Cara Membuat Banner di Blog untuk Pemula

  • 1
    Share

Cara Membuat Banner di Blog Mudah

Perkembangan teknologi internet saat ini membuat segalanya semakin mudah tidak terkecuali dalam urusan membuat banner di blog. Seorang pemula sekalipun dapat dengan mudah menerapkannya. Tidak percaya? Ini buktinya ….

Membuat Banner di Blog Secara Langsung

Membuat banner biasa sangatlah mudah tanpa perlu susah memikirkan kode-kode khusus baik html ataupun css. Bagaimana caranya?

Dengan bermodalkan sebuah gambar untuk banner yang sesuai maka Anda sudah siap membuat banner di blog sendiri.

  1. Siapkan gambar yang akan digunakan sebagai banner
  2. Masuk lihat gambar yang dipilih menggunakan “paint editor”
  3. Di sini, Anda bebas berkreasi, misalkan dengan foto yang saya miliki saya ingin menggunakannya untuk ilustrasi postingan bertema Google Pagerank Update

Tampilan “paint editor”

Cara Membuat Banner Biasa 1

Diedit dengan penambahan kata-kata “Kapan Update Lagi”

Cara Membuat Banner Biasa 2

Fitur Penting Resize

Menu Penting Resize

Hasil akhir ukuran 200×200

Banner Biasa Final 1

Pada umumnya ukuran banner di blog adalah 300×300, 468×60, atau 729×80. Dengan fitur resize diatas tadi Anda bebas menentukan hasil akhir banner Anda nantinya di ukuran apa.

Cara memasukan gambar banner buatan Anda sendiri tadi cukup mudah.

Setelah aktivitas edit selesai, simpanlah data gambar banner itu di komputer kemudian Anda login ke blog yang diinginkan. Dihalaman “posting” biasanya aka nada pilihan add media/image kemudian upload, itulah pilihan yang harus Anda pilih untuk bisa menayangkan banner di blog Anda.

Upload Banner ke Blog 1

Upload Banner ke Blog 2

Membuat Banner di Blog dengan Media Perantara

Bedanya dengan cara membuat banner di blog yang sudah dijelaskan diatas tadi dengan cara kedua ini hanyalah pada pemanfaatan media perantara saja.

Dengan cara kedua berarti Anda menggunakan bantuan perantara (sebuah software) yang dimanfaatkan untuk membuat banner yang diinginkan.

Cukup banyak media perantara yang bisa digunakan untuk membantu Anda membuat banner di blog dengan mudah. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Picasion.com
  2. Gicker.com
  3. Makeagif.com
  4. Gifninja.com
  5. Gifup.com
  6. Gifanimations.com
  7. Wegif.com

Untuk ulasan postingan cara membuat banner di blog kali ini akan menggunakan fitur picasion.com untuk ilustrasi.

Pertama cukup klik “browse” untuk upload gambar yang ingin dijadikan banner. Jangan lupa atur ukuran banner yang diinginkan.

Membuat Banner di Blog dengan Picasion 1

Setelah gambar terupload picasion akan menampilkan beberapa sumber link. Anda cukup copypaste link yang disediakan ke dalam blog. Misalkan untuk blog cukup copy paste “HTML Code”

Membuat Banner di Blog dengan Picasion 2

Untuk memasukan banner di blog cukup mudah. Paste kode HTML yang didapat dari picasion tadi ke dalam postingan blog. Pastikan “mode” postingan kedalam HTML atau “text” (untuk wordpress).

Membuat Banner di Blog dengan Picasion 3

Jika sudah paste maka lihatlah hasilnya di visual

Membuat Banner di Blog dengan Picasion 4

Siap Membuat Banner di Blog Pertama Anda?

Jangan lupa jika Anda menggunakan picasion maka situs itu mewajibkan Anda mencantumkan backlink. Jika Anda mengedit kode HTML yang diberikan sehingga backlink tidak muncul bisa jadi Anda akan dipermasalahkan dikemudian hari.

Hal tersebut wajar mengingat fitur picasion tersedia secara gratis jadi backlink merupakan balas jasa yang diminta picasion kepada para penggunanya diseluruh dunia. Sebagai blogger yang baik tentu sudah sebaiknya Anda tidak mengedit kode banner yang disediakan picasion untuk dipasang di manapun Anda mau.

Cara mana yang paling baik?

Tentu untuk menghindari kemungkinan Anda melanggar hak cipta orang lain tanpa sengaja ada baiknya menggunakan cara membuat banner di blog yang pertama atau secara langsung. Khususnya bagi Anda yang memiliki smartphone, kamera digital atau bahkan kamera professional cara pertama tentu akan semakin mengasah kreativitas Anda. Jika Anda menghargai hak cipta orang lain tentu orang lain akan menghargai Anda juga.

Baca: Cara Membuat Blog WordPress Terbaik

Selamat mencoba.


  • 1
    Share
  • 1
    Share

5 Comments

  1. rusli Juni 10, 2015
  2. Unggul Arif Juni 15, 2015
  3. Tatang Tox April 18, 2016
    • Okto April 18, 2016
  4. Heru hermansyah Agustus 19, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+