Contoh Proposal Usaha Rental Mobil Mudah

  • 1
    Share

Anda tertarik dengan usaha rental mobil? Jika ya, postingan ini akan membahas contoh proposal usaha rental mobil yang mudah untuk diterapkan.

Usaha rental bisnis merupakan bidang usaha yang sangat kompetitif. Itu sebabnya setiap pengusaha yang ingin merintis bisnis ini harus melewati studi fisibilitas yang memadai untuk meminimalisir resiko yang ada.

Apa Syarat Usaha Rental Mobil Agar Sukses?

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah niche dari rental mobil Anda. Akan baik jika Anda memahami niche yang ada misal sewa bulanan, tahunan atau harian dan pastikan niche bisnis mana yang Anda inginkan.

Kontrak bulanan atau tahunan biasanya untuk klien bisnis sedangkan sewa harian biasanya untuk konsumen individu.

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan untuk menjalankan usaha rental mobil adalah bagaimana mendapatkan mobil yang berkualitas. Pilihan yang ada adalah membeli atau leasing.

Untuk membeli tentu biayanya lebih besar ketimbang leasing.

Anda perlu memutuskan berapa banyak mobil yang dibutuhkan untuk memulai usaha rental mobil. Pertimbangan akan jumlah armada rental mobil adalah semakin banyak armada yang dimiliki semakin besar penghasilan usaha rental mobil Anda.

Mobil harus dirawat dengan baik dengan begitu Anda akan menikmati keuntungan. Anda bisa memutuskan apakah melakukan kerjasama perawatan mobil atau dilakukan sendiri.

Inilah contoh proposal usaha rental mobil yang mudah untuk dicoba:

Ulasan Industri

Usaha rental mobil diprediksi akan tumbuh seiring dengan pertumbuhan pengguna pesawat udara. Hal ini dipicu oleh pertumbuhan pendatapan perorangan. Usaha rental mobil skala besar akan lebih menguntungkan disbanding skala kecil karena mereka akan memiliki akses kerjasama dengan perusahaan penerbangan atau hotel. Sebuah akses yang mungkin tidak didapatkan usaha rental mobil skala kecil.

Pada umumnya pemain usaha rental mobil akan memberi leasing atau rental mobil kepada konsumen. Jasa rental mobil biasanya diberikan untuk masa berlaku 30 hari atau kurang. Sedangkan jasa leasing diberikan untuk waktu lebih lama seperti 12 bulan atau lebih.

Perusahaan rental mobil besar akan menciptakan brand awareness untuk menikmati keuntungan atas konsumen umum. Brand bisnis akan membantu perusahaan menjaga konsumen loyal. Hal ini akan menyulitkan usaha rental mobil rintisan yang baru untuk mendapatkan konsumen dan melakukan hal yang sama.

Perusahaan besar akan selalu memperbarui armada rental mobil untuk memenuhi keinginan konsumen. Sebuah “kekuatan” yang sulit ditandingi usaha rental mobil skala kecil.

Usaha rental mobil memang industri yang berkembang. Untuk konsumen perusahaan, per Januari 2015 sebanyak 400.000 unit mobil perusahaan berstatus sewa. Pertumbuhan pertahun bisnis ini adalah 15% yang sangat dipengaruhi oleh kehadiran perusahaan investasi asing di Indonesia.

Selain itu pertumbuhan industri wisata juga berpengaruh karena orang asing yang berlibur datang ke Indonesia akan membutuhkan transportasi sesuai budget mereka.

Pertumbuhan infrastruktur ecommerce menyebabkan tumbuh pesatnya sistem sewa mobil online. Kehadiran mekanisme online akan membuat konsumen semakin nyaman mengakses sebuah usaha rental mobil.

Sebuah usaha rental mobil akan menikmati keuntungan dan bertahan dari persaingan jika mampu mentarget konsumen dengan baik.

Contoh Proposal Usaha Rental MobilQuRent

MobilQuRent merupakan sebuah usaha rental mobil terdaftar yang akan terletak di Jakarta Pusat. Kami memilih lokasi usaha Jakarta Pusat karena tingginya kebutuhan transportasi untuk mendukung kebutuhan operasional perusahaan atau hiburan yang tumbuh pesat.

