Investasi Kondotel Apakah Menguntungkan?


Investasi kondotel apakah menguntungkan? Mungkin Anda sudah mendengar dan mulai tertarik untuk berinvestasi kondotel. Dalam keraguan itulah mungkin Anda bertanya-tanya, apakah untung atau rugi. Keraguan umumnya muncul karena ada pilhan investasi lainnya, yaitu investasi apartemen.

Kondotel biasa disebut kondo. Istilah ini merupakan kependekan dari kondominium hotel. Atau Bahasa mudahnya adalah sebuah apartemen yang dijadikan hotel.

Itu sebabnya tidak terlalu beda dengan apartemen. Sebuah unit kondotel mempunyai banyak tipe dengan spesifikasi unit mencakup kamar mandi, ruang kerja, ruang santai, kamar tidur.

Kemunculan kondotel disebabkan pertumbuhan hotel yang tinggi. Umumnya keberadaan kondotel tidak jaug dari objek pariwisata misalkan Bandung, Bogor, Bali sampai Belitung. Kota-kota tujuan liburan wisatawan asing maupun lokal akan menjadi pilihan investasi kondotel.

Dibandingkan Apartemen, Investasi Kondotel Apakah Menguntungkan?

Fasilitas dalam sebuah kondotel cukup lengkap seperti restoran, spa, kolam renang, tempat rapat, pusat kebugaran, lokasi bermain anak. Fasilitas itu layaknya hotel berbintang. Lalu mana yang berbeda dibandingkan apartemen?

  • Kondotel merupakan sebuah unit apartemen yang sudah terisi lengkap. Jadi Anda tidak perlu lagi memikirkan perabotan yang harus diisi. Berbeda dengan apartemen dimana Anda harus mengisi perabotan unit apartemen yang dibeli.
  • Desain interior kondotel menjadi kuasa manajemen pengelola. Anda hanya bisa memilih, jika tidak suka jangan dibeli. Berbeda dengan apartemen dimana Anda bisa membuat desain interior sesuka hati.
  • Sebagai pemilik kondotel, Anda hanya bisa menggunakannya 7 kali dalam satu tahun. Berbeda dengan apartemen, Anda leluasa menggunakannya untuk disewakan atau dihuni sesuka hati atau bahkan diperjualbelikan.
  • Dari sudut pandang usaha, keuntungan sebuah kondotel memakai konsep bagi hasil dengan pengelola. Lazimnya pembagian keuntungan 70% untuk investor dan 30% untuk pengelola. Berbeda dengan apartemen, uang sewa sepenuhnya menjadi hak Anda.

Kapan Titik Impas Jika Investasi Kondotel?

Aspek penting dalam berinvestasi adalh estimasi balik modal. Sampai sini Anda sudah memahami perbedaan dasar antara kondotel dan apartemen. Investasi mana yang memberikan keuntungan lebih besar? Banyak pelaku bisnis property beranggapan investasi apartemen memberikan keuntungan lebih besar.

Ini dikarenakan kepemilikan apartemen itu pribadi. Dengan demikian selamanya akan menjadi properti milik Anda. Kepemilikan kondotel dibatasi untuk 30 tahun. Saat masa kepemilikan selesai, kondotel akan menjadi milik pengelola. Selain kepemilikan, dalam hal capital gain, nilai capital gain apartemen lebih tinggi disbanding kondotel.

Menyoal titik impas, investasi kondotel menjanjikan titik impas lebih cepat. Sebagai gambaran untuk investor kondotel di Bali bisa mendapatkan titik impas dalam waktu 2 tahun. Maksimal titik impas adalah 7 tahun. Lamanya titik impas bergantung dari lokasi kondotel. Jika lokasinya strategis, masa titik impas makin cepat berkisar 2 sampai 3 tahun.

Daya tarik investasi kondotel lainnya adalah pemberian ROI (return on investment) dengan nilai 8% per tahun untuk 3 tahun pertama. Dengan demikian seandainya Anda memiliki kondotel baru seharga Rp 800 juta, keuntungan per bulan setiap tahun adalah Rp64 juta.

Pendapat Anda Investasi Kondotel Apakah Menguntungkan?

Untuk jangka panjang investasi apartemen bisa dibilang lebih menguntungkan. Namun jika Anda memiliki dana berlebih untuk investasi tidak ada salahnya untuk berinvestasi di kondotel juga.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+