Panduan Lengkap Cara Memulai Bisnis Kurir Rumahan

Anda tertarik untuk memulai bisnis kurir rumahan? Jika ya, berikut ini panduan lengkap cara mulai bisnis kurir rumahan tanpa modal dan tanpa pengalaman.

Dalam postingan kali ini akan dipertimbangkan semua kelengkapan mulai untuk memulai bisnis kurir rumahan. Jadi, silahkan siapkan kopi dan snack dan mari lanjutkan ….

Sebelum memulai bisnis kurir rumahan, Anda wajib memiliki kendaraan yang handal untuk mengantar barang. Selain itu juga sebuah telepon selular untuk memudahkan konsumen menghubungi Anda. Bisnis kurir merupakan salah satu yang termudah untuk dirintis dan dijalankan. Lebih lanjut, bisnis kurir tidak membutuhkan modal besar untuk permulaannya.

Apa Bisnis Kurir Itu?

Tugas Anda dalam memulai bisnis kurir rumahan adalah untuk memastikan paket, dokumen, ataupun kiriman lain milik konsumen diantarkan dengan baik. Konsumen bisa berupa individu ataupun badan usaha. Sebenarnya, bisnis kurir merupakan salah satu yang memiliki permintaan tinggi terlepas dari lokasi usahanya. Ini karena semua orang membutuhkan jasa pengiriman untuk mendukung aktivitas hariannya. Maka dari itu, untuk sebuah bisnis rintisan, Anda dapat memberikan layanan yang tidak disediakan oleh bisnis kurir skala besar.

Anda bisa memulai bisnis kurir rumahan dengan modal sangat minim bahkan tanpa pendidikan yang tinggi. Yang terpenting adalah kemampuan berkomunikasi dengan konsumen secara jelas. Anda juga dapat memulai bisnis kurir dari rumah sehingga Anda terhindar dari biaya sewa tempat usaha sebelum memulainya.

Konsumen potensial untuk bisnis kurir Anda sangatlah luas, mulai dari arsitek, insinyur, pedagang, dokter, laboratorium, kontraktor, apoteker, akuntan, toko bunga, jaksa, pengusaha sampai orang perorangan.

Terlepas dari daftar klien potensial yang ada, Anda harus menentukan apakah Anda ingin fokus ke konsumen bisnis atau konsumen perorangan, khususnya jika Anda merintis dari skala kecil. Anda juga bisa memutuskan jenis paket yang akan dilayani, termasuk cek atau dokumen perintah pembayaran, hadiah, barang pecah belah, sampai benda yang tidak terpikirkan lainnya (misal: sampah rumah sakit). Anda juga bisa membatasi berat paket sesuai keinginan dan kemampuan bisnis kurir itu.

Dalam hal menentukan tarif kurir bisnis Anda, periksalah penawaran dari pesaing di wilayah usaha yang sama. Periksa harga mulai dari harga paket berbeda ukuran, jenis konsumen sampai jarak pengiriman. Dengan demikian Anda dapat membandingkan harga bisnis kurir sendiri dengan pesaing. Jangan lupa untuk selalu membuat daftar semua layanan kurir. Seiring dengan perkembangan usaha, Anda bisa menyewa jasa supir dan membentuk pusat pengiriman. Ini berarti sudah saatnya bagi Anda mempekerjakan karyawan untuk menangani komunikasi telpon. Dengan begitu Anda bisa fokus membangun basis konsumen dan mengarahkan mereka kepada kerjasama bisnis jangka panjang.

Panduan Lengkap Memulai Bisnis Kurir Rumahan

Ringkasan Industri Bisnis Kurir Rumahan

Industri ini memiliki keharusan modal dalam jumlah besar. Ini dikarenakan bahwa industri ini masuk padat karya. Ini bermakna, kalangan pengusaha kurir menghabiskan lebih banyak uang untuk gaji karyawan ketimbang investasi modal. Tenaga kerja identik dengan gaji supir, petugas layanan konsumen, petugas lapangan dan lokasi usaha.

