Membuat Toko Online Gratis dan Praktis

Membuat toko online gratis, praktis lagi … masa sih?

Kemajuan teknologi blog sekarang ini membuat bisnis online semakin mudah dan makin banyak orang bisa menarik manfaat darinya. Salah satu manfaatnya adalah dengan membuat toko online gratis dan praktis.

Membuat toko online merupakan salah satu jenis bisnis yang banyak diminati karena beberapa hal, yaitu:

  • Berjualan merupakan aktivitas bisnis yang menyenangkan karena tidak ada batasan jumlah uang yang bisa didapatkan selama stok persediaan masih ada.
  • Berjualan adalah praktik bisnis paling mendasar.
  • Berjualan dengan konsep toko online dapat terus berjalan tanpa banyak campur tangan.
  • Keberhasilan menjual satu produk akan membawa kebanggaan tersendiri dan sebaliknya kegagalan menjual sebuah produk akan menimbulkan rasa penasaran yang luar biasa.

Lantas bagaimana mungkin toko online bisa dibuat secara gratis?

Kata kuncinya ada di “online”, ini berarti kehadiran toko tersebut ada di internet. Untuk kepentingan ini, sebuah blog bisa dimanfaatkan.

Konsep berjualan yang digunakan oleh pemilik toko online adalah afiliasi. Dengan afiliasi, pemilik toko hanya menawarkan produk saja dan akan mendapatkan komisi jika produk yang ditawarkan oleh toko onlinenya laku terjual. Pemilik toko tidak akan direpotkan dengan pengiriman barang ataupun menanggapi keluhan konsumen. Ini sebabnya cara ini praktis.

Sudah murah, praktis lagi, gimana mulainya?

Pertama tentu kita membutuhkan blog yang akan disulap menjadi toko online. Sebenarnya blog yang akan dimanfaatkan tidak selalu harus tampil layaknya toko online, karena pada intinya adalah menjual barang, jadi asalkan blog itu bisa menawarkan sesuatu maka blog itu sudah siap beralih fungsi menjadi toko online.

Membuat blog tidak harus selalu mengeluarkan uang, ada layanan blog yang menawarkan jasanya secara gratis. Salah satu layanan blog gratis yang mudah digunakan adalah blogger.com. Silahkan lihat cara membuat blog gratis blogger.com dari awal sampai selesai.

Jika sudah membaca panduan singkat namun padat membuat blog gratis tersebut, selanjutnya adalah mengisi blog dengan berbagai tawaran produk afiliasi.

Namun sebelum mempromosikan produk kita harus mencari tahu lebih dulu layanan website e-commerce yang menawarkan program afiliasi. Tidak hanya menawarkan program afiliasi tapi juga website tersebut harus memiliki reputasi yang jelas dan aman. Hal ini bertujuan agar konsumen yang kita rekomendasikan merasa yakin melakukan pembelian.

Untuk skala global mungkin sudah banyak yang tahu amazon. Namun untuk skala Asia Tenggara, atau Indonesia khususnya amazon kurang begitu akrab dengan konsumen Indonesia. Salah satu website e-commerce terpercaya untuk konsumen Indonesia adalah lazada.

Website e-commerce tersebut memiliki program afiliasi yang bermanfaat untuk mereka yang tertarik menghasilkan uang dengan menawarkan produk-produk yang ada di website itu. Syarat untuk mendaftar tidaklah sulit. Persyaratan umum seperti nama lengkap, alamat, nomor telpon, dan rekening bank dibutuhkan untuk kelancaran proses kegiatan.

Produk yang bisa ditawarkan? Jika kita melihat-lihat ada ribuan produk yang terbagi dalam dua kategori utama yaitu:

  • Elektronik : komputer dan laptop, handphone dan tablet, kamera, perlengkapan elektronik rumah tangga, peralatan elektronik lainnya.
  • Non Elektronik : peralatan rumah tangga, kesehatan dan kecantikan, fashion, jam tangan dan perhiasan, mainan dan produk bayi, olahraga, tas dan koper, media, game, musik sampai otomotif.