MobilQuRent akan mencakup rental mobil untuk liburan (termasuk mudik), bisnis, leasing, sampai jasa sharing. Kami memilih untuk melayani beberapa segmen konsumen pada lokasi usaha yang dipilih.

Kami merupakan jasa usaha rental mobil yang terlatih dan memiliki peralatan lengkap untuk segmen pasar pilihan. Meskipun tujuan kami memulai MobilQuRent menawarkan jasa tadi, kami akan membuka peluang bisnis baru lain selama tidak mempengaruhi bisnis intinya.

Melalui MobilQuRent berhasrat untuk mengejar kesempurnaan dan kesuksesan financial tanpa mengkompromikan pelayanan dan integritas. Itu sebabnya kami memutuskan usaha rental mobil sendiri. Kami hadir di industri ini untuk membangun identitas yang positif.

Kami sangat optimis bahwa nilai bisnis : “armada nyaman layanan berkualitas” akan memajukan usaha setinggi mungkin sekaligus menarik minat klien yang mendatangkan banyak keuntungan.

Kami adalah usaha yang akan mendedikasikan diri untuk membangun network terbaik pada klien dengan memberi nilai atas uang dan alasan kenapa mereka harus bekerjasama dengan kami.

Kami sadar bahwa untuk menjadi yang terdepan, layanan harus yang terbaik dan itulah yang akan kami lakukan. Tujuan utama usaha rental mobil kami adalah memposisikan MobilQuRent sebagai salah satu pemimpin brand usaha rental mobil di Indonesia dalam jangka waktu 10 tahun.

Mungkin ini terlalu ambisius, namun kami optimis meraihnya karena kami telah melakukan riset dan studi fisibilitas serta antusias dan percaya diri bahwa Jakarta merupakan lokasi yang tepat untuk memulai usaha rental mobil.

Kebutuhan klien akan menjadi focus kami, dan semua yang kami lakukan akan dipandu oleh “nilai usaha” dan etika professional berbisnis. Kami menjamin bahwa kami selalu akuntabel dengan memenuhi permintaan klien berdasarkan pendekatan kualitatif dan efektif. Kami akan menciptakan suasana kerja yang manusiawi, pendekatan berkelanjutan untuk meraih penghidupan layak di dunia untuk rekan bisnis, karyawan dan klien.

MobilQuRent dimiliki dan dikelola oleh Okto Notordinaryblogger dan beserta anggota keluarganya. Dia merupakan pribadi yang mumpuni di industri otomotif di Jakarta. Selain usaha rental mobil baru itu, keluarganya memiliki bisnis dealer otomotif dan bengkel di Jakarta.

Penawaran Jasa Usaha Rental Mobil

MobilQuRent merupakan usaha rental mobil berlisensi yang menawarkan beragam layanan dalam industri rental mobil maupun jasa tambahan lainnya. Kami ingin memberi konsumen semua alasan untuk selalu menggunakan jasa MobilQuRent. Itu sebabnya layanan bisnis kami akan selalu fleksibel.

Niat kami memulai usaha rental mobil adalah untuk bersaing sehat dan menghasilkan keuntungan sesuai regulasi yang berlaku. Layanan jasa usaha rental mobil kami akan mencakup antara lain:

  • Jasa rental mobil liburan
  • Jasa rental mobil perusahaan
  • Jasa leasing mobil
  • Jasa sharing mobil

Visi Usaha Rental Mobil

Visi kami untuk menjadi nomor satu di bidang usaha rental mobil di Jakarta dengan kehadiran di kota besa lain di Indonesia.

Misi Usaha Rental Mobil

Misi kami adalah untuk membangun usaha rental mobil yang menguntungkan mengedepankan layanan untuk komunitas dan menjadi standar layanan rental mobil secara nasional. Kami juga ingin menjalankan program waralaba dengan usaha rental mobil ini.

Struktur Bisnis

Kami menyadari bahwa kesuksesan bisnis ada pada pondasi berdirinya bisnis. Itu sebabnya kami memutuskan untuk mendirikan usaha rental mobil pada pondasi yang tepat. Kami ingin mendirikan usaha rental mobil yang bersang dengan brand terdepan seperti RentalMu, RentalMurah, RentalAsik sekaligus menjadi standar rental mobil di Indonesia.

