Pertimbangan Beli Saham PT United Tractors Tbk

Pertimbangan beli saham PT United Tractors Tbk ini bisa menjadi bahan masukan Anda yang suka atau hobi bermain saham. Bisnis saham memang menguntungkan asal Anda tahu cara kerjanya dan cara pengambilan keputusan beli/jual saham. Saat ingin memutuskan apakah buy atau sell terhadap sebuah saham perusahaan, pertimbangan ini dapat dijadikan bahan masukan yang berharga. Apa saja?

Perkembangan Sektor Usaha

Setiap perusahaan tentu memiliki sebuah sektor usaha. Saat melakukan pertimbangan beli saham PT United Tractors Tbk atau UNTR  bisa melihat perkembangan sektor usaha perusahaan ini. Industri tambang batu bara tahun 2017 mulai membaik. Kondisi ini mendorong UNTR untuk berinvestasi lebih banyak lagi. Alokasi belanja modal (atau capital expenditure) perusahaan mencapai US$ 560 juta pada tahun 2017.

Baca: Cara Menciptakan Pasar untuk Produk Bisnis

Perbandingan Anggaran Belanja Modal Year on Year

Belanja modal penting untuk pertimbangan beli saham PT United Tractors Tbk. Naiknya belanja modal berarti semakin tingginya aktivitas usaha perusahaan. Dengan kata lain, keuntungan usaha akan bertambah. Anggaran belanja itu dua kali lipat besarnya dibandingkan anggaran yang sama tahun 2016. Ini berarti keuntungan perusahaan akan berdampak positif pada kenaikan harga saham.

Sumber Pendanaan Belanja Modal

Selain perbandingan besaran harga, sumber pendanaan belanja modal juga penting untuk diketahui sebagai pertimbangan para pengusaha saham. Perusahaan yang mampu mendanai belanja modal dari kas internal tentu memiliki beban kewajiban (cicilan kredit) lebih sedikit. Dengan kata lain keuntungan yang didapat bisa lebih maksimal.

Aktivitas Usaha Menguntungkan

PT United Tractors Tbk memiliki dua pasar yang berbeda yaitu alat berat pertambangan dan alat berat konstruksi. Pada tahun 2017, mayoritas belanja modal ditujukan untuk keperluan pertambangan dan penggantian alat. Bagiannya mencapai 80% dari keseluruhan belanja modal untuk sektor pertambangan. .

Kondisi ini membuat UNTR menaikan target penjualan alat beratnya dari 2700 unit menjadi 3000 unit. Biasanya aka nada penyesuaian lagi pada akhir tahun.

Selisih keuntungan yang didapatkan untuk penjualan alat berat ke sektor tambah lebih besar disbanding sektor konstruksi. Ini karena PT United Tractors Tbk bisa juga menyediakan suku cadang alat berat mengingat kerja mesin sangat berat di sektor tambang. Untuk sektor konstruksi, alat berat yang dibutuhkan masuk dalam kategori ringan sehingga selisih keuntungan lebih sedikit. Fokus PT United Tractors Tbk menggarap sektor pertambangan jelas akan mendatangkan keuntungan lebih besar.

Pengembangan Lini Usaha Perusahaan

Pertimbangan beli saham PT United Tractors Tbk dapat dilihat juga dari pengembangan lini usahanya. Ada sekitar 20% dari belanja modal ditujukan untuk lini usaha. Misalkan lini usaha tambang oleh PT Suprabari Mapindo Mineral. PT United Tractors mengakuisisi perusahaan tersebut . Setelah itu, PT United Tractors akan mengeksplorasi batu bara untuk diperjual belikan sebagai cooking coal untuk industri baja.

Untuk sektor kontruksi disiapkan dana US$ 10 juta untuk PT Acset Indonusa Tbk (ACST). Kesemua dana akan dipakai untuk mendukung bisnis konstruksi.

Pendapat Analis

Tidak ada salahnya memantau pendapat analis beberapa perusahaan sekuritas. Mandiri Sekuritas misalnya yang memandang peluang penambahan keuntungan mengingat produksi meningkat dan kenaikan dari margin lini usaha.

Analis dari UOB Kay Hyan Sekuritas menganalisa jika harga batu bara akan stabil di tingkat US$ 72 sampai US$ 80 per ton. Karena itu kinerja PT United Tractors akan semakin positif.

Gunakan Pertimbangan Beli Saham PT United Tractors Tbk

Itulah pertimbangan beli saham PT United Tractors Tbk. Pada dasarnya pertimbangan sama bisa dilakukan untuk melihat saham perusahaan lain yang juga bergerak di sektor tambang.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Ubah Bakatmu Jadi Uang: Menulis, Desain Grafis, Programing, dll. Cetak Uang Sekarang
+