Panduan Contoh Artikel Makalah Bisnis Internasional

Untuk pembaca yang mencari contoh artikel makalah bisnis internasional, notordinaryblogger akan memberikannya melalui postingan ini. Tidak perlu berlama-lama berikut ini contoh artikel makalah itu:

Contoh Artikel Makalah Bisnis Internasional bertema Sejarah Singkat Bisnis Internasional

Bisnis internasional diartikan sebagai transaksi yang dilakukan lintas batas negara untuk memenuhi kebutuhan individu, perusahaan dan organisasi. Perbedaan jenis bisnis internasional diantaranya adalah perdagangan ekspor impor, foreign direct investment, licensing, perjanjian franchise sampai manajemen kontrak. Dalam kurun waktu 50 tahun terakhir, perdagangan internasional dan investasi telah tumbuh pesat ketimbang ekonomi domestik. Bisnis internasional memfasilitasi perpindahan ide, layanan, modal di seluruh dunia. Hasilnya adalah semakin tingginya inovasi, semakin cepatnya penyebaran informasi dan barang, semakin efisien penggunaan sumber daya manusia dan semakin berkualitasnya sektor keuangan.

Sejarah Singkat Bisnis Internasional

Bisnis internasional terdengar asing namun sebenarnya telah dipraktikan sejak ribuan tahun lalu. Melalui jalur yang terbentuk di Mediterania, Mesopotamia dan Yunani yang digunakan untuk berdagang. Seiring perkembangan tehnik bisnis yang semakin canggih, perpindahan barang, sumber daya dan dana antar negara semakin marak. Pertumbuhan ini didorong juga oleh aktivitas kolonisasi. Revolusi industri memberikan stimulus lebih jauh untuk pertumbuhan bisnis internasional dengan menyediakan metode produksi masal, pemasaran, dan pemanfaatan bahan mentah. Penemuan dan perkembangan teknologi dari revolusi industri memberi dampak positif pada kelancaran perpindahan barang, jasa dan modal antar negara. Produksi tumbuh pada tingkat yang sangat signifikan pada tahun 1880-an dimana revolusi industri ada pada masa jayanya di Eropa dan Amerika Serikat. Pertumbuhan terus berlanjut seiring pertumbuhan produksi masal dan kesadaran produsen untuk menemukan pasar bagi produk mereka. Inilah yang menandai kemunculan perusahaan multinasional.

Beberapa Aspek Yang Mendorong Terciptanya Bisnis Internasional

Pembangunan dan ekspansi teknologi

Masa ditemukannya telegraph tahun 1837, telepon tahun 1876, teknologi wireless tahun 1895, pesawat tahun 1903, televisi tahun 1926, roket luar angkasa tahun 1927, kabel coaxical tahun 1930-an dan komputer tahun 1946 merupakan peristiwa kunci yang memicu perkembangan bisnis internasional. Selanjutnya adalah perkembangan transportasi udara, komunikasi elektronik, pengolahan informasi digital yang merupakan inovasi teknologi penting lainnya yang memberikan ruang gerak lebih besar bagi perusahaan untuk meningkatkan aktivitas bisnis internasional.

Liberalisasi aktivitas lintas batas negara

Pembatasan negara untuk bisnis internasional semakin longgar setelah Perang Dunia II. Uni Eropa, NAFTA, ASEAN dan blok ekonomi regional lainnya di dunia semakin melonggarkan pengaturan untuk pergerakan lintas batas negara. Uni Eropa diberi penghargaan nobel perdamaian tahun 2012 sebagai pengakuan atas upaya perdamaian melalui aktivitas perdagangan, hak asasi manusia dan rekonsiliasi di Eropa selama 60 tahun terakhir. Presiden Komisi Eropa, Jose Manuel Barrosa saat menerima nobel mengatakan bahwa “kami menghormati hadiah ini dan akan menjaga apa yang sudah diraih. Capaian itu tentu memberi jaminan untuk membentuk dunia yang lebih teratur dengan nilai kebebasan, demokrasi dan hak asasi manusia”.

Perkembangan layanan pendukung

Baik pemerintah maupun perusahaan swasta telah mengembangkan layanan yang memfasilitasi pergerakan bisnis internasional. Misalkan institusi perbankan yang telah mengembangkan praktif efisien dan efektif untuk perusahaan untuk transaksi internasional. Bank dapat memfasilitasi pembayaran atas mata uang berbagai negara untuk mendukung kelancaran bisnis.