Banyak sekali pilihan produk untuk ditawarkan namun ketahuilah bahwa komisi untuk produk non-elektronik (6%) lebih besar ketimbang produk elektronik (2,5%). Ini karena produk elektronik lebih banyak terjual dan produk non-elektronik lebih menantang untuk dijual.

Bagaimana memulainya?

Pertama tentu saja kita harus terdaftar sebagai affiliates di lazada.

Jika sudah disetujui maka kita akan memiliki akses ke berbagai materi promosi produk lazada untuk dikombinasikan ke dalam blog yang sudah disiapkan.

Dalam memilih tema blog, pilihlah tema yang menjadi kesukaan, kemudian catatlah berbagai produk-produk lazada yang berkaitan erat dengan kesukaan kita itu.

Misalkan,

Kita membuat blog tentang tips menggunakan iphone. Dalam blog kita telah berbagi banyak sekali tips memaksimalkan pemanfaatan iphone. Dalam salah satu postingan, kita bisa merekomendasikan pembaca membeli iphone dengan menyematkan link produk iphone yang ada di website ecommerce dalam postingan tersebut. Atas setiap pembelian yang terjadi kita akan mendapatkan komisi darinya.

Atau kita termasuk blogger yang mahir dalam dunia fashion maka blog bisa diramaikan dengan postingan berbagai tips busana yang disematkan dengan link menuju produk tertentu.

Tips Mengelola Toko Online Gratis dan Praktis

Jika memang berminat mencoba toko online dengan konsep marketing afiliasi ini, ada baiknya jangan menggunakan konsep toko online yang hanya memajang gambar-gambar produk beserta harganya saja, melainkan gunakan postingan blog untuk menarik perhatian mesin pencari.

Pengunjung yang datang dari mesin pencari, membaca postingan yang disajikan dan mendapati rekomendasi produk dari blog yang dilihatnya akan memiliki potensi untuk melakukan pembelian. Selain itu, mengelola toko online gratis dan praktis dengan cara ini relatif ekonomis karena mesin pencari lebih mudah menangkap konten tulisan.

Dengan memperbanyak konten tulisan, kita terhindar dari persaingan sengit toko-toko online lainnya yang telah menginvestasikan sejumlah dana untuk menempati halaman pertama google.

Siap Mencoba Peluang Bisnis dengan Membuat Toko Online Gratis dan Praktis ini?

Itulah cara jitu membuat toko online gratis dan praktis. Hal paling utama dalam mencapai sukses mengelola toko online gratis ini adalah dengan memilih topik blog yang menjadi kesukaan atau hobi dan melihat ragam produk yang tersedia untuk ditawarkan.

Hobi atau kesukaan yang unik tanpa didukung ketersediaan produk afiliasi tentu akan menyulitkan kita untuk melakukan penjualan. Untuk menghindarinya, telitilah minat dan ketersediaan produk sebelum mendaftarkan diri menjadi affiliates di lazada.

Jika sudah yakin dengan persiapan yang dilakukan, mulailah membuat toko online gratis dan praktis dengan cara ini dan raih penjualan semaksimal mungkin. Kita akan menikmatinya karena kita akan belajar berjualan melalui apa yang kita tulis. Semakin asli dan berkualitas tulisan yang disajikan akan semakin banyak orang datang untuk membaca dan melihat tawaran yang diberikan.

Pahami kenapa orang membeli produk, tuangkan dalam tulisan dan raihlah komisi dari kerja keras tersebut. Berjualan dengan cara ini, kita hanya diharuskan mengarahkan pembeli ke website produk tersebut.

Sebuah impian tidak akan terwujud jika tidak dilaksanakan. Jika bermimpi berbisnis online segera wujudkan dengan bergabung di affiliates lazada dan memulai toko online gratis dan praktis versi pribadi. Jika ada pertanyaan terkait program affiliates ini, jangan sungkan untuk bertanya kepada penulis. Semoga sukses.

Tips Penting lainnya:

No Responses

  1. Pingback: 5 Tips Jitu Dan Sukses Berbisnis Online Februari 3, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+