Fakta Menarik akan Industri Kurir

Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, intensitas permodalan terus meningkat. Ini karena banyak perusahaan berinvestasi di pasar potensial, penghematan tenaga kerja berkat teknologi dan berkembangnya transportasi hemat bahan bakar.

Hal lain yang mendorong pertumbuhan pendapatan bisnis adalah bertambahnya jumlah individu yang memiliki akses ke internet. Khususnya konsumen yang lebih dekat dengan dunia ecommerce.

Penghasilan industri kurir mencapai Rp 2 triliun, dengan pertumbuhan pertahun diproyeksikan 0.6% antara 2011 dan 2016. Ada ledakan pertumbuhan bisnis kurir dari tahun 2000 dengan lebih dari 500 ribu pengusaha kurir mempekerjakan sekitar 2,5 juta tenaga kerja.

Industri ini terbagi kedalam dua segmen: kurir jaringan besar yang mampu memberikan layanan antar jemput secara nasional maupun internasional. Kemudian kurir layanan lokal yang mengantarkan paket sesuai wilayah geografis.

Beberapa pelaku industri besar mulai merambah ke pasar “home delivery”, sekalipun sektor ini terbukti sangat sulit. Tidak mudah karena kebanyakan konsumen mungkin tidak dirumah saat petugas antar barang menghubungi mereka pertama kalinya. Namun demikian, kini layanan antar barang tepat waktu mulai diperkenalkan untuk menemukan konsumen di rumah masing-masing. Sektor ini mengalami perlambatan pertumbuhan seiring ledakan tren belanja online.

Secara global, industri jasa kurir menghasilkan sekitar Rp 2 triliun dengan Amerika Serikat sebagai pasar terbesa diikuti pasar berkembang seperti China, India, Eropa dan Amerika Latin. Perlambatan ekonomi dunia telah menyebabkan perdagangan global dan konsumsi global menurun pada tahun 2009. Permintaan transportasi barang menurun yang berakibat pada berkurangnya pendapatan industri ini.

Untuk Indonesia sendiri peluang ini terbuka luas seiring pertumbuhan usaha yang memanfaatkan facebook ataupun media online lainnya. Permintaan layanan antar yang terpercaya semakin tinggi seiring bertambahnya aktivitas perdagangan masyarakat Indonesia.

Memulai Bisnis Kurir Rumahan – Riset dan Survey Pasar

Psikografis dan Demografis

Saat berbicara psikografis dan demografis atas komposisi konsumen bisnis kurir, bisa dipastikan semua orang membutuhkannya. Inilah beberapa gambaran konsumen potensial untuk bisnis kurir Anda.

  • Arsitek
  • Insinyur
  • Tukang cerak
  • Pedagang
  • Dokter dan laboratorium kesehatan
  • Kontraktor
  • Catering
  • Apoteker
  • Akuntan
  • Toko bunga
  • Jaksa

Termasuk juga para manula, toko online, sampai rumah tangga yang membutuhkan layanan kurir untuk pengiriman berjarak cukup jauh.

Daftar Niche Bisnis dalam Industri Kurir

Mempertimbangkan niche industri, beberapa aspek yang membedakan satu usaha dari lainnya adalah layanan yang berbeda. Bisa juga sejalan dengan layanan yang diberikan usaha lain dengan tujuan sama yaitu ketepatan waktu antar apapun paket kirimannya.

Beberapa wilayah spesialisasi dari industri kurir antara lain adalah

  • Layanan antar surat atau paket kecil
  • Kargo ukuran besar
  • Alat medis
  • Barang pecah belah
  • Materi edukasi

Sebagai pengusaha skala kecil atau startup, Anda bisa memprioritaskan beberapa layanan dulu sampai Anda stabil untuk memberi ragam layanan lainnya. Usaha kurir ukuran sedang atau besar tidak membatasi layanan tertentu bahkan mungkin lebih dari apa yang sudah dicontohkan di atas.

