Strategi Penjualan Smart Selling ala Angry Birds

Anda mungkin tidak termasuk dalam daftar pengusaha sukses papan atas Indonesia, memiliki berbagai barang ekslusif sampai memiliki pulau sendiri, namun itu bukan berarti Anda tidak bisa berkembang. Prinsip utama dibalik sebuah pertumbuhan bisnis berlaku secara universal tanpa terikat ruang dan waktu. Ia tidak membedakan ukuran sebuah entitas usaha. Inilah yang dilihat produsen game fenomenal Angry Birds dengan strategi penjualan smart selling.

Faktanya, Anda bisa berkembang seperti perusahaan besar. Tidak ada hal pembeda dalam berbisnis. Kebanyakan entitas bisnis sulit tumbuh besar karena dua hal utama pertama yaitu takut akan kegagalan yang membuat banyak peluang lewat begitu saja karena kita takut akan kegagalan.

Kedua kurang paham akan pertumbuhan. Banyak menyalahkan kekurangan infrastruktur yang menjadi penyebab namun alasan itu terlalu umum. Pimpinan Starbucks, Howard Schultz memahami masalah ini. Meskipun visinya menjadi industri milyaran dolar skala global, mereka memulai dengan menjual beragam jenis campuran kopi sederhana yang fokus pada layanan konsumen.

Memberi perhatian lebih kepada dua aspek ini saja, kita bisa membuka beberapa strategi smart selling perusahaan besar yang menjadi penyebab utama pertumbuhan pesat mereka. Sekalipun mereka skala besar dan Anda skala kecil, sangat memungkinkan untuk meniru model bisnis dan meraih hasil yang mirip. Prinsip pertumbuhan bisnis ini dapat diterapkan untuk semua jenis usaha mulai dari kedai kopi sampai bisnis medis. Inilah strategi penjualan smart selling ala angry Birds.

Meningkatkan Kualitas Kerjasama

Sebelum Anda berusaha, pikirkanlah akan pentingnya sebuah kerjasama. Pikirkanlah sebuah kerjasama strategis.

Misalkan Anda memiliki produk yang berkualitas, namun Anda memiliki masalah pasokan dan distribusi. Kenapa tidak bekerjasama dengan produsen dan menawarkan komisi atas setiap penjualannya? Cara seperti ini sangatlah ampuh untuk meningkatkan kualitas kerjasama khususnya untuk usaha kecil. Ini akan memudahkan Anda untuk melakukan penjualan untuk pertumbuhan bisnis di masa mendatang.

Pelihara Fokus Konsumen

Inilah bagaimana perusahaan raksasa seperti Apple dan Starbucks tumbuh menjadi perusahaan kelas kakap sekarang ini. Fokus kepada konsumen harus menjadi terdepan dan pusat bisnis Anda karena tanpa mereka tidak akan ada bisnis Anda. Konsumen adalah manusia dan untuk menumbuhkan sebuah bisnis Anda perlu sejumlah tertentu konsumen setia.

Beberapa produk atau jasa akan memerlukan waktu untuk tumbuh berkembang, namun perasaan diperhatikan yang dimiliki konsumen nilainya tidak terhingga. Inilah sebabnya dokter yang terkenal biasanya sangat perhatian pada pasiennya. Fokus konsumen melalui layanan konsumen.

Sangatlah luar biasa untuk melihat dampak dari fokus konsumen ini. Dalam contoh dokter tadi, pasien tidak akan pergi ke dokter untuk diberi tahu pasien itu sakit. Pasien pergi ke dokter karena ingin diperhatikan. Kebutuhan berubah dan pasar akan menyesuaikan. Tips strategi penjualan smart selling ini adalah Anda harus terus fokus pada konsumen sehingga Anda menjaga fokus saat perubahan terjadi. Kondisi ini akan menghasilkan pertumbuhan yang stabil dan konsisten.

Lakukan Penetrasi Lebih Giat

Perhatikan apa yang dilakukan perusahaan besar. Mereka tidak pernah mau untuk terus dalam kondisi yang sama. Misalkan developer aplikasi game dari Finland, Rovio. Mungkin Anda mengenal mereka dengan nama lain, Angry Birds. Banyak hal bisa dipelajari dari mereka terkait strategi penjualan smart selling.

Tahun 2009, mereka mencuri pasar aplikasi game dengan Angry Birds. Anda bisa mendapatkannya dengan harga $0.99. Pada tahun 2010, mereka menjadi game paling banyak di download di dunia. Pada tahun 2011, beberapa perusahaan investasi menggelontorkan dana sampai 42 juta dolar untuk Rovio. Mereka akhirnya membuat toko produk di Helsinki dan terus melebarkan lini bisnis ke seluruh dunia. Lebih dari setengah pendapatan usaha Rovio berasal dari penjualan produk.

Inilah fakta menarik akan Rovio: di tahun 2011, mereka juga memiliki sekitar 200juta pengguna bulanan. Sekarang aplikasi mereka sudah di download sebanyak 1,7 milyar kali. Itu hampir mendekati 1/3 populasi bumi.

Menerapkan Semua Tips Strategi Penjualan Smart Selling

Perhatikanlah kisah singkat Angry Birds di atas dan Anda akan melihat satu hal unik. Pertama-tama mereka memulai bisnis dengan game, kemudian mulai beragam. Proses diversifikasi itu membawa kehadiran produk dan brand awareness, yang pada akhirnya membuat mereka semakin tumbuh besar. Penetrasi produk Angry Birds mencapai puncaknya ketika mereka mulai menjual produk nyata. Hal ini masih berlangsung karena mereka memberi “nilai lebih” pada produk nyata mereka.

Kisah ini sangatlah kuat dan menginspirasi. Tahukah Anda bahwa Angry Birds sebenarnya menerapkan semua strategi penjualan smart selling yang sudah diungkap dalam postingan ini. Mereka mengembangkan kerjasama yang berkualitas, menjaga fokus konsumen dan sangat giat dalam melakukan penetrasi pasar. Bisakah bisnis Anda tumbuh seperti perusahaan raksasa dunia? Tentu saja bisa. Angry Birds memulai pertumbuhan bisnisnya dengan aplikasi game seharga $0.99 sampai akhirnya mereka mendulang tambang emas.

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+