Elemen Penting Bisnis Internasional

Empat elemen penting bisnis internasional adalah

  • Globalisasi
  • Lingkungan bisnis internasional
  • Keunikan budaya
  • Manajemen Bisnis Internasional

Globalisasi: Manusia di penjuru dunia kini semakin terhubung dibandingkan periode-periode sebelumnya. Barang dan jasa yang diproduksi di belahan bumi utara kini tersedia cukup banyak di belahan bumi lainnya. Fenomena ini dikenal sebagai globalisasi. Globalisasi identik dengan perubahan kearah yang saling terkait dan bergantung atas perekonomian dunia. Globalisasi memiliki dua komponen yaitu globalisasi produksi dan globalisasi pasar.

Globalisasi pasar merujuk pada menyatunya pasar-pasar yang terpisah menjadi satu pasar tunggal. Penerimaan global atas produk konsumsi seperti Coca Cola, Levi’s Jeans, Burger King, Mc Donald’s merupakan tren atas fakta itu. Dengan menawarkan produk yang terstandardisasi secara global mereka membantu menciptakan pasar global.

Globalisasi produksi merujuk pada kecenderungan perusahaan mencari sumber barang dan jasa ke seluruh dunia untuk mengambil keuntungan atas perbedaan global akan biaya dan kualitas produksi (tenaga kerja, modal dan energi). Dengan cara ini perusahaan berharap menurunkan biaya produksi secara keseluruhan. Misalkan perusahaan Boeing 777 memiliki 132.500 komponen yang diproduksi oleh 545 supplier di seluruh dunia.

Lingkungan Bisnis Internasional

Lingkungan bisnis internasional akan terbentuk dan dipengaruhi sekali oleh beberapa hal berikut:

  • Politik Internasional
  • Budaya Internasional
  • Perdagangan Internasional
  • Institusi dan Pasar Finansial Internasional

Kerap kali politik internasional menjadi perhatian serius perusahaan multinasional. Dua dekade terakhir merupakan bukti perubahan drastik dalam sistem politik. Mayoritas negara di Eropa Timur termasuk juga Amerika membangun pasar ekonomi dengan tingkatan berbeda. Perusahaan multinasional merasa lebih percaya diri untuk memulai aktivitas mereka di wilayah pasar terbuka karena mereka punya kebebasan untuk menentukan harga dan menjalankan usahanya. Sampai perusahaan multinasional merasa pemerintah mau mengambil langkah yang dibutuhkan untuk menjamin janji-janji mereka bahwa investor diperbolehkan melakukan repatriasi laba usaha, perusahaan multinasional akan sangat hati-hati dengan rencana investasinya.

Budaya Internasional

Terlepas dari beragam pola globalisasi, kesadaran budaya sangatlah penting untuk perusahaan multinasional yang berkiprah di arena global. Misalkan, budaya, kepercayaan dan etika yang diikuti di India sangatlah berbeda dengan dunia Barat sehingga karyawan dan perusahaan yang menjalankan bisnis di India harus memahami budaya India sepenuhnya. Saat melakukan pertemuan bisnis di India, bawa foto keluarga. Kultur India suka membicarakan keluarga satu sama lain yang merupakan bentuk kepercayaan sebelum melangkah ke bisnis.

Studi Kasus Bisnis – Arab Saudi: Banyak organisasi dari negara asing memasuki pasar Arab Saudi seiring krisis tahun 1970-an. Tidak semua organisasi itu berhasil karena banyak yang gagal memahami budaya Arab Saudi. Sebuah perusahaan keamanan Amerika Serikat memenangkan proyek besar untuk memasang instalasi keamanan untuk klien di Arab Saudi. Permasalah muncul saat pengiriman kapal dari Amerika Serikat tidak diijinkan keluar pelabuhan Arab Saudi. Alasan dibalik penahanan ini adalah terdapatnya peralatan keamanan yang dibungkus dengan kertas Koran bergambar wanita yang menunjukkan aurat. Hal itu bertentangan dengan sensitivitas budaya suatu negara yang mayoritas wanita selalu berpakaian tertutup saat muncul di depan publik menggunakan pakaian “Abayah”.

Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional merupakan istilah luas yang mencakup semua transaksi komersial antara dua negara. Perusahaan multinasional merupakan pemain penting dalam perdagangan internasional dan mengambil porsi terbesar dalam aktivitas ini. Beberapa contoh klasik dari perdagangan internasional adalah Fords yang membuat gearbox di pabriknya di Bordeaux dan mengekspornya ke pabrik perakitan di beberapa negara Uni Eropa lainnya. Contoh lain adalah Spanyol yang bergantung pada Nigeria, dan Aljazair untuk 99% kebutuhan gas alamnya.

