Cara Mulai Bisnis Dropship Untuk Pemula

Cara mulai bisnis dropship ini akan cocok sekali untuk Anda yang sudah memiliki minat berjualan namun masih belum yakin karena tidak memiliki produk sendiri. Ya, memang benar. Penulis yakin cukup banyak dari Anda yang sudah memiliki modal, tekat dan semangat untuk berjualan karena mungkin mendengar kisah sukses orang lain. Namun kendala terbesarnya adalah saya tidak punya produk, saya tidak punya barang untuk dijual. Bagaimana bisa memulai bisnis berjualan tanpa barang untuk dijual?

Inilah peran dari peluang bisnis drosphip. Istilah bisnis ini sudah mulai menjamur sekarang, namun karena perkembangan ecommerce itu sangat dinamis, kreativitas Andalah yang akan menentukan apakah Anda sukses menjadi dropshiper atau tidak.

Dropship memiliki makna sebuah proses bisnis dimana Anda menjual produk pihak lain kepada konsumen dan produk itu terjual atas nama Anda bukan pihak ketiga (yang membuat produk). Kok aneh? Sebenarnya ini hanyalah bentuk marketing sederhana. Pemilik barang (produsen) tentu terbantu dengan penjualan yang Anda ciptakan karena dia menghemat biaya marketing produknya. Sebagai kompensasinya, Anda mendapatkan komisi atas setiap penjualan itu.

Melalui bisnis dropship ini konsumen hanya tahu jika barang itu merupakan milik Anda (brand usaha Anda terjaga dalam sistem dropship ini). Keunggulan lain dari cara mulai bisnis dropship untuk pemula ini adalah hampir 90% proses penjualan ditangai produsen barang, bukan Anda. Proses penjualan yang dimaksud mulai dari penyimpanan barang, perawatan barang dagangan, pengemasan barang, sampai pengiriman barang ke tangan konsumen.

10% dari proses penjualan ada ditangan Anda antara lain memasarkan produk ke konsumen, menjaga hubungan dengan konsumen, menghadapi komplain konsumen, menerima pembayaran dari konsumen dan mengirimkan uang pembayaran produk konsumen kepada produsen barang sesuai harga yang diperjanjikan.

Perbedaan Utama Dropship dengan Reseller dan Afiliasi

Dropship vs Reseller

Perbedaan utama model bisnis ini adalah dalam hal penyetokan barang, deposit uang, handle pengiriman barang (Anda menangani 75% proses penjualan dengan mekanisme reseller).

Keuntungan utama reseller dibandingkan dropship adalah Anda mengetahui dengan pasti kondisi barang dan jumlah stok barang dagangan karena ada dalam penguasaan Anda setelah melakukan deposit sejumlah uang.

Kerugiannya tentu saja Anda harus punya ruang stok barang, modal awal lebih besar untuk mendapatkan stok barang, menangani sendiri proses pengiriman, dsb

Dropship vs Afiliasi

Perbedaan utama model bisnis ini adalah dalam hal penanganan proses penjualan. Dalam afiliasi Anda hanya melakukan 5% proses penjualan antara lain mempromosikan produk, menjelaskan detil produk kepada konsumen, dan menghadapi komplain konsumen. Sebanyak 95% dari proses penjualan ada di tangan produsen.

Keunggulan utama dari mekanisme afiliasi adalah kepraktisannya. Bahkan secara online, Anda cukup berbagi link afiliasi (link khusus) yang bisa dibagikan melalui blog, whatsapp, smartphone, facebook dsb.

Kerugian utamanya adalah sulit mendapatkan konsumen tetap. Konsumen pertama Anda akan menyadari bahwa Anda bukan pelaku usaha sebenarnya (produsen), jadi kemungkinan terbesarnya konsumen menghentikan transaksi dengan Anda setelah beberapa saat.

Cara Mulai Bisnis Dropship Paling Unggul

Jika melihat perbandingan dropship dengan reseller dan afiliasi, bisa dikatakan dropship paling menguntungkan karena beberapa hal:

  • Modal awal tidak besar (kebanyakan lebih pada pembuatan media promosi seperti brosur, website atau blog)
  • Dapat dilakukan secara online (semakin mudah karena proses promosi berjalan 24 jam)
  • Brand bisnis Anda bisa berkibar
  • Anda mendapatkan pelanggan tetap
  • Tidak perlu ruang besar (dropship online cukup sebuah laptop, koneksi internet, komunikasi telepon)
  • Anda akan banyak belajar strategi pemasaran, menghadapi konsumen, menjaga relasi bisnis. Sebuah komponen penting untuk menjadi pengusaha sukses.

Dari semua keuntungan yang diungkap penulis menitikberatkan brand bisnis sebagai yang utama. Kenapa demikian? Karena sebuah riset (dari sumber yang dulu penulis pernah baca, tapi lupa asalnya) bahwa konsumen sebenarnya membeli brand. Ini berarti saat konsumen membeli sebuah produk, sebenarnya ia tidak melihat harga, model atau lainnya melainkan brand.

Meskipun alasan konsumen harga, model dsb, tanpa disadari pada akhirnya brand akan melekat pada konsumen. Itu sebabnya penting untuk membangun brand bisnis saat Anda menerapkan cara mulai bisnis dropship untuk pemula. Kualitas layanan, kualitas barang, dan tampilan bisnis akan membentuk brand bisnis Anda semakin melekat di hati konsumen yang ujungnya membangun kesetiaan konsumen. Pada kondisi inilah bisnis Anda akan berkibar.