Tingat Persaingan Bisnis Kurir

Memulai usaha kurir tidak sulit atau mahal. Siapapun dapat memulai usaha kurir karena pada prinsipnya Anda hanya perlu telepon selular dan keleluasaan bergerak (mobil, pickup, motor). Kemudahan ini bukan berarti tidak ada kegagalan dalam usaha ini karena persaingan cukup ketat. Pengusaha kurir yang tidak melakukan riset awal dengan baik akan menghadapi tantangan lebih berat.

Perusahaa kurir skala kecil saling bersaing satu sama lain termasuk dengan brand besar di industri kurir. Bentuk persaingan usaha kurir adalah harga, pengenalan layanan, iklan yang semuanya akan menguntungkan konsumen. Persaingan akan membuat pengusaha terus aktif memberikan layanan terbaik jika ingin bertahan di industri ini.

Daftar Brand Utama dalam Usaha Kurir

Menjadi wajar jika usaha ini sudah didominasi oleh brand besar yang dikenal masyarakat. Alasan kenapa brand tersebut bisa melekat di hati masyarakat adalah karena mereka sudah bertahan sekian lama. Selain itu mereka telah melewati berbagai rintangan usaha. Berikut ini beberapa brand usaha kurir yang sudah ada di Indonesia:

  • Tiki
  • JNE
  • POS

Bahkan perusahaan kurir luar negeri pun mulai masuk ke Indonesia

Analisa Ekonomis

Sebelum memulai usaha, Anda perlu melakukan riset yang baik sehingga yakin dengan beberapa aspek penghambat usaha. Salah satu yang utama adalah keuangan. Bagaimana Anda akan memasok modal ke bidang usaha sehingga bisa bersaing dengan usaha sejenis lainnya.

Selanjutnya layanan. Layanan seperti apa yang Anda tawarkan terpisah dari paket kiriman. Aspek ini bisa membuat konsumen setia pada usaha Anda.

Tren usaha kurir meningkat akibat naiknya tren belanja online sampai kebutuhan masyarakat. Terlepas dari kondisi itu, usaha kurir Anda akan mendapat tempat jika memiliki penawaran yang tepat serta menjaga biaya operasi seminim mungkin. Misalkan Anda bisa menjalankan usaha dari mobil pribadi atau rumah ketimbang harus menyewa tempat usaha. Dengan cara ini Anda menghemat biaya sewa tempat. Layanan yang baik akan membuat konsumen tidak hanya memakai jasa Anda tapi juga merekomendasikan ke orang lain.

Haruskah Memulai Usaha Kurir dari Nol atau Lebih baik Beli Franchise?

Sudah menjadi impian banyak orang untuk merintis bisnis dari nol terlebih jika memiliki modal cukup dan bidang bisnis yang dinilai mudah.

Keuntungan merintis bisnis dari nol adalah mempromosisikan diri Anda sebagai Pemimpin seutuhnya. Kondisi itu memberi Anda kendali total atas berbagai aktivitas bisnis mulai dari strategi pemasaran, visi misi bisnis dan target perusahaan.

Kunci utama untuk memulai bisnis dari nol adalah keterkaitan bisnis dengan lingkungan sekitar. Dengan cara itu, Anda akan terus belajar seiring perkembangan usaha.

Alternatif dari memulai bisnis dari nol adalah membeli waralaba. Dengan cara ini Anda akan mendapat panduan dalam perjanjian waralaba dan tidak perlu khawatir untuk mendatangkan pembeli.

Keputusan paling akhir yang diinginkan seorang pengusaha ada pada visi atas bisnis yang dijalankan. Termasuk kedalamnya adalah membeli bisnis waralaba atau bukan.