Kami ingin membangun usaha yang terdiri dari karyawan berdedikasi yang akan menjamin kepuasan konsumen. Itu sebabnya kami menyadari bahwa struktur bisnis dan karyawan yang tepat harus diraih. Kami akan menempatkan struktur bisnis dan standar operating procedure (SOP) yang akan memandu kami memberikan pelayanan prima dan menjalankan bisnis secara otomatis. Kesuksesan utama usaha rental mobil kami akan didasarkan pada kerjasama tim bukan individu.

Dengan cakupan layanan yang diberikan, kami akan merekrut jumlah karyawan yang memadai untuk menjalankan berbagai peran kerja di MobilQuRent.

Sebagai upaya untuk memaksimalkan biaya operasional, kami akan melakukan kontrak pihak ketiga untuk perawatan kendaraan. Kami tidak ingin melakukan perawatan sendiri saat merintis bisnis. Jika usaha rental mobil sudah mulai berkembang dan stabil, kami akan mendirikan bagian khusus perawatan kendaraan secara mandiri.

MobilQuRent akan mempekerjakan para professional untuk beragam posisi seperti:

  • Manajer (pemilik usaha)
  • Akuntan/Cashier
  • Marketing dan Sales Executive
  • Client Service Executive
  • Pencuci Mobil
  • Supir

Peran dan Tanggung Jawab

Manajer (Pemilik)

  • Bertanggung jawab memimpin bisnis
  • Membuat, menerapkan, mengkomunikasikan vis, misi, dan semua arahan organisasi misal memimpin perkembangan dan menerapkan seluruh strategi organisasi.
  • Bertanggung jawab untuk menandatangani kesepakatan bisnis, pembayaran gaji dan menyesuaikan harga.
  • Bertanggung jawab untuk menandatangani cek dan dokumen atas nama perusahaan
  • Mengevaluasi perkembangan usaha
  • Bertanggung jawab mengatur aktivitas harian organisasi
  • Memastikan bahwa fasilitas ada pada kondisi prima dan cukup kondusif untuk melayani konsumen
  • Menyiapkan dana dan laporan untuk organisasi
  • Menentukan posisi kerja untuk rekrutmen dan mengatus proses wawancara
  • Bertanggung jawab untuk kelancaran kerja HRD dan tugas administratif perusahaan
  • Merancang deskripsi pekerjaan untuk meningkatkan kinerja karyawan
  • Melakukan meeting rutin dengan pemangku kepentingan untuk mengevaluasi efektivitas kebijakan usaha, proses dan prosedur yang diterapkan.
  • Menjaga pasokan usaha dengan memeriksa persediaan, pemenuhan pesanan dan evaluasi produk baru
  • Memastikan semua perlengkapan berfungsi dengan memenuhi perawatan dan perbaikan yang diperlukan
  • Bertanggung jawab untuk training, penilaian dan evaluasi karyawan
  • Memeriksa kelancaran aktivitas harian organisasi

Marketing dan Sales Executive

  • Identifikasi, fokus dan mencari klien baru dan peluang usaha
  • Identifikasi peluang perkembangan, mengikuti perkembangan penjualan dan kontak, berpartisipasi dalam membangun dan membiayai proyek, memastikan penyelesaian proyek
  • Membuat dokumen proposal yang sempurna, negosiasi biaya dan harga sesuai kebijakan perusahaan
  • Bertanggung jawab untuk menangani riset bisnis, survey pasar dan studi kelayakan untuk klien
  • Bertanggung jawab mengawasi penerapan kebijakan, membantu kebutuhan konsumen dan berkoordinasi dengan klien
  • Mengembangkan, melaksanakan, dan mengevaluasi rencana baru untuk meningkatkan penjualan
  • Mendokumentasikan seluruh kontak dan informasi konsumen
  • Mewakili MobilQuRent dalam meeting strategis
  • Membantu meningkatkan penjualan dan pertumbuhan MobilQuRent

