Seberapa Efektifkah Pemasaran Bisnis Via Dunia Mobile Tahun 2014?


Pemasaran Bisnis Via Dunia Mobile? Gimana Caranya?

Dilaporkan bahwa pada permulaan tahun 2014 aktivitas SMS menurun drastis akibat munculnya aplikasi pesan singkat seperti WhatsApp dan sejenisnya. Setidaknya sekitar 7 milliar orang meninggalkan aktivitas SMS dan beralih ke aplikasi pesan singkat tersebut. Kisah ini telah dimuat di berbagai media dan membuat kepanikan bagi kalangan tertentu.

Fakta tersebut memberikan sebuah bahan menarik untuk dicari lebih jauh, apakah data tersebut benar-benar menggambarkan kondisi pengguna gadget mobile dan efektivitas pemasaran via dunia mobile? Jawaban singkatnya TIDAK. Masih banyak fakta yang belum terkuak. Saat kita membahas pemasaran bisnis, pasar mobile tetap menjadi pemain penting dan kehilangan 7 miliar pengguna SMS akan tampak kecil jika kita tahu jumlah orang yang masih menggunakan SMS dalam aktivitas mereka.

Penggunaan smartphone dan gadget mobile terus meningkat dan diperkirakan 5 miliar orang akan memiliki akses ke telepon di tahun 2017. Dengan demikian, apakah itu akan membawa banyak perbedaan terkait aplikasi apa yang digunakan masyarakat selama mereka menggunakan telepon? Tentu saja, masyarakat akan menggunakan aplikasi seperti WhatsApp atau Snapchat namun aplikasi itu hanya terbatas pada gadget tersebut. Mereka memiliki akses pada telepon seharian penuh, seminggu, dan masih menerima notifikasi saat menerima SMS.

Jadi memang mereka masih menerima SMS, tapi apakah SMS itu dibaca?

Data dari berbagai sumber menyatakan bahwa 98 % orang masih membuka SMS meskipun jumlah pengguna SMS menurun. Setidaknya 145 miliar orang masih menggunakan SMS. Gadget mobile sepertinya tidak hanya efektif, namun lebih seperti gaya hidup yang mempengaruhi masyarakat. Makin banyak orang menggunakan smartphone dan makin banyak lagi yang membaca SMS di gadget mereka.

Apa hasil pemasaran di dunia mobile?

Google menyarankan untuk mengoptimalkan layanan melalui perangkat mobile di tahun 2013 dan diprediksi pasar mobile akan mendominasi tahun 2014. Pengguna gadget mobile sepertinya mulai melakukan aktivitas belanja online melalui gadget mereka sehingga pemasaran SMS merupakan cara yang sempurna untuk menyediakan informasi seperti tawaran khusus, dan lebih lanjut respon cepat pengguna gadget mobile akan meningkatkan penjualan secara signifikan. Sebuah riset lain juga menunjukkan bahwa 70% konsumen tidak mempermasalahkan iklan SMS. Dengan kenyamanan menerima tawaran penjualan ini, sepertinya pemasaran dunia mobile akan menjadi arus utama yang membawa hasil bisnis.

Esendex melakukan studi terhadap layanan SMS yang bisa digunakan untuk pengingat para pengusaha. Mereka mecatat bahwa janji-janji bisnis yang tidak terlaksana telah membawa kerugian £53 miliar setiap tahun di Inggris. Dengan tingkat penerimaan SMS yang cukup baik, layanan SMS dapat mengurangi kerugian tersebut.

Lantas, bagaimana nasib email?

Email juga merupakan layanan marketing yang popular namun dibandingkan dengan SMS, hanya 22% pemilik email yang benar-benar membuka email mereka. Meskipun pengguna bisa mengakses email melalui gadget smartphone, hanya sekitar 34% yang menggunakan layanan email melalui gadget mobile mereka. Waktu respon rata-rata atas pesan teks adalah 90 detik sedangkan email bisa mencapai 90 menit. Terdapat perbedaan besar dimana dunia mobile menjadi primadona untuk menjangkau calon konsumen.

Ingin Coba Pemasaran Bisnis Via Dunia Mobile?

Image courtesy of freedigitalphotos

Bagaimana dengan bisnis Anda? Sudah mempertimbangkan pemasaran bisnis via dunia mobile tahun 2014?


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+