Tantangan Memulai Jasa Kurir Bisnis Dari Rumah

Semua bisnis pasti memiliki tantangan masing-masing tidak terkecuali bisnis kurir. Beberapa tantangan bisa berasal dari luar (pesaing) yang menurunkan harga yang sulit Anda saingi. Tantangan luar lainnya bisa datang dari konsumen yang mungkin menyebabkan tingginya biaya operasional.

Masalah Hukum Memulai Jasa Kurir Bisnis dari Rumah

Bentuk Badan Usaha Jasa Kurir yang Sesuai

Memiliki sebuah badan usaha untuk bisnis kurir penting untuk menjamin usaha Anda sah secara aturan.

Sebagai usaha kurir, Anda bisa memastikan apakah pemilik usahanya perorangan atau beberapa orang. Ada beragam bentuk badan usaha mulai perorangan, CV, Firma sampai PT.

Pertimbangkanlah modal minimal yang dibutuhkan untuk membentuk sebuah badan usaha sebelum Anda memutuskan. Untuk permulaan Anda bisa memilih usaha perorangan dan merubah bentuk badan hokum seiring pertumbuhan usaha itu sendiri.

Nama Usaha Yang Cocok Untuk Jasa Kurir Bisnis dari Rumah

Anda perlu juga memikirkan sebuah nama usaha yang cocok untuk usaha jasa kurir. Sebuah nama yang mudah diingat, menggambarkan semangat bisnis usaha dan memberikan janji layanan kepada konsumen.

Tidak perlu tergesa-gesa pikirkanlah baik-baik nama usaha Anda yang paling tepat.

Asuransi Terbaik Untuk Usaha Jasa Kurir

Pada prinsipnya semua bisnis akan membutuhkan asuransi. Sebuah asuransi akan memberi perlindungan untuk pemilik usaha atas kerusakan yang mungkin terjadi. Sebelum memilih cakupan polis asuransi, pastikan Anda memahami dengan baik sebuah polis asuransi dari agen yang bertugas.

Beberapa asuransi mendasar untuk usaha kurir antara lain

  • Asuransi kurir
  • Asuransi Public Liability
  • Asuransi Personal Liability
  • Asuransi kendaraan
  • Konpensasi karyawan

Apakah Bisnis Kurir Rumahan Membutuhkan Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual?

Saat memulai bisnis kurir rumahan mungkin Anda terpikir akan HaKI (Hak Kekayaan Intelektual) saat memulai usaha kurir. Sebenarnya urgensi HaKI dalam bisnis kurir tidak terlalu prioritas kecuali Anda memiliki logo bisnis yang sangat unik dengan pesan bisnis yang sangat menjual. Faktanya adalah banyak pelaku usaha kurir tidak melihat aspek HaKI sebagai hal yang penting.

Apakah Bisnis Kurir Rumahan Perlu Sertifikasi Profesional?

Usaha kurir tidak membutuhkan sertifikasi tertentu karena pada dasarnya Anda menawarkan jasa. Sertifikasi mungkin bermanfaat untuk penanganan paket dan kargo khususnya jika Anda bermain di sektor kurir khusus barang medis.

Untuk memastikan Anda harus memeriksa aturan yang berlaku di wilayah kota masing-masing terkait usaha kurir.

Dokumen Hukum yang Lazim Digunakan dalam Bisnis Kurir Rumahan

Beerikut ini beberapa dokumen hokum yang dibutuhkan untuk memulai bisnis kurir rumahan :

  • Ijin usaha
  • Polis Asuransi
  • Kontrak Kerjasama

Membuat Proposal Usaha Jasa Kurir

Seperti sudah diketahui bahwa memiliki proposal usaha akan melindungi Anda dari menghabiskan uang secara tidak disadari. Di sisi lain, usaha kurir bukan jenis usaha yang membutuhkan sebuah rencana bisnis komprehensif dan teknis. Anda hanya perlu membuat sebuah rencana bisnis pada umumnya, itu sudah cukup.