Accountant / Cashier

  • Bertanggung jawab menyiapkan laporan keuangan, anggaran dan pernyataan keuangan untuk organisasi, melakukan riset pasar untuk memprediksi tren dan perkembangan bisnis
  • Menyediakan analisa keuangan untuk manajemen, perkembangan anggaran, laporan akuntansi, analisa fisibilitas financial untuk proyek kompleks
  • Bertanggung jawab untuk prediksi keuangan dan analisa resiko
  • Melakukan pembayaran tunai, dan laporan keuangan organisasi
  • Bertanggung jawab untuk mengembangkan dan mengatur mekanisme keuangan dan kebijakan keuangan
  • Mengelola pembayaran gaji
  • Ketaatan pada aturan pajak
  • Menangani semua transaksi financial MobilQuRent
  • Bertindak sebagai auditor internet MobilQuRent

Client Service Executive

  • Mengawasi lokasi mobil sewaan oleh klien melalui alat pelacak
  • Menyambut klien dan pengunjung dengan ramah baik langsung maupun via telepon
  • Memastikan semua komunikasi dengan klien dilakukan dengan personalisasi setinggi mungkin
  • Melalui interaksi telepon, menggunakan semua peluang untuk membangun minat kllien atas produk dan jasa perusahaan
  • Mengelola tugas administratif yang ditugaskan manajer dengan efektif dan efisien
  • Selalu tanggap atas informasi baru atas produk organisasi, materi promosi untuk memastikan penyampaian informasi yang akurat kepada klien

Pencuci Mobil

  • Bertanggung jawab mencuci, merawat dan menjaga keindahan kendaraan baik luar maupun dalam
  • Menangani layanan yang melibatkan kebersihan kendaraan mulai dari roda, jendela, velg, termasuk interior maupun eksterior mobil
  • Membersihkan kendaraan setiap konsumen selesai menggunakan dan membersihkan lokasi pencucian
  • Menjaga lokasi pencucian tetap bersih
  • Memastikan bahwa sabun cuci mobil tidak habis stok
  • Mengerjakan tugas lain dari manajer

Supir

  • Bertanggung jawab mengemudi, parkir dan mengendarai kendaraan sesuai aturan
  • Bersikap baik dan sopan mewakili organisasi
  • Mengerjakan tugas lain dari manajer

Proposal Usaha Rental Mobil – Analisa SWOT

Usaha rental mobil merupakan salah satu bisnis yang mudah menghasilkan penjualan selama dikelola dengan baik.

Kami mengembangkan layanan bisnis rental mobil standar dengan ragam layanan tambahan. Itu sebabnya kami memutuskan untuk membahas ide bisnis kedalam analisa SWOT.

Umumnya kita bisa sukses menjalankan usaha rental pada umumnya tanpa beban rumit. Namun demikian, jenis usaha rental mobil yang dimulai dengan modal besar sebaiknya mengikuti prosedur proposal yang baik.

Dalam hal analisa SWOT bisa dilakukan sendiri. Namun mayoritas analisa ini dilakukan dengan menyewa jasa ahli. Sebagai gambaran berikut inilah analisa SWOTnya

Strength (Kekuatan)

Terlepas dari jumlah armada yang banyak dan mobil keluaran terbaru yang ditawarkan, MobilQuRent berlokasi di pusat Ibu Kota. Lokasi ini menjadi fakta akan kekuatan usaha rental mobil.

Kekuatan lain yang masuk hitungan adalah tim kerja, karyawan dan manajemen. Kami memeiliki tim yang professional dalam industri rental mobil. Tim pekerja keras dan individu yang penuh dedikasi.

Weakness (Kelemahan)

MobilQuRent merupakan bisnis rintisan yang dimiliki oleh keuarga (bisnis keluarga). Kami mungkin tidak memiliki modal kuat untuk menjalankan promosi besar-besaran. Sebagai bisnis baru, kami sadar akan membutuhkan waktu untuk mendapatkan kepercayaan konsumen.

Opportunities (Peluang)

Kami terletak di pusat Ibu Kota salah satu sentral aktivitas. Kami membuka semua peluang yang ditawarkan di kota besar. Konsep usaha kami juga menempatkan kami sebagai pusat rental mobil lengkap untuk industri ini.

Faktanya bahwa tidak ada standar yang tersedia dan rental mobil yang lengkap di area ini. Lokasi rental mobil terdekat berjarak 5 km. Secara mudah, kami tidak memiliki pesaing langsung.

