Melipatgandakan $$$ Tanpa Investasi Uang! Mau? Klik Aja

Bagaimana Cara Mendapatkan 28 Penjualan Melalui Marketing Affiliasi yang Senilai $2,000,- ?

Penjualan Melalui Marketing Affiliasi ini merupakan artikel versi Indonesia dari artikel yang telah terbit sebelumnya dengan judul “How to Make 28 Sales from Hostgator Affiliate Marketing in 9 Months?

Seperti Anda tahu ini merupakan pengalaman saya dalam melakukan penjualan produk Hostgator dengan cara marketing affiliasi. Penjualan ini memberikan potensi keuntungan hingga $2,000! Cukup menggembirakan bukan? Namun perlu diketahui bahwa saya membutuhkan waktu hingga 9 bulan untuk mencapai ini.

Bagaimana caranya? Di artikel inilah saya akan berbagi tips ngeblog dapat uang tahap demi tahap yang saya lakukan hingga akhirnya bisa memperoleh hasil seperti itu.

Simak terus ya?

Kenapa potensi pejualan?

Perlu Anda ketahui bahwa HostGator memiliki kebijakan “garansi uang kembali” selama 45 hari. Jadi komisi Anda akan dibayarkan setelah melewati masa berlaku kebijakan itu. Belum lagi soal keabsahan komisi Anda, tidak semua komisi akan dibayarkan.

Mereka memiliki penilaian tersendiri terhadap pembayaran komisi. Jika komisi Anda masuk kategori “tidak sah” atau invalid maka Anda tidak akan menerima satu sen pun atas kerja keras promosi Anda.

Jadi 28 penjualan melalui affiliasi marketing yang senilai $2,000,- merupakan potensi keuntungan yang bisa saya dapatkan. Karena jika melihat informasi dalam akun affiliates HostGator saya telah menerima $550,- dimana satu pembelian dinyatakan tidak sah.

Selama bulan September 2012 sendiri saya berhasil melakukan 16 penjualan hostgator melalui marketing affiliasi. Jika melihat aturan Hostgator saya memiliki potensi pendapatan $1,600,- atas penjualan ini.

Pertama marilah kita lihat kabar gembira yang diberikan tim penjualan HostGator melalui email berikut ini :

Seperti Anda perhatikan dalam email pemberitahuan itu, pertama kali saya mendapat konsumen adalah pada 21 Januari 2012. Jadi 28 penjualan ini merupakan akumulasi atas penjualan dari Januari sampai September 2012.

Mari kita mulai ….

Tahapan kegiatan yang saya lakukan untuk mendapatkan 28 penjualan produk HostGator melalui marketing affiliasi :

1. Jangan Hanya Berpikir Soal Penjualan tapi Pikirkan Soal Marketing

Ini semua bermula dari pemikiran Anda

Marketing? Apa maksudnya? Jika Anda ingin mendapatkan penjualan pertama dalam marketing affiliasi melalui blog maka janganlah hanya fokus pada “bagaimana membuat penjualan”, Anda harus memperhatikan soal marketing. Marketing memiliki makna yang lebih luas dibandingkan dengan sekedar menjual.

Saya bukanlah ahli dalam belajar internet marketing, namun jika Anda  memasarkan blog yang didalamnya terdapat artikel promosi produk affiliasi maka Anda memiliki peluang yang lebih baik untuk mendapatkan penjualan melalui blog Anda.

Dengan melakukan marketing blog Anda berusaha untuk membangun kepercayaan dengan mendekatkan blog Anda kepada pembaca.

Marketing tidak hanya sekedar menjual sesuatu, itu lebih pada mendekatkan diri Anda kepada konsumen. Dalam hal blog, maka Anda harus pandai dalam mendekatkan diri kepada setiap pengunjung blog Anda. Bukalah identitas Anda agar pengunjung mengenal Anda dengan baik dan jelaskan apa yang Anda lakukan melalui blog Anda.

Bangunlah kepercayaan dan uang akan menghampiri Anda. Metode paling mudah dalam membangun kepercayaan itu adalah dengan menjawab komentar yang perlu Anda jawab, berkomentar di blog lain, dan menjadi penulis tamu.