Rencana bisnis ini merupakan panduan untuk menunjukkan minat pengusaha akan bagaimana cara menjalankan usaha kurir. Rencana bisnis juga yang akan mempengaruhi semua keputusan bisnis yang terjadi di masa depan.

Menulis sebuah rencana bisnis bukan juga perkara mudah karena harus mempertimbangkan pesaing usaha. Strategi dapat mencakup permodalan sampai tambahan layanan kurir. Pada intinya, semua rencana bisnis akan membutuhkan komponen utama.

Beberapa komponen utama dalam proposal usaha kurir antara lain:

Ringkasan eksekutif yang menyampaikan latar belakang jasa kurir, strategi yang akan digunakan untuk mendapatkan konsumen, strategi pemasaran, tujuan bisnis, target pasar yang dituju, dan kekhususan bidang jasa kurir. Bagian ini juga menyampaikan visi dan misi usaha.

Komponen lain adalah strategi promosi, iklan, biaya operasional, proyeksi keuangan, analisa SWOT, proyeksi permodalan. Ini mungkin sedikit berlebihan namun penting jika Anda bermaksud menumbuhkan brand bisnis jasa kurir dalam persaingan papan atas.

Anda mungkin merasa pusing dengan keharusan membuat proposal bisnis kurir ini. Untuk memudahkan Anda bisa meminta bantuan seorang ahli untuk melakukannya.

Analisa Biaya Memulai Usaha Jasa Kurir

Beberapa riset menunjukkan bahwa usaha kurir dapat dimulai dengan modal minim. Pelaku usaha kurir akan memiliki modal awal yang beragam tergantung dari lokasi usaha yang dipilihnya. Pada prinsipnya usaha kurir bukan jenis usaha yang mengharuskan Anda menguras tabungan selama hal esensial, seperti aspek hukumnya, sudah terpenuhi.

Kebanyakan pengusaha baru akan khawatir memasuki industri ini karena fakta akan dominasi brand besar. Nyatanya, untuk memulai usaha kurir Anda bisa mengawali dari lingkungan tempat tinggal.

Berikut ini gambaran analisa biaya memulai usaha jasa kurir:

  • Asuransi dan perijinan sekitar Rp 8.500.000,-
  • Kartu nama, brosur dan kwitansi sekitar Rp 1.500.000,-
  • Kendaraan antar barang sekitar Rp 15.000.000,-
  • Pembuatan website usaha kurir sekitar Rp 1.500.000,-
  • Peralatan kantor (telpon, file, komputer) sekitar Rp 3.600.000,-
  • Biaya operasi lainnya sekitar Rp 1.300.000,-

Analisa biaya sederhana tadi menunjukkan bahwa untuk jasa kurir skala kecil, Anda setidaknya membutuhkan Rp 36.000.000,- untuk bisa memulai usaha kurir.

Membiayai Usaha Kurir

Membiayai usaha kurir dari nol tidaklah mudah untuk seorang pengusaha. Kendala dalam proses ini banyak menyebabkan kegagalan usaha startup terlebih jika Anda tidak melakukan riset memadai.

Saat dihadapkan dengan pembiayaan usaha, Anda akan menghadapi beragam pilihan. Keputusan yang akan diambil akan memiliki pro maupun kontra tersendiri.

Pada umumnya, tabungan pribadi hanya menutup seperempat dari biaya yang dibutuhkan sebuah bisnis startup. Inilah fungsi proposal usaha yang Anda siapkan, untuk mendapatkan investor. Tanpa kehadiran sebuah proposal usaha yang jelas investor tidak akan melihat Anda secara serius.