Threat (ancaman)

Beberapa ancaman yang mungkin datang adalah kebijakan pemerintah, fluktuasi musiman, masalah sosial, resesi ekonomi yang akan mempengaruhi belanja konsumen. Selanjutnya tentu kemungkinan munculnya pesaing baru dalam lokasi berdekatan.

Proposal Usaha Rental Mobil – Analisa Pasar

Tren Pasar

Jika Anda mengikuti perkembangan industri rental mobil mungkin tersadar bahwa kini banyak konsumen melakukan pemesanan via mobile, atau online. Penggunaan aplikasi rental mobil seperti wajib hukumnya.

Tidak diragukan lagi bahwa pengguna transportasi udara menjadi pasar utama. Pertumbuhan di industri penerbangan menjadi faktor penting untuk kemajuan usaha rental mobil.

Industri rental mobil juga terus berkembang seiring dengan perbaikan kondisi ekonomi yang mendorong bertambahnya penghasilan konsumen. Perusahaan besar akan menjaga keuntungan komparatifnya terhadap perusahaan kecil melalui kerjasama strategis dengan maskapai penerbangan dan hotel.

Tren di usaha rental mobil akan mudah berkembang seiring dengan kemajuan industri wisata maupun penerbangan.

Target Pasar

Sebelum memilih lokasi untuk usaha rental mobil, kami melakukan studi kelayakan dan survey pasar. Kami mampu mengidentifikasi siapa yang akan membutuhkan jasa layanan kami. Pada dasarnya konsumen kami adalah keluarga dalam rumah tangga, agen perjalanan, hotel, perusahaan dan sebagainya

Demografi konsumen rental mobil menyebar dari sektor publik sampai swasta dan semua kalangan.

Berikut ini merupakan daftar konsumen yang sesuai untuk layanan usaha kami.

  • Agen Perjalanan Wisata
  • Sektor Swasta
  • Rumah Tangga
  • Pejabat perusahaan
  • Pengusaha
  • Hotel
  • Pelajar

Keunggulan Kompetitif

Layanan rental mobil merupakan usaha yang mudah dimulai tanpa membutuhkan pelatihan khusus. Semua orang dapat memulai usaha rental mobil. Ini berarti bahwa kemungkinan munculnya usaha pesaing sangatlah besar. Kami menyadari hal ini, itu sebabnya kami mengedepankan konsep bisnis. Konsep bisnis ini akan menempatkan kami menjadi nomor satu.

Keunggulan kami adalah sebagai usaha rental mobil standar dengan armada nyaman dan harga terjangkau. Kemudian tim yang solid, karyawan dan manajemen professional.

Saat ini MobilQuRent tidak memiliki pesaing langsung yang dapat menandingi layanan yang diberikan kepada konsumen. Divisi layanan konsumen akan selalu menyesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Terakhir, seluruh karyawan kami akan diperhatikan. Kami memiliki paket kesejahteraan terbaik untuk kategori usaha rental mobil rintisan. Ini akan membuat karyawan nyaman untuk bekerja dengan kami mencapai visi dan misi bersama.

Proposal Usaha Rental Mobil – Strategi Marketing dan Penjualan

Strategi Marketing MobilQuRent akan dipandu oleh kondisi kendaraan, kenyamaan interior, kualitas layanan konsumen, kejujuran, dan keramahan karyawan.

Kami akan menjadin bahwa fokus utama adalah loyalitas konsumen. Kami ingin menciptakan penjualan berdasarkan kualitas layanan dan rekomendasi konsumen yang puas.

Lokasi strategis akan kami maksimalkan untuk meningkatkan akses konsumen kepada usaha kami.

