Cara Membuat Artikel Berkualitas untuk Blog

Cara membuat artikel berkualitas ini akan bermanfaat untuk kamu yang hobi ngeblog. Kenapa bisa? Karena sebagai penulis blog pasti sudah banyak mendengar jika artikel berkualitas sangatlah penting untuk mendatangkan trafik. Yang menjadi masalah adalah kualitas itu tidak bisa diukur karena sifatnya relatif. Nah, notordinaryblogger ingin menguak masalah artikel berkualitas ini agar kamu bisa semakin efektif dan efisien dalam menulis artikel untuk blog atau website.

#1 Pahami Tujuan Artikel

Pada tahapan awal menulis artikel sudah sebaiknya kamu pahami dulu tujuan artikel itu apa. Kenapa kamu menulis artikel? Untuk apa artikel itu? Dan apa yang kamu harapkan dari artikel yang kamu buat?

Bingung? Yuk bahas satu per satu ….

Kenapa kamu menulis sebuah artikel?

Saat seseorang menulis artikel pada dasarnya orang itu ingin berbagi informasi kepada orang lain. Untuk seorang penulis blog, tentu dia berharap artikel yang ditulisnya mendatangkan trafik. Saat artikel yang ditulis orang itu mulai banyak direspon pembaca, mungkin saja ide untuk menghasilkan uang dari tulisan akan muncul.

Kira-kira seperti itulah alur pembuatan artikel untuk blog atau website pada umumnya.

Niatan awal orang menulis artikel pada umumnya karena ingin berbagi informasi. Setelah dirasakan efek dari artikel itu seperti apa baru muncul niatan-niatan lainnya.

Saat kamu ingin menerapkan cara membuat artikel berkualitas, pastikanlah bahwa ada informasi berharga untuk dibagikan kepada orang lain setidaknya satu orang pembaca sudah cukup. Informasi itu sangatlah penting sehingga tidak bisa menunggu lama lagi untuk disampaikan.

Saat tujuan kamu membuat artikel adalah untuk berbagi informasi berharga, akan terbentuk suatu kebiasaan untuk itu. Lambat laun, semua artikel yang kamu tulis akan selalu mengandung informasi berharga di dalamnya.

Pada tahap awal menulis artikel ini janganlah dulu memikirkan tujuan lain-lain selain berbagi informasi berharga.

Hanya dengan cara ini, pembaca akan menghargai kamu sebagai penulis. Secara tidak sadar kamu juga membangun brand personal dari setiap artikel yang kamu publikasikan. Menarik kan?

Sekarang cobalah lihat artikel-artikel yang telah kamu buat apakah tujuan semua artikel itu sudah jelas?

# 2 Menambahkan Substansi Yang Berharga

Kamu sudah menyimak di bagian pertama bahwa penting untuk menyampaikan informasi berharga dalam sebuah artikel. Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana memastikan adanya informasi berharga itu dalam artikel? Untuk melihat hal ini kamu bisa belajar dari sebuah artikel koran yang sifatnya laporan.

Dalam sebuah laporan, ada enam unsur penting yang harus masuk didalamnya seperti:

  • Who atau siapa subjek informasi
  • What atau apa yang menjadi objek informasi
  • When atau kapan informasi itu terjadi
  • Why atau kenapa informasi itu bisa menjadi berita
  • Where atau dimana informasi itu terjadi atau bisa didapatkan
  • How atau bagaimana informasi itu bisa tercipta

Jika prinsip itu diterjemahkan dalam sebuah artikel tentang “peluang bisnis salon kecantikan” misalnya, dalam artikel itu wajib menjelaskan;

  • Siapa saja orang yang sudah menjalani bisnis salon kecantikan?
  • Apa bisnis salon kecantikan itu?
  • Kapan bisnis itu mulai muncul atau kapan sebaiknya seseorang memulainya?
  • Kenapa bisnis salon kecantikan itu penting untuk disimak?
  • Dimana seseorang bisa memulai bisnis salon kecantikan
  • Bagaimana seseorang bisa sukses di bisnis salon kecantikan?

Saat kamu akan coba cara membuat artikel blog berkualitas, prinsip artikel laporan dapat dijadikan panduan. Kalaupun tidak dijadikan panduan tidak mengapa. Kenapa bisa? Karena karakteristik artikel blog atau website itu berbeda.

Dari setiap topik tadi (who, what, when, why, where )dapat menjadi artikel terpisah untuk sebuah blog atau website. Kesemua artikel terpisah itu bisa menjadi rangkaian informasi untuk menarik pembaca datang ke blog atau website kamu.

Menambahkan substansi berharga pada sebuah artikel blog bisa dibilang lebih sederhana karena tidak perlu mengandung 6 unsur artikel laporan tadi. Unsur penting sebuah artikel berkualitas untuk blog atau website meliputi:

  • Judul Mencerminkan Isi
  • Isi artikel merupakan penjabaran judul

Itulah kedua inti penting sebuah artikel untuk blog atau website. Jika kamu menerapkan kedua unsur penting di atas untuk artikel blog, pembaca tidak akan kecewa.

Jangan coba menipu pembaca dari judul artikel karena itu akan menghancurkan blog kamu secara perlahan tapi pasti.

Untuk menambahkan informasi berharga dalam artikel blog ada beberapa cara bisa dilakukan mulai dari:

  • Mengutip pendapat blogger lain;
  • Menambahkan ilustrasi gambar/video;
  • Memberikan bukti pendukung;
  • Memberikan contoh;

Beberapa hal di atas bermanfaat untuk mengkonfirmasi manfaat yang kamu sampaikan melalui artikel. Dengan data dukung itu, pembaca akan secara tidak sadar mendukung penulis.

