Bisakah Dapatkan Puluhan Juta Rupiah jadi Affiliate Marketer?

Jika Anda sudah membaca beberapa artikel pengantar internet marketing, tentu Anda sudah pernah mendengar soal affiliate marketer. Sebelum dilanjutkan, pastikan dulu Anda memahami hal penting bahwa tidak ada suatu hal yang mudah dan postingan ini bukanlah cara instan untuk membantu Anda kaya dalam semalam. Jika Anda ingin kaya raya dalam semalam, postingan ini mungkin tidak tepat untuk Anda.

Postingan ini akan menjawab beberapa hal penting terkait pertanyaan bisakah dapatkan puluhan juta rupiah jadi affiliate marketer terdiri dari

  • Apa itu marketing afiliasi dan beberapa jenis marketing afiliasi
  • Keuntungan menjadi affiliate marketer
  • Beberapa tips dan panduan praktis untuk sukses dapatkan puluhan juta rupiah jadi affiliate marketer

Jadi jika ada yang bertanya bisakah Anda kaya dari marketing afiliasi? Jawabannya ya dan tidak karena ada uang berputar di marketing afiliasi jika Anda dapat menghasilkan uang dari sistem itu atau bergantung sekali pada faktor internal seperti pengalaman, skill internet marketing secara keseluruhan dan pengalaman berjualan.

Apa itu Marketing Afiliasi?

Berdasarkan Wikipedia, marketing afiliasi adalah aktivitas marketing dimana pengusaha akan memberi komisi kepada affiliates (orang yang bergabung sebagai pemasar dalam program marketing afiliasi), untuk setiap penjualan yang terjadi dari upaya marketing yang dilakukan affiliates itu.

Jadi pada dasarnya, Anda sebagai orang yang menawarkan produk affiliasi akan diberi “sesuatu” karena menolong penjual mendapatkan transaksi penjualan atas produk atau jasa yang dijual.

Marketing afiliasi merupakan cara tercepat dan termurah (bukan termudah) untuk mulai menghasilkan uang dari internet karena Anda tidak perlu memiliki produk untuk dijual. Anda cukup membangun hubungan dengan pembeli dan penjual dan mengambil komisi atas penjualan yang terjadi berkat bantuan Anda.

Bagaimana Marketing Afiliasi Bekerja?

Saat Anda bergabung di sebuah program marketing afiliasi dan memilih satu produk yang ingin dipromosikan, penjualan akan menyediakan Anda beragam alat promosi yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan penjualan.

Dalam hal internet marketing, ketika Anda bergabung pada sebuah program afiliasi, maka penjual akan menyediakan alat promosi yang beragam seperti teks link, banner iklan, sampai bentuk-bentuk kreatif lainnya yang siap dimanfaatkan untuk promosi Anda.

Penjual akan mampu melacak performa promosi Anda melalui link khusus affiliate. Begitu pun Anda juga memiliki akses untuk melihat semua penjualan yang dihasilkan (jika ada).

Anda tidak perlu menjual produk sepanjang waktu untuk mendapatkan komisi. Setiap program marketing afiliasi menggunakan sistem pemberian komisi yang berbeda-beda seperti:

  • Pay per Sale: Dalam program jenis ini, penjual akan memberi Anda komisi berupa pesentase atas harga jual yang diberikan saat proses pembelian selesai dilakukan.
  • Pay per Click: Dalam program jenis ini, penjual akan memberi Anda komisi atas sejumlah pengunjung yang dihasilkan ke website penjual dari website/blog yang Anda buat tanpa diharuskan adanya penjualan.
  • Pay per Lead: Dalam program jenis ini, penjualan akan memberi Anda komisi setelah calon pembeli memberikan detil informasi ke situs yang dimintakan setelah mengisi form yang disediakan.

Kenapa Harus Menjadi Affiliate Marketer?

Marketing afiliasi merupakan satu teknik internet marketing yang paling cepat berkembang untuk mendapatkan uang dari internet karena tujuh hal ini:

Biaya efektif. Pemasaran memanfaatkan internet sangatlah murah dan Anda tidak perlu khawatir biaya produksi karena produk sudah diciptakan penjual. Anda tidak perlu memiliki kantor atau menggaji karyawan.

Jangkauan pasar luas. Dengan internet marketing Anda memiliki peluang untuk menjangkau konsumen di seluruh dunia.

Tidak ada biaya. Anda tidak perlu membayar apapun untuk bergabung di sebuah program afiliasi.

Tidak perlu gudang dan pengiriman. Anda tidak perlu pusing memikirkan gudang untuk menyimpan stok barang dagangan, mengemas barang, atau bahkan mengirim barang yang diinginkan konsumen.

