Kelebihan dan Kekurangan Ecommerce

Di postingan sebelumnya sudah tersaji penjelasan mendasar apa ecommerce itu. Setelah membaca apa ecommerce itu, bisa jadi minat menyelami ecommerce mulai muncul. Nah, sebagai pembaca yang kritis tentu kita ingin tahu lebih jauh tentang ecommerce sebelum memulainya, jika sudah demikian maka kita perlu tahu apa keuntungan dan kerugian ecommerce tersebut.

Electronic commerce atau disingkat ecommerce dikaitkan dengan aktivitas bisnis seperti menjual dan membeli produk atau jasa melalui sistem elektronik seperti jaringan komputer atau internet. Sejarah ecommerce dimulai pada tahun 1970, dimana untuk pertama kalinya, electronic data interchange (EDI) dan transfer dana elektronik diperkenalkan. Sejak itu, pertumbuhan pesat ecommerce telah mempengaruhi hamper setiap aspek berbisnis seperti proses transaksi, proses manajemen, pemasaran internet sampai organisasi penyimpanan barang. Sama halnya dengan bisnis pada umumnya, ecommerce memiliki karakteristik berupa kelebihan dan kekurangan. Mari kita simak kelebihan utama dan kekurangan dari ecommerce ini.

Kelebihan ecommerce

Hal paling utama dalam kelebihan ecommerce adalah kemudahan dalam akses pasar. Melalui ecommerce, seorang individual dapat terhubung dengan pasar di seluruh dunia. Dengan bantuan ecommerce bahkan sebuah usaha kecil di Indonesia dapat memiliki akses ke pasar di Jerman, Inggris, Amerika Serikat sampai Afrika Selatan.

Batasan waktu semakin tidak terlihat dengan ecommerce karena mekanisme ecommerce dapat menjalankan transaksi bisnis 24 jam sehari 7 hari seminggu dan 365 hari satu tahun, tanpa hari libur, cuti ataupun sakit. Hal ini dapat berpengaruh secara signifikan terhadap penjualan dan keuntungan bisnis.

Ecommerce juga memberi kemungkinan kepada konsumen untuk mendapatkan produk atau jasa dengan harga lebih murah dan lebih berkualitas. Dengan fasilitas ecommerce, konsumen dapat dengan mudah meneliti sebuah produk secara detil dan menemukan produsen asli atas produk tersebut dengan harga lebih murah dibandingkan harga yang diberikan penjual. Ecommerce juga menawarkan konsumen banyak pilihan produk atau jasa, dibandingkan pengalaman berbelanja secara offline, tanpa kendala menghadapi antrian di depan kasir, beban belanjaan barang-barang pilihan sampai kemacetan lalu lintas dari rumah ke tempat berbelanja. Ecommerce memberikan pengalaman berbelanja yang lebih nyaman dan tenang kepada konsumen.

Dari sudut pandang pelaku bisnis, ecommerce secara signifikan dapat memotong berbagai biaya yang berkaitan dengan pemasaran, layanan konsumen, pencetakan katalog dan sebagainya. Efisiensi biaya tersebut dapat dimanfaatkan pelaku bisnis untuk melakukan investasi atas kegiatan-kegiatan lainnya guna meningkatkan keuntungan bisnis.

Kelemahan ecommerce

Ecommerce berkaitan erat dengan pemanfaatan teknologi yang menyebabkan sejumlah orang merasa kesulitan dengan sistem ecommerce. Satu kelemahan nyata ecommerce adalah tidak semua orang terkoneksi dengan internet apapun alasan dibalik itu semua. Beberapa orang tidak pernah mau menggunakan internet untuk transaksi finansial mereka. Beberapa orang lainnya tidak begitu nyaman untuk bertransaksi dengan sistem (tidak berhadapan dengan sesama manusia)

Kelemahan lainnya adalah ecommerce mungkin belum bisa mengakomodir produk yang mudah rusak seperti makanan. Konsumen yang membeli pertama kali didasarkan pada “rasa penasaran”. Jika rasa makanan tidak sesuai kemungkinan besar konsumen tidak akan membeli lagi. Bahkan ia tidak akan merekomendasikannya ke teman mereka.

Orang lebih suka berbelanja secara konvensional untuk membeli makanan dan barang lainnya yang perlu dilihat atau disentuh sebelum dibeli.

Dengan demikian, ecommerce belum cocok untuk sektor bisnis seperti itu.

Dalam ecommerce, mungkin ada kalanya konsumen harus menunggu barang yang dipesan sampai ke rumah, dan hal ini dapat membuat ketidaknyamanan untuk sebagian konsumen.

Konsumen yang khawatir akan selalu menghubungi penjual melalui telpon atau email untuk menanyakan nasib pembeliannya.

Lebih jauh lagi, pengembalian produk yang tidak sesuai atau meminta uang kembali bisa lebih memakan waktu dibandingkan saat membeli sebuah produk.

Itulah Kelebihan dan Kekurangan Ecommerce

Sebuah strategi yang memadai dapat diterapkan untuk menghilangkan masalah teknis ecommerce. Salah satunya untuk menumbuhkan kepercayaan konsumen.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Promo Hari Buruh. Sepatu Untuk Pengendara Motor, All Bike Ap Boots Hanya Rp42.000,- Bayar DitempatBeli Sekarang