Pentingnya Memahami Konsumen Facebook


Pentingnya memahami konsumen facebook belum disadari banyak pemilik bisnis. Banyak pemilik usaha berpikir mereka memahami target konsumen mereka dengan baik. Tidak ada gunanya memiliki sebuah facebook page jika konsumen Anda tidak ada di facebook bukan?

Ada banyak hal untuk dipertimbangkan saat mencoba menemukan target konsumen. Untuk bahasan kali ini akan diungkap pentingnya memahami konsumen facebook untuk bisnis Anda.

Apa Itu Konsumen Tertarget?

Mungkin ada sebuah pemahaman akan konsumen tertarget yaitu sebuah kelompok yang menjadi target iklan.

Pemahaman ini terdengar mudah bukan?

Jika mau berpikir lebih ekstrim, sebenarnya definisi konsumen tertarget bisa kebalikan dari pemahaman sederhana tadi. Sekarang ini, entitas bisnis tidak menciptakan produk dan berkata “saya akan mentarget kelompok A untuk produk bisnis ini”. Entitas bisnis menemukan sekelompok orang yang ditarget dan membuat produk yang mereka yakini dibutuhkan oleh kelompok itu.

Jadi ini memang bukan pendekatan “obat seribu penyakit”. Target konsumen Anda bisa terdiri dari individu yang berbeda kebutuhan dan tujuan, namun datang kepada Anda karena mereka terhubung pada suatu hal.

Coba bayangkan jika seseorang mengalami kecelakaan dan Anda terlibat di dalamnya. Jika bercerita pada teman mungkin berbeda dengan cerita ke perusahaan asuransi bukan? Karena mereka dua pemirsa yang berbeda. Anda merangkai cerita untuk bisa menyesuaikan ke kedua pemirsa tadi. Hal sama berlaku untuk bisnis sekarang ini.

Konsumen tertarget Anda terdiri dari banyak individu yang bisa memahami dan berinteraksi dengan informasi yang disampaikan. Mereka adalah individu yang datang kepada Anda karena suatu alasan. Mereka juga orang yang akan selalu datang kembali dan membawa orang baru untuk melihat tawaran baru yang diberikan.

4 Alasan Pentingnya Memahami Konsumen Tertarget Facebook 

Anda Bisa Pecahkan Masalah Mereka

Kenapa Anda ingin orang datang kepada Anda? Bisa jadi ada banyak alasan untuk jawabannya misalkan hiburan, saran, layanan namun pada akhirnya Anda bisa menyediakan sesuatu untuk mereka.

Memecahkan masalah

Saat seseorang mengunjungi sebuah website, mereka mencari sesuatu. Hal itu bisa sesuatu langsung seperti melihat website kue pernikahan karena mereka butuh kue pernikahan. Atau bahkan mereka belum tahu apa yang mereka cari dan berharap menemukannya.

Sesaat setelah Anda mengidentifikasi apa yang diinginkan pemirsa website Anda, bisa dibuat beberapa pilihan. Anda bisa memilih kategori apa yang akan dibicarakan dan informasi apa yang akan dimasukan. Anda bisa membuat daftar sumber informasi untuk diberikan. Anda bisa melakukan apapun yang mungkin untuk memecahkan masalah setiapkali mereka berkunjung ke website.

Itulah Kunci Efektivitas 

Sayangnya tidak cukup hanya mengetahui konsumen tertarget. Dunia marketing digital sekarang ini adalah semua tentang upaya membangun hubungan yang kuat, setia dan tahan lama. Itu sebabnya sangatlah berguna untuk memiliki saling pemahaman dengan mereka.

Anda bisa memahami mereka sebagai manusia pada umumnya, kenali mereka dan temukan apa kesukaan mereka dan apa aktivitas online mereka. Itulah kunci efektivitas.

Semuanya bisa direncanakan di sekitar informasi itu. Mulai dari kapan harus mengirimkan penawaran sampai kapan harus menerbitkan postingan blog terbaru sampai kapan harus berinteraksi di media sosial.

Pikirkanlah sejenak. Jika pemirsa Anda umumnya seorang ibu rumah tangga yang sibuk dengan bayi, apakah waktu pagi atau sore itu waktu yang tepat untuk terhubung dengan mereka?

Jika Anda mentarget commuters, awal sore dan pagi hari bisa jadi waktu ideal untuk terhubung karena mereka aktif menggunakan smartphone dalam perjalanan ke tempat kerja. Dengan memaksimalkan kebiasaan dan perilaku konsumen, Anda bisa memaksimalkan daya tarik bisnis.

Memungkinkan Anda Tentukan Penawaran Nilai

Dalam cara sama seperti memecahkan masalah, memahami konsumen tertarget memungkinkan Anda untuk memutuskan apa penawaran nilai bisnisnya. Apa yang bisa ditawarkan? Dan Kenapa mereka harus berkunjung ke website Anda?

Penawaran nilai bisa dilihat untuk menentukan apa yang dilakukan bisnis Anda secara unik. Jika Anda kesulitan dengan hal ini, itu berarti Anda tidak mengenali pemirsa Anda. Karena jika Anda paham, hal ini mudah. Anda tahu apa yang Anda mau, itu sebabnya Anda bisa mengemasnya untuk pemirsa. Selanjutnya apa yang Anda berikan kepada mereka tergantung dari apa yang mereka inginkan.

Melihat Hasil Lebih Cepat

Sebuah upaya pemasaran memerlukan waktu. Dan itu akan memakan waktu lebih lama jika Anda tidak tahu siapa pemirsa bisnis Anda. Tidak baik untuk menduga pemirsa bisnis. Jika Anda membuat konten pemasaran berdasarkan asumsi mereka, pemirsa akan tersesat. Mereka akan merasa terasing dan lupa untuk berkunjung ke website Anda.

Paham Pentingnya Memahami Konsumen Facebook?

Memahami konsumen facebook merupakan proses tanpa henti. Konsumen akan selalu tertarik dengan banyak hal baru. Anda bisa menjadi lebih sukses dan meraih lebih karena memahami mereka.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+