucing. Maksudnya adalah kucing suka mengunyah tanaman ini dan jika sudah dikunyah, kucing akan bertingkah aneh di dekat tanaman itu. Selain bisa membuat kucing tidak sadar diri, tanaman catnip juga ampuh sebagai tanaman pengusir nyamuk.

Tanaman Marigold

Tanaman pengusir nyamuk di rumah yang satu ini merupakan tanaman hias. Asal tanaman hias ini dari Amerika Tengah dan Meksiko. Di Indonesia tanaman marigold lebih dikenal dengan nama kenikir. Di beberapa wilayah, marigold juga disebut bunga tahi ayam. Julukan tahi ayam disebabkan tanaman ini membuat bau tidak sedap. Ternyata bau itu tidak disukai juga oleh nyamuk.

Tanaman Daun Selasih

Nama selasih tentu lazim kamu dengar bukan? Nama latin selasih adalah Ocimum basillicum (atau daun basil). Tanaman ini merupakan tumbuhan semak musiman yang bisa menjadi hiasan dalam ruangan. Tidak hanya menambah keindahan ruang, tanaman ini akan menjauhkan nyamuk dari rumah. Menariknya lagi, selasih tidak dikhususkan sebagai tanaman indoor. Tanaman ini juga cocok untuk diletakan di luar ruangan.

Tanaman Bunga Lavender

Untuk pecinta tanaman, nama lavender tentu sangat akrab. Tanaman ini tergolong tanaman hias yang bermanfaat untuk mengusir nyamuk dari rumah. Bunga lavender sendiri sudah diakui sebagai bahan baku produk-produk pengusir nyamuk.

Tanaman Bawang Putih

Sebagai bahan masakan yang penting untuk masyarakat Indonesia. Bawang putih ternyata memiliki kekuatan untuk mengusir nyamuk. Di negara India, minyak oles dengan kandungan 1% sari bawang putih digunakan untuk mencegah gigitan nyamuk dengan daya tahan 8 jam. Lebih hebat lagi, kandungan belerang dari bawang putih bisa membunuh larva nyamuk.

Tanaman Pennyroyal

Tanaman ini masuk dalam tanaman paling ditakuti nyamuk. Tanaman ini masuk tumbuhan merambat mungil dengan bunga ungu. Secara tradisional, tumbuhan merambat ini sudah digunakan untuk mengusir kutu, tikus sampai nyamuk. Selain itu juga tanaman ini kerap menjadi bahan baku produk penolak serangga.

Tanaman Bunga Rosemary

Tanaman ini terkenal akan ketahanannya terhadap sinar matahari. Tumbuhan ini juga sanggup tumbuh dari pencangkokan dan tahan serangan hama. Bunganya sangat menawan dengan aroma wangi yang mampu mengacaukan daya penciuman dan penglihatan nyamuk. Itu sebabnya tanaman bunga rosemary sangat ampuh untuk mengusir nyamuk di rumah.

Tanaman Bunga Geranium

Tanaman pengusir nyamuk di rumah bernama geranium ini dikenal dengan sebutan tapak dara. Bunga dan kelopak menawan dipadu warna cantik bisa ditanam di sekitar rumah. Kehadiran geranium ini akan menghalau sekelompok nyamuk yang haus darah ke rumah kamu.

Tanaman Zodia

Tanaman ini merupakan tanaman endemik Indonesia yang dekat dengan masyarakat Papua. Mereka sudah biasa menanam tanaman ini untuk mengusir serangga. Caranya dengan mengusap daun Zodia ke badan. Kamu bisa menanamnya dalam pot dan meletakan dalam ruangan. Cara ini akan mengusir nyamuk karena Zodia akan mengeluarkan aroma khas yang dibenci nyamuk maupun serangga lain.

Tanaman Citrosa Mosquito

Tanaman citrosa mosquito ini bisa ditanam di pojok teras halaman rumah kamu. Tujuannya? Tanaman ini akan mengeluarkan aroma jeruk menyengat yang membuat nyamuk tidak nyaman. Jika kamu ingin memelihara tanaman ini ingatlah jika tumbuhan ini perlu sinar matahari dan air yang cukup.

