Pengantar Mudah Apa Itu DNS

  • 1
    Share

Tahukah Anda bahwa Anda bisa terkoneksi ke facebook.com, melihat facebook.com dalam browser tanpa terhubung ke website asli Facebook? Untuk memahami hal ini Anda perlu sedikit memahami apa itu DNS.

DNS menguasai dunia internet yang Anda gunakan setiap hari. DNS bekerja secara diam-diam, mengubah nama domain menjadi angka alamat IP.

Nama Domain dan Alamat IP

DNS singkatan dari domain name system. Nama domain merupakan alamat website yang mudah dibaca yang kerap digunakan para pengguna internet setiap hari. Misalkan nama domain Google adalah google.com. Jika Anda ingin berkunjung ke Google maka Anda hanya perlu mengetikan google.com di kotak alamat browser Anda.

Komputer tidak tahu dimana lokasi facebook.com. Dibelakang layar, internet dan  jaringan komputer menggunakan angka alamat IP. Google.com memiliki alamat IP 173.194.39.78 di internet. Jika Anda mengetikan angka-angka tadi di kotak alamat browser Anda akan dibawa ke laman yang sama google.com.

Kebanyakan kita menggunakan google.com ketimbang 173.194.39.78 karena alamat seperti google.com lebih bermakna dan mudah diingat. DNS kerap dijelaskan seperti buku daftar telepon. DNS akan mencocokan nama domain dengan angka-angka yang lebih machine friendly ketimbang huruf.

Apa itu DNS 1

DNS Servers

Domain name system servers akan mencocokan nama seperti google.com pada data base IP mereka (173.194.39.78) dalam konteks google.com. Saat Anda mengetikan google.com pada kotak alamat browser, komputer Anda menghubungi DNS yang digunakan dan menanyakan alamat IP yang berkaitan dengan google.com. Selanjutnya komputer Anda terhubung dengan alamat IP itu dan menayangkan “google.com” pada browser Anda. Koneksi pada 173.194.39.78 terjadi di belakang layar.

DNS server yang Anda pakai disediakan oleh ISP (internet service provider). Jika Anda menggunakan router, maka komputer akan menggunakan router sebagai DNS. Router akan menyampaikan permintaan ke DNS server milik ISP Anda.

Apa itu DNS 2

Komputer akan merekam (cache) respon DNS. Dengan demikian, permintaan DNS tidak terjadi setiap Anda terhubung ke google.com. Saat komputer Anda sudah memutuskan alamat IP yang sesuai nama domain, komputer akan merekam untuk beberapa waktu. Ini akan mempercepat koneksi internet dengan melewati tahap permintaan DNS. Komputer Anda hanya perlu terhubung pada Google bukan DNS server-nya.

Resiko Keamanan

Beberapa virus atau program malware mampu merubah DNS server bawaan kepada DNS server yang dijalankan oleh program berbahaya. DNS server penipuan ini dapat meniru situs popular menggunakan alamat IP berbeda.

Untuk contoh mudahnya, saat Anda terkoneksi dengan facebook.com menggunakan DNS server resmi sesuai ISP, DNS server akan merespon dengan alamat IP facebook server yang sesungguhnya.

Jika komputer Anda mengarah ke DNS server berbahaya yang dipersiapkan penipu, DNS server tipuan ini akan merespon alamat IP berbeda. Dalam kondisi ini, Anda akan melihat halaman facebook.com pada browser sebagaimana biasanya. Sebenarnya alamat ini adalah tipuan. Ini merupakan salah satu trik hack akun facebook orang lain.

Apa Itu DNS 3

Untuk melindungi diri dari cara ini, pastikan Anda memiliki antivirus. Anda juga wajib memperhatikan pesan “certificate error” pada website https yang terenkripsi. Misalkan jika Anda mencoba terhubung pada website bank dan melihat adanya pesan “invalid vertificate”, ini bisa menjadi pertanda Anda menggunakan DNS server penipuan yang mengarahkan Anda pada website palsu.

Malware dapat menggunakan file komputer Anda untuk mengubah DNS server dan mengarahkan ke alamat IP setelan mereka. Ini sebabnya Anda mungkin ingin proteksi malware terbaik.

Kenapa Anda Mungkin Ingin Pakai DNS Server Pihak Ketiga?

Anda bisa saja menggunakan DNS server pihak ketiga. Yang paling popular dalam hal ini adalah Google Public DNS dan OpenDNS.

Dalam beberapa situasi, DNS server ini mungkin memberikan koneksi lebih cepat untuk berinternet. Namun demikian, kecepatan koneksi sebenarnya akan bergantung dari seberapa jauh jarak Anda ke DNS server pihak ketiga. Jika DNS Server ISP Anda cukup cepat dan Anda berjarak jauh dari DNS server pihak ketiga mungkin Anda akan mengalami kecepatan rendah dalam berinternet.

OpenDNS menyediakan opsi sensor yang sangat berguna untuk mencegah anak melihat konten pornografi di internet.

Apa Itu DNS 4


  • 1
    Share
  • 1
    Share

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+