Beberapa pilihan pembiayaan yang mungkin adalah

  • Tabungan pribadi
  • Menghimpun modal dari keluarga dan teman
  • Mendapatkan rekan bisnis
  • Mendekati investor

Memilih Lokasi Strategis untuk Usaha Kurir

Salah satu kendala utama bisnis startup adalah menentukan lokasi usaha. Dimana Anda berada sangatlah penting karena akan menentukan arah bisnis kearah pertumbuhan positif atau kehancuran.

Anda perlu mempersiapkan berbagai hal sebelum memilih lokasi usaha. Menyewa tempat mungkin bukan masalah terlebih jika Anda tinggal di apartment yang tidak terlalu luas untuk tempat usaha kurir. Keuntungan usaha kurir adalah Anda bisa memulai dari yang kecil dan memikirkan pertumbuhan seiring kemajuan usaha.

Usaha kurir merupakan jenis usaha yang mungkin dilakukan dari rumah. Ada pengusaha yang menjalankan usaha kurir dari kendaraannya. Kendaraan yang cukup ruang bisa dioptimalkan untuk usaha kurir. Kendaraan anda perlu diasuransikan karena resiko terhadap kantor yang mobile lebih besar ketimbang kantor pada umumnya. Ini berarti Anda tidak perlu menguras tabungan untuk biaya sewa tempat usaha kurir.

Untuk usaha kurir skala kecil Anda tidak harus memulai dari satu lokasi yang permanen.

Keahlian Teknis dan Sumber Daya Manusia

Beberapa keahlian teknis mendasar sebuah usaha kurir antara lain mengemudi kendaraan bermotor dan keahlian menggunakan komputer.

Inilah beberapa kebutuhan mendasar sebuah usaha kurir:

  • Kendraan
  • Komputer atau laptop
  • Telepon
  • File
  • Dokumen kontrak

Memperhatikan sifat bisnis ini, usaha kurir dapat dijalankan dari rumah sekalipun. Jika Anda ingin mendapatkan fasilitas seperti kantor, sebaiknya memperhatikan volume pengiriman paket yang dipercayakan konsumen pada Anda..

Tenaga yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha kurir sangat ditentukan pengusaha itu sendiri. Pertimbangan menambah tenaga adalah saat usaha kurir mulai tumbuh. Untuk permulaan 1-3 orang sudah cukup menjalankan usaha kurir.

Strategi Marketing Bisnis Kurir Rumahan

Tujuan memiliki strategi marketing usaha kurir adalah untuk mengarahkan aktivitas pemasaran yang berorientasi konsumen sambil meningkatkan penghasilan.

Sebuah strategi pemasaran akan menciptakan tujuan sambil mendorong usaha untuk berkembang. Untuk pemilik usaha rumahan, khususnya dibidang layanan antar, pemasaran sangatlah penting. Ini karena Anda tidak memiliki keuntungan etalase toko yang mempromosikan usaha kepada siapapun yang lewat didepannya.

Sebelum menjalankan strategi marketing, Anda perlu memutuskan biaya marketing Anda. Saat usaha kurir Anda mulai dikenal, biaya marketing Anda akan turun sekitar 1% sampai 10% dari penghasilan.

Berikut ini beberapa strategi pemasaran yang dapat diadopsi untuk usaha kurir Anda:

  • Membuat blog atau website yang menarik dan mempromosikan usaha dari blog itu. Masukan juga formulir online untuk konsumen yang ingin menggunakan jasa Anda.
  • Pastikan Anda memiliki brosur yang bermanfaat untuk menjawab pertanyaan konsumen potensial.
  • Menyebarkan kartu nama kepada banyak orang
  • Memberikan informasi promo kepada konsumen potensial
  • Maksimalkan layanan per wilayah untuk penggemar belanja online.
  • Ciptakan kalender promosi untuk tujuan penjualan
  • Daftarkan bisnis kurir ke daftar usaha setempat

Beberapa Faktor yang Membantu Anda Tetapkan Harga Layanan Kurir

Dalam hal menetapkan tarif layanan kurir Anda perlu cermat. Jangan sampai menimbulkan perang harga dengan pesaing dan jangan sampai terlalu mahal.