Tanaman Kecombrang

Kecombrang atau torch ginger sudah dikenal masyarakat Indonesia sebagai bagian dari bumbu masak karena cita rasanya. Umumnya tanaman ini digunakan sebagai campuran bumbu sup atau sayur. Selain bermanfaat untuk makanan, kecombrang juga berkhasiat mengusir nyamuk di rumah. Aroma asam dari kecombrang akan membuat nyamuk menjauh dari rumah.

Tanaman Akar Wangi

Tanaman rumput akar wangi ini berasal dari negara India. Kehadirannya di Indonesia belum diketahui sejak kapan. Yang sudah pasti adalah tanaman ini masuk dalam tanaman pengusir nyamuk demam berdarah yang alami. Karena khasiatnya, tanaman ini juga masuk sebagai bahan produk modern untuk mengusir nyamuk.

Tanaman Mintrosa of Lady Diana

Tumbuhan yang satu ini berasal dari Belanda. Namanya memang lekat dengan tokoh terkenal dari Inggris. Tanaman ini akan mengeluarkan aroma tajam yang sangat dibenci nyamuk. Kamu bisa membeli di penjual tanaman dan menanamnya dalam pot untuk diletakan di halaman rumah.

Tanaman Suren

Tanaman suren ini berasal dari keluarga Meliaceae yang merupakan tanaman tahunan. Tumbuhan ini berbentuk pohon dengan pertumbuhan yang bisa dibilang cepat. Daun kulit dari kayu pohon suren ini punya aroma menyengat yang juga dibenci nyamuk dan lalat. Kulit batang suren juga kerap digunakan untuk bahan baku insektisida nabati yang sudah tidak direkomendasikan. Kenapa? Karena akan menyebabkan gangguan pertumbuhan tanaman.

Tanaman Bunga Krisan

Bunga krisan merupakan tanaman hias yang bisa memperindah ruang rumah. Bunga menawan ini ternyata adalah musuh alami nyamuk. Hal ini karena krisan menghasilkan aroma menyengat yang tidak disukai nyamuk. Itu sebabnya memelihara bunga krisan akan menjauhkan rumah dari serangan nyamuk haus darah. Pot ataupun polybag merupakan media tanam yang baik untuk krisan di rumah.

Tanaman Bunga Kamboja

Bunga ini identik dengan kesan keramat karena lazimnya bunga ini tumbuh di tempat pemakaman. Kamboja masuk dalam tanaman tahan panas dengan bunga cantik dan harum. Keharuman bunga kamboja ini ternyata tidak disukai nyamuk. Itu sebabnya ekstrak bunga kamboja sangat ampuh sebagai bahan pengusir nyamuk.

Tanaman Cengkeh

Sebagai rempah, cengkeh juga bermanfaat untuk obat. Aroma harum cengkeh ini ternyata tidak disukai nyamuk. Lain halnya dengan perokok ya? Aroma khas cengkeh sudah akrab di hidung para perokok.

Tanaman Kayu Putih

Jika kamu memiliki halaman cukup di rumah, menanam kayu putih sangatlah baik untuk tujuan mengusir nyamuk. Tanaman pengusir nyamuk di rumah ini akan menambah kenyamanan dalam tidur. Tidak sulit menanam kayu putih. Pot bisa dimanfaatkan untuk media tanam dan meletakannya dalam rumah. Tanaman kayu putih akan beraksi 24 jam menghalau nyamuk yang datang dengan aroma khas kayu putih.

Baca juga: Cara Menurunkan Kolesterol

Pilih Tanaman Pengusir Nyamuk Kesukaan Kamu

Itulah kesemua jenis tanaman pengusir nyamuk di rumahnya. Kamu bisa memilih satu atau beberapa untuk memperindah tampilan indoor ataupun outdoor rumah. Tidak hanya rumah menjadi cantik, tidur kamu di malam hari juga akan semakin pulas karena gangguan nyamuk akan hilang.

Baca juga: Cara Merubah Pola Pikir Menjadi Positif dan Merubah Hidup Lebih Baik

Tanaman pengusir nyamuk lain yang sudah terbukti keampuhannya seperti Cadaga Tree (Eucalyptus torelliana),Bee Balm, Cedars, Ageratum, Catmint, Cymbopogon citrates, Pelargonium crispum, Lemon Verbena, Lemon Thyme, , Artemisia, Nodding Onion, Pitcher Plant, ,Tea Tree dan Snowbrush.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+