Seperti Anda tahu saya telah melakukan upaya ini khususnya dengan menjadi penulis tamu di beberapa blog luar dan dalam negeri.

Baca :
Artikel berbahasa Indonesia
Artikel berbahasa Inggris
Panduan singkat menjadi penulis tamu
Cara Meningkatkan Traffic dengan Komentar

2. Pilih Produk yang Tepat

Setelah Anda memiliki pemikiran yang baik kini saatnya Anda memilih produk marketing affiliasi apa yang tepat untuk Anda promosikan. Ini adalah marketing affiliasi, jadi Anda tidak perlu membuat produk sendiri bukan?

Memilih produk yang tepat sangat penting untuk memastikan apakah pembaca akan membeli produk yang Anda promosikan atau tidak. Dalam hal HostGator, produk marketing affiliasi ini menjadi kebutuhan dasar banyak blogger. Maka sudah dipastikan banyak peminatnya.

Hostgator hanyalah contoh disini, ada banyak produk lain yang bisa Anda promosikan dalam mencari uang melalui marketing affiliasi. Anda perlu perhatikan apakah calon pembelinya sudah jelas? Dan apakah Anda memiliki rencana bagaimana memasarkannya?

3. Beli dan Gunakan Produk Itu

Kali ini Anda harus memikirkan penjualan. Coba tanyakan pada diri Anda sendiri … “Apa yang membuat Anda membeli suatu produk?” Jawaban Anda adalah pertanyaan konsumen Anda.

Cara termudah yang dapat Anda lakukan dalam mencari uang dengan marketing affiliasi adalah dengan memahami barang yang Anda promosikan.

Dan cara termudah untuk memahami barang yang Anda promosikan dalam marketing affiliasi adalah dengan menggunakan barang itu.

Tujuan utamanya adalah untuk memahami produk itu lebih baik daripada konsumen. Jika Anda pahami tentang keunggulan dan kekurangan produk  affiliasi itu maka Anda dapat membuat sebuah artikel promosi yang berimbang.

Meskipun tetap ada cara untuk membuat ulasan produk tanpa membelinya, namun jika Anda ingin mendapatkan hasil yang memuaskan dari marketing affiliasi sebaiknya Anda membeli dan menggunakannya sendiri. Cobalah kembali ke pertanyaan “Apa yang membuat Anda membeli suatu produk?” … Jelaskan jawaban Anda dalam artikel promosi yang Anda buat.

4. Buat Cerita dalam Artikel Promosi

Cerita tentang pengalaman seseorang atas suatu produk merupakan cara yang sangat baik untuk menciptakan penjualan produk affiliasi.

Pembaca suka dengan cerita pengalaman maka pastikan Anda membuat sebuah cerita yang sangat baik. Buatlah cerita pengalaman Anda menggunakan produk affiliasi, bagaimana produk affiliasi itu membantu mengatasi masalah yang Anda hadapi.

5. Pastikan Artikel Marketing Affiliasi Anda Masuk Kategori “Popular Posts”

Jika Anda memiliki sebuah blog, pasti ada halaman khusus “Popular Post” bukan?

Kenapa ini bermanfaat?

Pembaca yang baru pertama kali datang ke blog Anda memiliki kecenderungan untuk membaca artikel terbaru atau artikel paling popular. Artikel paling popular mengindikasikan bahwa banyak orang sudah membacanya.

Dalam psikologi konsumen, “popular posts” memiliki “nilai lebih” sebagai tanda bahwa artikel itu layak dibaca.

Jika artikel marketing affiliasi Anda masuk kategori itu, tebaklah hasilnya? Itu merupakan promosi otomatis kepada setiap pembaca yang datang ke blog Anda!

Saya telah membuat dua buah artikel marketing affiliasi terkait HostGator yang berjudul :

  1. How to Solve Web Host Dilemma, dan
  2. 3 Essential Disadvantages You Will Get From Blogging Business with Free Web Hosting.

Satu dari artikel itu masuk kategori “popular posts” sejak diterbitkan sampai artikel ini dimuat. Lihatlah cuplikan gambar di bawah :

6. Gunakan Facebook

Kenapa facebook? Sudah saya katakan bahwa ini adalah tahapan yang saya lakukan bukan?