Tim marketing akan direkrut berdasarkan pengalaman mereka dan mereka akan dilatih secara rutin untuk memastikan capaian target usaha. Tujuan kami adalah menjadi terdepan di rental mobil. Itu sebabnya kami membuat strategi yang akan memandu mewujudkannya. Strategi itu adalah sebagai berikut:

  • Mengenalkan usaha rental mobil dengan mengirimkan surat perkenalan dan brosur ke perusahaan, agen perjalanan wisata, rumah-rumah dan pihak potensial lainnya di sekitar lokasi usaha.
  • Mencetak kartu nama dan menempatkannya di lokasi strategis seperti kantor, perpustakaan, fasilitas publik, bandara, dan stasiun kereta.
  • Memanfaatkan teman untuk menyebarluaskan informasi usaha
  • Memasang iklan seperlunya di Koran atau media publikasi lokal lainnya
  • Menghadiri seminar terkait
  • Bergabung di Kadin setempat
  • Kami perlu hadir secara online mulai dari membuat facebook fanpage, sampai membuat blog yang menerapkan tips belajar SEO. Blog atau website memastikan bahwa usaha rental mobil kami mudah dijangkau konsumen.

Sumber Pendapatan

Selain rental mobil, MobilQuRent akan membuka usaha cuci mobil dan aksesoris untuk menarik minat konsumen korporat sampai individu. Dalam hal rental mobil, sumber pendapatan akan berasal dari layanan:

  • Rental mobil liburan
  • Rental mobil perusahaan
  • Layanan leasing
  • Layanan sharing

Prediksi Penjualan

Satu hal yang pasti bahwa aka nada organisasi perusahaan dan klien individu yang membutuhkan jasa rental mobil.

Kami dalam posisi yang baik untuk mengambil pasar di Jakarta Pusat. Kami optimis pasar tersebut dapat memenuhi target penjualan yang ditetapkan mulai dari enam bulan pertama beroperasi. Kami juga optimis dapat mengembangkan usaha rental mobil termasuk basis konsumennya.

Kami mampu secara kritis memeriksa pasar rental mobil. Kami telah menganalisa peluang usaha dalam industri ini. Atas dasar hal tersebut kami telah mampu untuk menghadirkan prediksi penjualan ini. Prediksi penjualan didasarkan pada informasi dilapangan dan beberapa asumsi yang merujuk pada bisnis rintisan sejenis di Jakarta Pusat.

Berikut inilah prediksi penjualan dari MobilQuRent. Hal tersebut didasarkan pada lokasi usaha dan cakupan luas jasa yang disediakan;

  • Tahun pertama Rp 250.000.000,-
  • Tahun kedua Rp 550.000.000,-
  • Tahun ketiga Rp 1.000.000.000,-

Catatan: proyeksi ini dilakukan berdasar apa yang bisa diraih dalam usaha rental mobil dengan asumsi tidak akan terjadi krisis ekonomi termasuk tidak ada kompetisi langsung di lokasi yang sama. Harap dipahami bahwa prediksi itu bisa saja lebih rendah ataupun lebih tinggi pada kenyataannya.

Strategi Penetapan Harga

Kami menerapkan strategi harga yang didasarkan pada kebiasaan umum industri usaha rental mobil. Kami tidak mau memasang harga tinggi kecuali untuk layanan premium atau sesuai pesanan konsumen. Kami juga tidak akan membanting harga untuk memenangkan kompetisi di Jakarta Pusat.

Maka dari itu, sesekali kami akan memberikan diskon. Potongan harga juga akan diberikan untuk konsumen setia saat mereka merekomendasikan klien baru kepada kami. Harga layanan rental mobil kami akan sama dengan yang sudah ada di pasaran.

Pilihan Pembayaran

Pembayaran di MobilQuRent akan mencakup semuanya karena kami menyadari klien akan memilih beragam cara pembayaran yang sesuai dengan pekerjaan atau bisnis mereka. Inilah opsi pembayaran yang akan disediakan untuk konsumen kami:

  • Pembayaran melalui transfer bank
  • Pembayaran online banking
  • Pembayara melalui check
  • Pembayaran melalui bank draft
  • Pembayaran kartu kredit
  • Pembayaran melalui paypal
  • Pembayaran tunai

Kami memilih metode pembayaran bank yang akan membantu pencapaian tujuan tanpa masalah. Rekening bank akan dipublikasikan melalui website ataupun materi promosi lainnya sehingga klien mudah mengetahui untuk melakukan pembayaran jika diperlukan.

Proposal Usaha Rental Mobil – Strategi Iklan

MobilQuRent terbentuk untuk membuat standar bagi industri rental mobil di Jakarta Pusat. Itu sebabnya kami akan berusaha sebaik mungkin menerapkan layanan terbaik sebagai basis promosi usaha kami.

