5 Tips Jitu Dan Sukses Berbisnis Online

Sukses berbisnis online bukan lagi mimpi yang sulit diwujudkan apalagi di jaman yang semakin modern ini, semuanya bisa dikerjakan dengan internet. Termasuk berbisnis yang notabene dilakukan dalam dunia nyata saja. Semakin berkembangnya jaman, semakin berkembangnya internet, semakin berkembang pula gaya bisnis. Salah satunya adalah bisnis yang dikerjakan melalaui dunia maya atau bisnis online yang semakin menjamur.

Semakin hari, pelaku bisnis online bertambah begitu cepat. Mulai dari usaha yang sederhana hingga usaha yang lumayan berat. Tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan bisnis online sudah mewarnai dunia bisnis yang semakin berkembag pesat. Tak jarang, kemajuan bisnis online ini semakin menarik minat seseorang untuk terjun ke dunia bisnis online. Memang banyak yang berhasil dan sukses meraup keuntungan lewat bisnis online. Namun tak sedikit pula yang gagal dan kandaslah sudah bayangan meraup keuntungan besar dari bisnis online. Jika Anda ingin merintis bisnis online, maka tips jitu dan sukses berbisnis online wajib mendampingi langkah awal Anda dalam berbisnis online.

5 Tahap Sukses Berbisnis Online

Berburu pengalaman

Seperti kata pepatah bahwa pengalaman merupakan guru yang terbaik, maka dalam berbisnis online pun Anda bisa mengaplikasikan hal ini. Carilah pengalaman dalam berbisnis online sebanyak- banyaknya. Pengalaman tidak hanya didapat dari sesuatu yang dialami oleh diri sendiri. Namun juga dari banyak referensi yang bisa Anda kumpulkan. Anda bisa membaca beberapa buku tentang berbisnis online. Anda juga bisa berguru pengalaman pada orang- orang yang sudah sukses dalam bisnis online. Selain itu Anda harus melengkapi pengetahuan dengan modal yang harus Anda keluarkan dalam berbisnis online serta keuntugan yang bisa Anda raup. Sehingga Anda bisa memperkirakan bagaimana alur bisnis online Anda kelak.

Mempertimbangkan peluang usaha

Hal penting yang harus Anda pertimbangkan dalam memulai bisnis online adalah mempertimbangkan peluang usaha yang akan Anda jalankan. Bisa dimulai dari peluang pasar yang menjadi sasaran Anda. Jika pasar yang menjadi sasaran Anda cukup menjajikan, maka Anda harus segera memulai bisnis online Anda. Jika peluang pasar kurang menjajikan, maka Anda bisa berpikir ulang maupun mencari alternatif lainnya. Perhatikan dan analisislah konsumen yang Anda jadikan sebagai sasaran. Apakah kemungkinan ke depan akan banyak pelanggan atau tidak. Pertimbangan faktor ekonomi dari segi konsumen tersebut.

Menguatkan mental dan konsep bisnis

Faktor dari dalam diri sendiri yaitu mental berupa motivasi yang tinggi merupakan modal utama dalam memulai bisnis online. Dipadukan dengan konsep berbisnis yang mantap, maka bisnis online Anda akan semakin melaju dengan cepat. Jangan lupakan prinsip SWOT, yaitu strength, weakness, opportunity, dan threat dalam bisnis online Anda.

Memikirkan modal

Memanglah modal yang digunakan untuk memulai bisnis online tidak seperti modal yang dibutuhkan untuk merintis bisnis dalam dunia nyata. Sebab, membuat toko online untuk sebuah bisnis online tidak begitu membutuhkan banyak modal awal. Biaya untuk menyewa tempat tidak perlu ada dalam daftar modal. Anda hanya perlu modal untuk membeli atau menciptakan barang yang Anda tawarkan. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan modal yang dikeluarkan. Sebab, waktu yang dibutuhkan untuk balik modal relatif lebih cepat daripada bisnis yang membutuhkan tempat sewa dan lain- lain.

Gencar melakukan promosi

Selain beberapa hal di atas, ada satu hal penting yang tidak boleh Anda lupakan. Yaitu mempromosikan barang dagangan Anda. Dalam hal ini tentu saja melalui media internet atau online. Anda bisa mulai belajar SEO atau menggunakan beberapa jenis jejaring sosial yang sekarang menjamur. Ada facebook, twitter, blog dan lain- lain. Tentu saja Anda harus mempertimbangkan kelemahan dan kelebihannya terlebih dahulu. Jalinlah komunikasi yang baik antara pelanggan lewat media sosial tersebut.

Image courtesy of FreeDigitalPhotos.net

Kontributor : Putri Lestari

 

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+