Institusi dan Pasar Finansial Internasional

Terlepas apakah perusahaan atau bank terlibat dalam perdagangan internasional, penting untuk manager memahami aspek kunci dari pasar finansial internasional. Pasar keuangan Euro, sistem moneter internasional, pasar valuta asing kesemuanya mempengaruhi fungsi pasar barang dan jasa. Pasar keuangan Euro mungkin menawarkan peluang pinjaman lunak, sistem moneter internasional mungkin menetapkan kerangka yang mempengaruhi perusahaan dan pasar valuta asing menentukan biaya dan ketersediaan mata uang asing yang digunakan perusahaan.

Keunikan Budaya

Bisnis internasional dan produk globalisasinya akan menjamin dan memaksakan sebuah budaya ke seluruh dunia. Misalkan, Pizza yang berasal dari Italia kini diterima di seluruh dunia sehingga menyatukan budaya dan membawa kultur kuliner yang unik. Sama halnya dengan konsumen India yang menjadi incaran di Eropa dan Amerika. Maka dari itu, bisnis internasional membawa budaya umum yang melewati batasan budaya nasional.

Manajemen Bisnis Internasional

Manajemen bisnis internasional merupakan semua hal tentang pengembangan operasi bisnis dalam skala internasional. Kunci utama dari manajemen bisnis internasional adalah:

  • Elemen analisa pasar yang dibutuhkan untuk memulai operasi bisnis di luar negeri
  • Panduan untuk mempengaruhi strategi internasional dalam bisnis
  • Membuat strategi memasuki pasar yang dinamis
  • Cara mudah mencari keuntungan kompetitif.

Kenapa Perusahaan Go Internasional?

Keinginan untuk meningkatkan penjualan dan penghasilan, meminimalisir resiko keuangan dan bisnis melalui diversifikasi geografis telah membawa pertumbuhan untuk perusahaan multinasional. Aspek yang membawa perusahaan go internasional adalah:

  • Meminimalisir resiko kompetitif
  • Meningkatkan penjualan
  • Mendapatkan sumber daya
  • Biaya

Meminimalisir resiko kompetitif

Perusahaan mencari eksistensi global untuk alasan bertahan. Kompetisi yang sengit antar perusahaan di bisnis domestik membuat perusahaan berpikir melihat pasar global.

Studi Kasus: Tata Motors, sejak awal tahun 1990-an India menjadi saksi gelombang liberalisasi, privatisasi dan globalisasi. Perusahaan otomotif raksasa India, Tata Motors menyadari jika perusahaan ingin berkembang maka tidak bisa hanya bergantung pada satu negara mengingat bisnis otomotif sangatlah kompetitif yang sangat bergantung pada kualitas, skala ekonomi dan efisiensi yang kesemuanya dapat diraih jika perusahaan memasuki pasar internasional.

Manajemen senior Tata Motors pergi dengan pertanyaan “apakah mereka tetap harus menjadi eksportir kendaraan yang terus dilakukan sejak tahun 1961 atau memasuki pasar internasional yang dapat bersaing dengan yang terbaik di industri itu”. Jawabanya adalah untuk melebarkan bisnis dari sekedar ekspor.

Mendapatkan Sumber Daya

Motif penting lain adalah untuk mendapatkan sumber daya seperti bahan mentah, modal, produk, teknologi dan jasa. Alasan untuk hal ini adalah

  • Tidak tersedianya sumber daya itu di negara asal perusahaan
  • Mahalnya harga sumber daya di negara asal
  • Mencari sumber daya untuk meningkatkan kualitas

Studi Kasus Philips: Murahnya biaya tenaga kerja di China membawa Philips ke China. Tahun 2002 Philips memiliki 23 pabrik di China yang merupakan hak milik pribadi dan beberapa joint ventures. Dua pertiga ekspor perusahaan berasal dari pabrik ini. Menurut Presiden dan CEO Philips “China merupakan pasar kedua terbesar melampaui Jerman pada kuartal terakhir 2009. Philips bukanlah perusahaan multinasional terbesar di China dengan operasi di 600 kota dan mempekerjakan 15000 karyawan”.

Meminimalisir resiko

Organisasi selalu ingin mengurangi resiko. Perusahaan mencoba meringankan ketergantungan kepada satu sumber ekonomi ke basis geografi yang lebih beragam.

Contoh Studi Kasus Netsle: tahun 2001 Netsle mengalami pelambatan pertumbuhan di Eropa Barat dan Amerika namun hal itu tertutup dengan pertumbuhan pesat di Eropa Timur, Amerika Latin dan Asia. Menurut Vice Chairman dan CEO Nestle perusahaan itu telah memberikan performa baik pada semester pertama tahun 2002 menunjukan kapasitas untuk tumbuh dalam suasana global yang sulit.