Ya, saya hanya fokus pada dua media sosial facebook dan linkedin karena kedua media ini yang memberikan hasil terbaik untuk tujuan blog ini. Kini bahkan sudah membuat facebook fanpage.

Jadi Anda bebas memilih media sosial yang mana saja. Yang penting jangan lupa untuk berbagi artikel promosi Anda ke media sosial.

(Kebetulan saya juga menjual jasa marketing media sosial. Dimana saya dapat meningkatkan kredibilitas sebuah artikel blog melalui “social proof” di Facebook dan Linkedin. Dengan $5 Anda akan mendapatkan minimal 100 social proof (akumulasi facebook dan Linkedin). Jika dalam 3 hari Anda tidak mendapatkannya maka uang saya kembalikan. Cukup menarik? Silahkan lihat “hire me”)

7. Iklan Biaya Rendah

Yang satu ini sedikit perlu diwaspadai karena ini akan menguras kantong Anda.

Jadi kenapa saya melakukan ini?

Ini adalah eksperimen saya.

Perlu diketahui bahwa saya mencoba metode ini karena saya telah menghasilkan beberapa ratus dollar dari kegiatan marketing affiliasi, jadi tidak ada salahnya untuk melakukan sedikit eksperimen.

Apakah ini efektif?

Saya mendaftarkan iklan host gator di Clixsense pada bulan Juli 2012.

Jika melihat “Commissions Report” yang tersedia di akun HostGator Affiliates saya sejauh ini Clixsense memberikan 8 pembeli atas link affiliasi marketing yang saya iklankan.

Jika melihat akumulasi penjualan seharusnya saya mendapatkan komisi $100 atas setiap penjualan HostGator karena total penjualan saya sebanyak 16.

Biaya yang saya keluarkan untuk Clixsense adalah $75 untuk 50,000 pengunjung. Pembelian yang berasal dari Clixsense baru terjadi pada bulan September 2012, jadi pada bulan Juli dan Agustus tidak menghasilkan apapun. Jika melihat total penjualan maka dalam September sendiri terjadi 16 penjualan dan 8 berasal dari Clixsense. Ini berarti Clixsense memberikan hasil $800,-.

Apakah Clixsense layak dicoba?

Bagi saya Clixsense menghasilkan uang atas iklan yang saya tempatkan disana. Anda sendiri yang memutuskan apakah Anda ingin mencoba atau tidak.

Saya mencoba Clixsense sebagai investasi atas uang yang sudah saya hasilkan dari marketing affiliasi produk lainnya. Seperti Anda tahu, saya suka eksperimen untuk belajar banyak hal dan clixsense merupakan salah satu eksperimen saya dalam promosi produk affiliasi marketing.

Bagaimana Penjualan Melalui Marketing Afiliasi yang Pernah Anda Coba?

Pengalaman di atas merupakan tahap demi tahap kegiatan yang memberikan saya penjualan melalui affiliasi marketing yang senilai $2,000 selama 9 bulan dengan pengeluaran $75 untuk beriklan di Clixsense.

Itu adalah kombinasi yang saya lakukan ; memilih, membeli produk dan gunakan, buat artikel promosi, dan promosi dengan tepat.

Saya tahu masih banyak cara menarik lainnya dalam marketing affiliasi, tapi inilah bagaimana saya mempromosikan HostGator sebagai salah satu cara saya mendapat uang dari marketing affiliasi.

Oleh karena itu, bagilah pendapat atau pengalaman Anda dalam melakukan marketing affiliasi ini ya 🙂

12 Comments

  1. Denggol Oktober 12, 2012
    • Okto Oktober 12, 2012
  2. zandi November 28, 2012
    • Okto November 28, 2012
  3. calon pengusaha Desember 25, 2012
  4. adied Mei 9, 2013
    • Okto Mei 9, 2013
  5. Lutfie Wardi Juni 5, 2013
  6. vidi Oktober 29, 2013
    • Okto Oktober 31, 2013
  7. Ricky Rachmanto Desember 28, 2014
  8. Pingback: Cara Dapat 100 Dollar Online Pertama Anda Februari 3, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge