Pilih Cicil Mobil atau Taksi Online?

  • 3
    Shares

Saat harus pilih cicil mobil atau taksi online sekarang ini tidak heran akan membuat seseorang bimbang. Untuk mereka yang baru lulus atau dikenal dengan sebutan fresh graduate misalnya akan wajar jika memikirkan investasi. Anda mungkin saja dalam posisi ini memikirkan untuk membeli aset baik berupa cicilan mobil pribadi atau berang lainnya yang senilai. Dalam hal transportasi, memilih cicilan mobil atau cukup andalkan taksi online saja?

Aset yang kerap dilirik untuk investasi adalah properti. Namun dalam perkembangannya mobil pribadi mulai juga dilirik sebagai aset khususnya bagi para fresh graduate. Hal ini wajar karena sekarang ini tawaran uang muka untuk memiliki mobil cukup murah. Dengan menyiapkan uang muka antara Rp 10 juta sampai Rp 20 juta saja konsumen sudah diperbolehkan membawa pulang mobil yang diidamkan.

Pembelian mobil ini sejalan dengan peluang bisnis yang tersedia dari mekanisme transportasi online berbentuk taksi. Pada kondisi menjamurnya penyedia taksi online ini, posisi dilematis menentukan pilih cicil mobil atau taksi online tentu akan dihadapi.

Sebagai konsumen mana yang lebih praktis? Lebih baik menjalani cicilan kredit mobil atau gunakan saja taksi online untuk mendukung aktivitas? Jika Anda bingung, pakailah pertimbangan ini sebagai penasehat:

Fleksibilitas

Memiliki kendaraan sendiri jelas memberikan fleksibilitas lebih pada Anda untuk beraktivitas. Anda juga tidak harus memakai aplikasi transportasi online saat berkeinginan untuk bepergian kemanapun. Berlawanan dari kondisi itu, jika tidak memiliki mobil sendiri Anda mau tidak mau akan sedikit kerepotan mencari mobil untuk disewa saat ingin menuju ke suatu tempat tertentu. Jika kebutuhan kendaraan Anda sangat tinggi setiap harinya, memiliki mobil sendiri akan lebih menguntungkan ketimbang mengandalkan taksi online

Biaya

Saat Anda mmeutuskan untuk mencicil mobil, akan banyak biaya diperlukan. Pertama adalah uang muka kredit, kemudian cicilan setiap bulannya sampai biaya untuk perawatan mobil rutin setiap periode tertentu.

Biaya rutin lain yang masuk dalam perawatan seperti cuci mobil. Kebutuhan garasi dan aksesoris mobil juga terkadang masuk sebagai keperluan wajib saat memiliki kendaraan.

Saat memakai taksi online, Anda hanya perlu membayar jasa transportasinya saja sesuai pemakaian. Memakai taksi online Anda akan terlepas dari kebutuhan biaya cicilan kredit atau perawatan mobil. Dengan demikian, saat bingung pilih cicil mobil atau taksi online sebaiknya Anda melakukan perhitungan keuangan dengan baik.

Baca: Panduan Lengkap Memulai Usaha Kurir Rumahan

Kepemilikan Aset

Saat Anda membeli mobil secara kredit ataupun tunai, memang benar akan banyak bermunculan biaya lanjutannya. Meskipun begitu, mobil itu menjadi aset milik Anda.

Disebut menjadi aset artinya Anda dapat mengubah mobil menjadi uang saat dibutuhkan. Caranya adalah dengan menjualnya ke pembeli yang berminat atau mungkin menyewakan mobil itu. Saat memakai taksi online Anda hanya memiliki hak menyewa mobil. Jadi, aset Anda tetap nihil meskipun Anda dapat bepergian kemanapun.



Baca: Memulai Usaha Taksi Satu Mobil dari Rumah

Yakin Pilih Cicil mobil atau Taksi Online?

Saat ingin membeli mobil sendiri secara kredit atau tunai, kondisi keuangan akan menjadi pertimbangan penting. Saat ingin mencicil pastikan Anda punya kemampuan untuk memilih jangka waktu paling pendek yaitu 3 tahun.

Jika kebutuhan Anda akan kendaraan tidak terlalu tinggi atas kendaraan setiap harinya, pilihan mengandalkan taksi online dapat menjadi pilihan yang lebih ekonomis.


  • 3
    Shares
  • 3
    Shares

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+