Biaya

Aspek biaya merupakan motivasi signifikan untuk organisasi melakukan respon terhadap bisnis internasional. Banyak organisasi go internasional menjadi semakin kompetitif dengan mengurangi biaya mereka.

Contoh Studi Kasus Toshiba: Produksi Laptop Toshiba tersebar secara geografis dimana perpaduan aspek biaya dan keahlian menjadi perhatian utama. Produksi komponen laptop seperti memori dan layer di buat di Jepang, microprocessor dan hard drive dibuat di Amerika Serikat dan perakitan dilakukan di SIngapura yang selanjutnya dikirim ke Amerika Serikat, Eropa Barat dan Jepang.

Tren Global Membentuk Bisnis Internasional

Pasar berkembang meningkatkan kekuatan global.

Pasar berkembang dipandang sebagai penggerak ekonomi dunia. Pasar berkembang dulunya dilihat sebagai sumber alam, tenaga kerja murah dan biaya manufaktur yang murah. Kini pasar berkembang dilihat sebagai pasar yang menjanjikan karena memiliki populasi yang tinggi, pembangunan ekonomi berkelanjutan dan perkembangan kelas menengah. Diprediksi negara BRIC (Brasil, Rusia, India dan China) akan mewakili 50% GDP dunia pada tahun 2020.

Teknologi hijau menjadi keuntungan kompetitif

Semua pemerintahan dan organisasi di dunia sangat memperhatikan emisi karbon. Teknologi hijau memungkinkan perubahan menjadi kadar karbon rendah. Sumber ekonomi efisien akan menjadi revolusi industri selanjutnya. China, Brasil, India dan Jerman mendapatkan keuntungan dari tenaga surya, tenaga angina, biofuels untuk kebutuhan energi mereka.

Perbankan Global melakukan transformasi

Institusi finansial di seluruh dunia akan dipaksa untuk merubah peraturan mengikuti pelambatan ekonomi global.

Bentuk final dari kerangka aturan global masih belum jelas namun perbankan global akan berubah signifikan mengikuti jalur fundamental berikut:

  • Meningkatkan corporate governance
  • Semakin banyak batasan untuk investasi, trading prioritas dan private equity funds.
  • Pembatasan gaji pejabat
  • Lebih fokus kepada perlindungan konsumen
  • Pergeseran demografi akan merubah tenaga kerja global

Meskipun populasi global mengalami peningkatan, ketersediaan tenaga kerja terampil semakin sedikit. Pembagian demografi akan meningkat antara negara dengan populasi tenaga kerja terampil usia muda dan usia tua. Kompetisi untuk keahlian akan semakin besar yang membuat keahlian dan tingkat pendidikan lebih tinggi.

Pertumbuhan cepat inovasi teknologi menciptakan dunia mobile yang cerdas

Melihat dua puluh lima tahun ke belakang ditandai dengan revolusi digital yang telah merubah cara kerja dan berkomunikasi. Meskipun demikian konsumen selalu ingin alat atau aplikasi yang lebih canggih sementara sektor bisnis mencari teknologi yang biayanya efektif. Masih ada ruang untuk inovasi di area business intellogence, smart device sampai cloud computing yang akan mengubah drastis keseluruhan proses bisnis internasional selama ini.

Kesimpulan

Mulai dari roti untuk sarapan setiap hari, minyak bumi, kosmetik, otomotif sampai hiburan, akan sulit untuk melihat produk tanpa ada label asingnya. Faktanya bisnis internasional telah merubah gaya hidup Anda, budaya dan cita rasa. Perlu dicatat bahwa dampak positif bisnis internasional jauh lebih besar ketimbang dampak negatifnya. Bisnis internasional telah membantu menjembatani negara berkembang meraih status negara maju. Untuk negara dunia ketiga bisnis internasional merupakan harapan dan untuk negara maju ini berarti untuk mempertahankan supremasi dalam operasi bisnis. Sejarah menunjukkan bahwa aktivitas bisnis internasional akan semakin berkembang jika perdamaian tercipta antar negara. Itu sebabnya bisnis internasional bisa dipandang sebagai symbol pembawa perdamaian, kesejahteraan dan kebaikan pada umumnya untuk manusia.

Manfaatkan Contoh Artikel Makalah Bisnis Internasional Ini

Nah, itulah makalah bisnis internasional yang bisa diberikan. Gunakanlah dengan bijak agar Anda mendapatkan manfaat maksimal dari makalah ini. Makalah ini disusun dari berbagai sumber terbuka terkait bisnis internasional. Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya:

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Promo Hari Buruh. Sepatu Untuk Pengendara Motor, All Bike Ap Boots Hanya Rp42.000,- Bayar DitempatBeli Sekarang