Tidak perlu menyediakan layanan konsumen. Anda tidak perlu melayani keluhan konsumen karena semua akan dilakukan penjual.

Penghasilan pasif. Pekerjaan kantoran akan memberikan Anda penghasilan tetap selama Anda terus bekerja. Bergantung pada keahlian internet marketing Anda, sebuah marketing afiliasi akan memberikan Anda sumber penghasilan yang terus menerus sekalipun Anda sudah jarang menggunakan internet.

Kerja dari rumah. Jika Anda sudah memiliki penghasilan yang cukup maka Anda tidak perlu khawatir memikirkan keharusan datang ke kantor setiap pagi di waktu yang sama melawan kemacetan. Anda bisa bekerja kapanpun Anda mau di rumah.

Tips Jadi Affiliate Marketer Sukses

Setelah membaca postingan sampai sini, saya yakin Anda tertarik untuk bisa sukses dapatkan puluhan juta rupiah jadi affiliate marketer. Untuk bisa mewujudkannya Anda perlu memahami kebutuhan pasar, bagaimana mempromosikan sebuah produk dan mengevaluasi apa yang berfungsi dengan positif dan apa yang negatif. Berikut inilah trik singkat untuk bisa sukses menjadi seorang affiliate marketer.

Hanya Pilih Produk yang Bermanfaat

Kesalahan mendasar seorang affiliate marketer adalah mendaftar di berbagai program marketing afiliasi dan mencoba mempromosikan semuanya. Menjalankan marketing afiliasi dengan cara ini akan membuat Anda kehabisan tenaga dan pikiran sehingga tanpa disadari akhirnya Anda tidak akan sanggup mempromosikan apapun. Yang sebaiknya dilakukan adalah mempromosikan produk yang bermanfaat. Cobalah pahami apa kebutuhan konsumen dan cari produk yang sejalan dengan tema promosi internet marketing Anda.

Gunakan Beberapa Sumber Promosi

Kebanyakan affiliate marketer hanya menggunakan iklan dalam blognya. Tidak ada yang salah dengan cara ini namun sebenarnya ada banyak sumber promosi lainnya yang bisa digunakan untuk memperbesar peluang terjadinya penjualan. Semakin banyak konsumen potensial yang anda datangkan tentu semakin besar peluang terjadinya penjualan.

Evaluasi dan Lacak Upaya Marketing Anda

Ide yang baik untuk menggunakan strategi promosi yang berbeda sehingga Anda dapat menemukan mana yang paling baik. Melakukan perubahan kecil seperti penempatan alat promosi di blog bisa menambah keuntungan secara drastis karena perhatian orang semakin besar tertuju pada promosi Anda.

Riset Permintaan Produk yang Dipromosikan

Jika Anda coba menjual produk yang tingkat permintaannya rendah maka kemungkinan Anda tidak akan mendapatkan banyak penjualan. Oleh karena itu akan menjadi ide baik jika Anda mau melakukan riset kebutuhan konsumen.

Tetap Update dengan Tips Internet Marketing

Marketing afiliasi merupakan industri kompetitif dan banyak orang yang akan datang dengan teknik baru setiap harinya. Cobalah untuk tetap update dengan cara terbaru dan tren pasar atau Anda akan ketinggalan.

Pilih Penjual yang Tepat

Saat Anda mempromosikan sebuah produk maka Anda juga mempromosikan orang atau perusahaan dibalik produk itu jadi pilihlah penjual yang tepat. Tentu Anda tidak ingin konsumen membeli produk mengikuti saran Anda dan kembali dengan kekecewaan.

Jangan cuma berharap dan berdoa bahwa pengunjung akan membeli dari Anda. Siapkan semua yang dibutuhkan dengan benar dan buat mimpi Anda menjadi kenyataan. Jika Anda pikir pembeli akan mengikuti kemauan Anda maka Anda membuat kesalahan. Anda harus membuat rencana yang terukur sejak awal. Marketing afiliasi merupakan sebuah bisnis yang memiliki peluang sukses besar jika Anda mempersiapkan diri untuk sukses.

Siap Dapatkan Puluhan Juta Rupiah jadi Affiliate Marketer?

Tentu saja jika Anda ingin berhasil dapatkan puluhan juta rupiah jadi affiliate marketer Anda memerlukan sebuah panduan affiliate marketer pemula yang lengkap membahas semuanya dari awal.

 

Leave a Reply

CommentLuv badge

Pinjam Uang Untuk Lebaran Secara Online. Aman, Nyaman, PraktisPinjam Uang
+