Sudah paham sekarang betapa besarnya peluang bisnis dropship jika Anda ingin merintis dagang tanpa memiliki produk untuk dijual. Sekarang bagaimana cara memulai bisnis dropship ini?

Menyeleksi Supplier

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyeleksi supplier yang terbaik untuk mendukung reputasi bisnis dropship Anda. Ingat bukan bahwa 10% dari proses penjualan yang menjadi tanggungjawab Anda adalah menghadapi keluhan konsumen?

Konsumen akan komplain kepada Anda jika barang pesanan tidak sesuai, terlambat tiba, atau mungkin rusak. Sebagai pengusaha dropship, tentu Anda memiliki keterbatasan karena Anda sama sekali tidak menangani hal itu semua. Jika supplier Anda tidak memiliki performa yang baik, Anda sebagai pengusaha dropship akan terkena imbasnya. Brand bisnis Anda akan rusak.

Itu sebabnya penting sekali untuk menyeleksi supplier terbaiknya. Cara termudah mendapatkan supplier misalnya dengan memantau tokopedia, lazada, sampai kaskus untuk mendapatkan supplier dengan reputasi baik. Selanjutnya Anda perlu menjaga hubungan yang positif dengan supplier itu agar nama baik Anda pun terus positif dimata konsumen.

Pilih Media Toko

Maksud dari media toko ini adalah Anda harus menyiapkan sebuah “toko” untuk memajang barang-barang produsen yang Anda tawarkan kepada konsumen. Media ini bisa saja berbentuk facebook fanpage atau bahkan blog personal sampai website toko online.

Keberadaan media ini akan membantu Anda karena tugas utama Anda hanyalah mendatangkan konsumen ke media tadi dan menunggu transaksi penjualan tercipta.

Semakin baik media yang Anda siapkan tentu hasilnya akan maksimal

Penulis sangat menyarankan cara mulai bisnis dropship untuk pemula dilakukan secara online. Kenapa demikian, karena dapat berjalan selama 24 jam menangkap minat konsumen. Selain itu eksistensi online dapat berfungsi juga sebagai humas bisnis Anda.

Mulai bisnis dropship secara online setidaknya dapat dilakukan dengan facebook fanpage atau toko online (baik blog atau website).

Tidak sulit membuat facebook fanpage. Sudah ada bahasan khusus hal ini sebelumnya, silahkan lihat cara membuat facebook fanpage.

Beberapa contoh memanfaatkan facebook fanpage untuk toko online seperti ini:

Contoh 1:

 

Contoh 2:

Dari ilustrasi tersebut, terdapat kesamaan utama yaitu fanpage yang mencantumkan link toko online. Memang itulah cara paling efektif mendatangkan pembeli Anda. Sebuah toko online tentu akan semakin meyakinkan calon konsumen untuk mau bertransaksi dengan Anda.

Jika Anda berminat membuat toko online pastikan untuk menghindari yang gratisan. Tujuannya hanya satu, branding. Usaha tanpa branding ibarat sayur tanpa garam, terasa hambar. Masih ingat kan konsumen itu membeli brand, bukan produk?

Tidak perlu khawatir, kini membuat toko online tidak semahal dulu. Bahkan beberapa penyedia hosting dan domain menawarkan biaya per bulan yang sangat terjangkau dengan nama domain gratis selamanya selama Anda memakai hosting tersebut.

Salah satu penyedia hosting ternama Indonesia, niagahoster bahkan memberikan harga hosting Rp 14.900 per bulan dengan nama domain gratis selama Anda memakai hosting itu.

Dengan harga seperti itu, kemudian tidak perlu modal untuk setok barang dagangan, bisa dibayangkan bukan? Betapa mudahnya untuk Anda mewujudkan cara mulai bisnis dropship untuk pemula ini.

Penyedia hosting itu menyediakan panduan membuat toko online dengan wordpress maupun weebly. Dengan platform weebly bahkan dapat dilakukan dalam 15 menit saja.

Cara membuat toko online weebly bisa dilihat disini

Cara membuat toko online wordpress bisa dilihat disini

Tujuan utama sebuah toko online untuk Anda seorang dropshiper adalah untuk menunjukkan keseriusan Anda sebagai penjual. Dengan adanya fanpage, kemudian website toko online, tentu calon pembeli akan semakin yakin jika Anda memang serius berjualan.

Siap Terapkan Cara Mulai Bisnis Dropship untuk Pemula Ini?

Sampai sini bagaimana? Sudah siap menerapkan cara mulai bisnis dropship untuk pemula ini? Bisnis dropship merupakan solusi bagi Anda yang berminat untuk merintis usaha, modal tidak terlalu banyak, pengalaman ataupun keahlian juga minim namun semangat usaha dan belajar cukup tinggi. Sambil berjalan banyak hal bermanfaat dapat dipelajari untuk bekal Anda menjadi pengusaha sukses.

One Response

  1. Erick Girimukti Mei 8, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

Ubah Bakatmu Jadi Uang: Menulis, Desain Grafis, Programing, dll. Cetak Uang Sekarang
+