Jika Anda tidak perlu menyewa lokasi usaha tentu dapat memberikan promo diskon lebih banyak untuk meningkatkan penghasilan.

Strategi Memenangkan Persaingan Bisnis Kurir

Untuk setiap usaha yang memiliki persaingan sangatlah penting untuk terus meningkatkan efisiensi bisnis. Anda perlu memilih strategi terbaik untuk bisnis kurir itu.

Konsumen akan terpaku pada insentif yang diberikan. Pastikan bahwa desain usaha kurir Anda mampu memberikan insentif berkelanjutan. Misalkan diskon setiap hari raya tertentu.

Permudah konsumen untuk menjangkau Anda juga merupakan sebuah insentif. Inilah pentingnya sebuah eksistensi online melalui email yang aktif, blog atau website.

Cara Menjaga Loyalitas Konsumen Jasa Kurir

Secara umum, setiap usaha kehilangan sekitar 20% konsumen per tahun karena gagal menjaga hubungan baik. Pada akhirnya, hanya beberapa yang menyadari betapa banyaknya sebuah bisnis memiliki konsumen yang pasif.

Anda dapat menjaga hubungan baik dengan konsumen melalui komunikasi intens yang mengingatkan keberadaan usaha Anda. Tanyakanlah kenapa mereka tidak menggunakan jasa Anda lagi, ucapkan selamat ulang tahun dan sebagainya. Jawaban cepat atas pertanyaan konsumen juga merupakan cara membangun hubungan baik dengan konsumen.

Strategi Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Kurir Rumahan

Sangatlah penting untuk sebuah strategi bisa diwujudkan untuk membantu meningkatkan brand awareness sekaligus identitas usaha. Berikut ini beberapa opsi yang dapat digunakan untuk hal ini:

  • Hadiri konferensi atau workshop terkait kurir
  • Terlibat dalam koalisi wilayah dan nasional
  • Membuat rilis press usaha di Koran, radio dan televisi
  • Menyebarkan brosur usaha
  • Meminta bantuan konsumen menyebarkan informasi usaha
  • Membuat blog untuk media promosi usaha
  • Menggunakan media sosial sebagai proses berkelanjutan promosi

Menciptakan Jaringan Distribusi Bisnis Kurir

Untuk sebuah usaha kurir standar, maka Anda harus bekerja, membangun network, dan rekanan dengan distributor maupun produsen.

Ini berarti Anda wajib membangun jaringan sehat dengan berbagai pihak di industri kurir. Pada intinya, akan selalu baik jika Anda memiliki hubungan baik dengan rekan bisnis karena mereka akan membantu pertumbuhan inti usaha Anda.

Tips Sukses Mulai Bisnis Kurir Rumahan

Sekedar memulai usaha tidaklah cukup. Jika sudah mulai Anda harus menyebarluaskan iklan usaha kebanyak pihak.

Banyak orang perlu tahu apa jasa kurir Anda dan bagaimana jasa kurir Anda bisa membantu konsumen.

Perlu dipahami bahwa dunia usaha kurir sangatlah cepat berkembang. Itu sebabnya konsumen akan memilih penyedia yang terpercaya dan bekerja cepat.

Dalam berpromosi bisnis kurir rumahan, tidak ada yang lebih baik dari menunjukkan kerja nyata yang berkualitas. Konsumen yang senang akan membuat brand usaha semakin kuat dan tegas ditengah persaingan. Dengarkan keluhan dan belajar dari hal itu. Inilah satu cara mengembangkan bisnis kurir yang berorientasi konsumen.

2 Comments

  1. Langnusa Oktober 6, 2016
  2. kur mandiri Januari 10, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

XL PAKET DATA KAMU MAU HABIS TUHH! 19GB CUMA RP73RB (DISKON 18%) CEPETAN ISIBELI SEKARANG
+