#3 Lakukan Target Pemirsa bukan SEO

Menyoal artikel untuk blog atau website jelas kamu tidak bisa lepas dari SEO. Namun demikian terlalu berlebihan dalam menerapkan SEO juga tidak akan membawa perubahan berarti untuk blog atau website kamu. Lakukanlah target pemirsa blog atau website kamu.

Untuk memahami hal ini kamu perlu tahu dulu apa yang menjadi tema blog atau artikel kamu, kemudian tujuan dari setiap artikel yang dibuat.

Jika sudah lakukan pengukuran atas kekuatan SEO blog kamu. Lazimnya sebuah blog akan memiliki data SEO pada kisaran 3 sampai 6 bulan pertamanya. Data ini sangatlah penting untuk melakukan target pemirsa blog atau website secara jangka panjang.

Dengan mengukur kekuatan SEO blog, kamu bisa tahu artikel apa yang disukai pengunjung, kemudian kamu bisa mengukur strategi SEO mana yang paling ampuh untuk diterapkan pada artikel.

Cara mudah memahami hal ini seperti ini:

  • Notordinaryblogger ingin berbagi tips internet untuk mereka yang kehilangan nomor token listrik.
  • Target pemirsanya jelas adalah masyarakat kebanyakan yang memiliki akses ke internet.
  • Judulnya harus seputar cara mengetahui nomer token listrik yang hilang

Artikel itu sepanjang 339 kata dan telah terbit sejak 16 April 2016. Berdasarkan data statistik wordpress internal, sepanjang waktu telah dibaca sebanyak 1.317 kali.

 

Berdasarkan fakta itu, tujuan saya adalah :

  • Berbagi informasi berharga
  • Menghasilkan uang

Apakah berhasil?

Membuka data Google Analytics bisa dilihat jika sebanyak 1294 orang sudah membaca artikel tentang token listrik ini dengan rata-rata menghabiskan waktu 2 menit 25 detik. Membaca artikel 339 kata selama 2 menit 25 detik jelas lebih dari cukup. Ini juga menunjukkan bahwa informasi berharga ini diserap dengan baik oleh pembaca.

Apakah menghasilkan uang?

Melalui artikel itu penulis mencoba membagikan sebuah link afiliasi program cashback yang memungkinkan pengguna membeli pulsa listrik dari smartphone. Atas setiap pembelian, pembeli akan mendapat cashback dan penulis juga mendapat komisi. Jelas ini sebuah penawaran dengan solusi win-win bukan?

#4 Panjang atau Pendek sebuah Artikel bukanlah Masalah

Tulislah atrikel sepanjang 5000 kata jika memang perlu dan menulislah artikel 500 kata jika semua pesan penting sudah tersampaikan. Tidak perlu dilebih-lebihkan.

Ilustrasi artikel tentang token listrik sebelumnya sepertinya menjawab pertanyaan ini bukan?

Artikel ini sendiri panjangnya lebih dari 1000 kata, tujuannya? berbagi informasi berharga untuk para penulis blog.

Di sisi lain artikel contoh bertema “nomor token listrik” hanya sepanjang 339 kata, dilengkapi dengan gambar yang mudah diikuti agar pembaca bisa langsung mencoba juga. Di bagian akhir, penulis merekomendasikan pembaca bergabung di sebuah program untuk bisa membeli pulsa listrik langsung dari smartphone.

Artikel 339 kata itu memberikan tambahan pemasukan penulis dari blog ini secara meyakinkan.

#5 Ulangi Terus Strategi yang Sudah Terbukti

Jika kamu mengikuti semua tahapan ini kamu akan menyadari ada sebuah pola cara menulis artikel berkualitas untuk blog yang bisa kamu terapkan secara alami.

Tugas kamu adalah untuk mencatat pola itu dan terus ulangi. Dengan demikian, mendapatkan ribuan pengunjung blog atau website bukanlah hal mustahil yang sulit diraih lagi.

Dari contoh artikel bertema token listrik itu mendapatkan trafik sepanjang masa (sejak terbit, April 2016 sampai 11 Mei 2017) sejak diterbitkan sebanyak 1.317. Ini berarti per bulan ada sekitar 109 orang datang membaca artikel itu.

Baca: Cara membuat blog wordpress

Dengan fakta itu, dengan target sederhana menciptakan artikel (dengan cara dan strategi sama namun beda tema) sejenis lainnya sebanyak 100 saja, per bulan diperkirakan penambahan pengunjung bisa mencapai 109×100 atau 10.900. Sebuah target realistis dan tidak mustahil diwujudkan karena sudah pengalaman dengan artikel sebelumnya. Hanya perlu diwjudukan pada artikel-artikel selanjutnya.

Siap Terapkan Cara Membuat Artikel Berkualitas untuk Blog atau Website?

Itulah cara membuat artikel berkualitas untuk blog atau website yang bisa kamu terapkan segera. Penulis meyakini jika semua artikel itu berkualitas yang membedakan hanyalah pemahaman masing-masing penulis blog akan kualitas terpendam yang belum terkuak dari setiap artikel yang ada.

Jangan lupa bookmark tips ngeblog notordinaryblogger agar blog kamu makin bermanfaat.

Happy blogging.

5 Comments

  1. Endra Mei 13, 2017
    • Okto Mei 14, 2017
  2. Amad Soleh Mei 14, 2017
    • Okto Mei 14, 2017
  3. Fery Nisar Mei 16, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

Ubah Bakatmu Jadi Uang: Menulis, Desain Grafis, Programing, dll. Cetak Uang Sekarang
+