Tantangan yang akan dihadapi usaha rental mobil dalam strategi iklan adalah kurang proaktif. Tentu saja kami tidak akan melakukan hal itu. Kami akan proaktif dalam hal kampanye iklan yang efektif.

Kami akan pastikan bahwa kami memberikan daya tawar atas semua materi iklan konvensional maupun non konvensional untuk promosi usaha rental mobil. Inilah beberapa media yang akan digunakan untuk meningatkan daya tawar promosi MobilQuRent:

  • Terus mengajak konsumen setia membantu kami menawarkan usaha kepada kerabat terdekatnya
  • Mengiklankan usaha rental mobil di majalah, Koran lokal, TV lokal, dan radio lokal yang relelvan.
  • Membuat blog atau website untuk promosi online
  • Memasukan usaha dalam daftar usaha lokal (yellow pages)
  • Menjadi sponsor atas kegiatan komunitas yang relevan
  • Meningkatkan awareness melalui media social seperti facebook, instagram, twitter dan sebagainya
  • Memasang papan iklan di lokasi strategis sekitar Jakarta Pusat
  • Daya tawar melalui kupon diskon yang dikirim via surat
  • Bergabung dalam road show dengan komunitas terkait
  • Menyebarkan pamphlet di sekitar lokasi usaha
  • Memastikan semua staf memakai kaos brand usaha termasuk semua armada yang dilengkapi materi promosi yang sesuai.

Anggaran Usaha

Kami mampu menghasilkan uang yang cukup untuk sukses memulai usaha rental mobil dengan armada nyaman dan terpercaya. Daya tawar akan ditingkatkan dengan mekanisme leasing ketimbang beli tunai untuk pengadaan armada. Langkah selanjutnya untuk mengurangi biaya operasi kami akan memakai mekanisme kontrak pihak ketiga untuk maintenance armada rental mobil.

Inilah wilayah utama dimana kami akan menghabiskan anggaran awal dalam memulai usaha rental mobil:

  • Biaya pendaftaran usaha Rp 7.500.000,-
  • Biya perijinan usaha Rp 15.000.000,-
  • Biaya iklan Rp 40.000.000,-
  • Biaya konsultan bisnis Rp 20.000.000,-
  • Asuransi (umum, kompensasi karyawan dan property) Rp 650.000.000,-
  • Biaya software akunting, pelacak mobil, dan payroll Rp 30.000.000,-
  • Biaya leasing kantor Rp 250.000.000,-
  • Biaya renovasi fasilitas Rp 700.000.000,-
  • Biaya operasional lainnya termasuk ATK Rp 10.000.000,-
  • Biaya komunikasi dan rutin bulanan (deposit) Rp 35.000.000,-
  • Biaya operasional awal 3 bulan pertama (gaji karyawan, bensin, perawatan, tagihan bulanan) Rp 2.500.000.000,-
  • Biaya perlengkapan topo (mesin kasir, keamanan, ventilasi, dsb) Rp 130.000.000,-
  • Biaya beli furniture dan gadget (komputer, printer, telpon, TV, mesin kartu kredit, meja kursi, dsb) Rp 40.000.000,-
  • Biaya website promosi Rp 6.000.000,-
  • Biaya opening bisnis Rp 60.000.000,-
  • Lainnya Rp 100.000.000,-

Kami perkirakan akan membutuhkan sekitar Rp 6 Milyar untuk sukses membuat usaha retal mobil MobilQuRent di Jakarta Pusat.

Mencari Dana MobilQuRent

MobilQuRent merupakan bisnis yang akan dimiliki oleh Okto Kurenta dan keluarga. Merekalah satu-satunya sumber pendanaan bisnis. Itu sebabnya mereka membatasi sumber pendanaan kepada tiga sumber utama.

Inilah ketiga sumber pendanaan bisnis tersebut:

  • Mendapatkan modal awal bisnis rintisan dari tabungan pribadi dan penjualan saham
  • Mendapatkan modal awal bisnis dari teman atau anggota keluarga besar
  • Mendapatkan bagian besar modal dari bank (kredit usaha)

Catatan: Dari tabungan personal terkumpul Rp 500.000.000, kemudian sedang dalam proses final mendapatkan kredit usaha sebesar Rp 2 milyar dari bank. Semua dokumen sudah ditandatangani dan diserahkan. Kredit akan segera dicairkan kepada rekening kredit bank kami.

Proposal Usaha Rental Mobil – Strategi Pengembangan Usaha

Merupakan sebuah fakta bahwa masa depan usaha rental mobil bergantung pada konsumen setia yang dimilikinya. Kapasitas dan kompetensi dari karyawan, strategi investasi dan struktur bisnis juga berpengaruh. Jika faktor tadi tidak ada dalam bisnis rental mobil, maka usaha itu tidak akan bertahan lama.

Salah satu tujuan utama kami memulai MobilQuRent adalah untuk membangun bisnis yang dapat bertahan dengan sendirinya tanpa perlu suntikan dana tambahan setelah usaha ini berjalan.

Kami menyadari bahwa satu cara untuk mendapatkan konsumen setia adalah dengan menawarkan harga yang lebih rendah dari pasaran. Untuk itu kami siap untuk bertahan dengan margin profit rendah untuk beberapa saat.

MobilQuRent akan memastikan pondasi bisnis yang tepat, standar yang terbaik, termasuk standar operating prosedur untuk memastikan karyawan mendapat perhatian yang baik. Budaya perusahaan kami dirancang untuk membawa usaha ke tahapan tertinggi dengan pelatihan berkelanjutan untuk karyawan sebagai salah satu strategi bisnis teratas.

Lebih lanjut lagi, pengaturan sharing keuntungan akan dibuat untuk semua staf manajemen berdasarkan pada kinerja mereka lima tahun terakhir atau lebih yang didasarkan keputusan organisasi perusahaan.

Kami memahami jika itu semua dapat dilaksanakan, kami akan mampu menyewa SDM terbaik di industri rental mobil. Karyawan pun akan lebih berkomitmen untuk membantu usaha rental mobil meraih targetnya.

Daftar Kemajuan Proses Usaha

  • Pemeriksaan ketersediaan Nama Usaha : Selesai
  • Pendaftaran usaha : Selesai
  • Pembukaan rekening usaha: Selesai
  • Pembuatan rekening paypal : Selesai
  • Pembukaan rekening online banking: Selesai
  • Pengadaan mesin kartu kredit: Dalam proses
  • Pendaftaran nomor wajib pajak : Dalam proses
  • Pendaftaran ijin usaha : Selesai
  • Pengurusan asuransi : Selesai
  • Pengadaan fasilitas dan renovasi : dalam Proses
  • Menjalankan studi kelayakan : Selesai
  • Mendapatkan modal dari kerabat: Selesai
  • Mendapatkan kredit usaha dari bank: Dalam Proses
  • Membuat proposal usaha rental mobil: Selesai
  • Menyusun SOP Karyawan: Selesai
  • Menyusun dokumen kontrak ataupun dokumen hukum lainnya: Dalam poses
  • Mendesain logo bisnis : Selesai
  • Menyusun materi promosi : Dalam Proses
  • Rekrutmen karyawan : Dalam Proses
  • Membeli mesin pressure cuci mobil dan perlengkapan lainnya: Dalam Proses
  • Membuat blog atau website : Selesai
  • Membuat perayaan pembukaan usaha : Dalam Proses
  • Menjalin kerjasama bisnis dengan beberapa vendor seperti servis mobil, dealer mobil, SPBU, dsb: Dalam Proses

Buat Proposal Usaha Rental Mobil Anda

Itulah sebuah contoh proposal usaha rental mobil yang siap memberikan gambaran untuk Anda. Semua informasi dalam proposal ini hanyalah imajinasi penulis untuk mempermudah pemahaman Anda. Untuk akurasi tentu sebaiknya Anda membuatnya dengan lebih faktual sesuai kondisi sebenarnya.

Notordinaryblogger juga menyediakan contoh proposal binsis kafe sederhana untuk Anda yang berminat. Semoga bermanfaat.


  • 1
    Share
  • 1
    Share

4 Comments

  1. Arda Pratama September 6, 2016
  2. dwie September 25, 2016
  3. Ferry Desember 12, 2016
    • Okto Desember 16, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+