Apa Penyebab Angka Alexa Rank Naik Turun


Bagi Anda yang sedang berjuang meningkatkan angka alexa rank blog andalan mungkin memperhatikan adanya keanehan berupa naik turunnya angka alexa rank blog. Nah, postingan kali ini mencoba menjelaskan penyebab angka alexa rank naik turun yang bersumber dari laman alexa support langsung dari pencipta peringkat ini.

Secara umum ada dua pertanyaan paling sering diajukan langsung ke alexa yaitu:

  • Bagaimana mungkin angka alexa rank website terus memburuk padahal data analisa trafik menunjukkan peningkatan trafik blog?
  • Kenapa angka alexa rank website saya naik turun?

Menurut alexa, setidaknya ada dua penyebab utama kenapa angka alexa rank terkadang seperti tidak masuk akal saat Anda memperhatikannya.

Pertama, angka alexa rank sebuah website tidak hanya dihitung berdasarkan jumlah trafiknya tapi juga diperhitungkan berdasarkan keseluruhan trafik seluruh website yang ada satu sama lainnya. Dengan begitu, angka alexa rank sebuah website menjadi relatif satu sama lain, perubahan trafik pada satu website akan mempengaruhi angka alexa rank website lainnya.

Alasan kedua dikenal dengan istilah “long tail” atau ekor panjang. Setiap hari angka alexa rankmemprediksi rata-rata trafik harian dan pageviews setiap website dalam kurun waktu 3 bulan terakhir. Website dengan kombinasi tertinggi antara trafik dan pageviews dalam 3 bulan terakhir akan diberi angka alexa rank 1. Website dengan angka alexa rank terbesar berada pada kisaran 30 juta. Jika algoritma alexa tidak menerima informasi trafik atas sebuah website dalam 3 bulan terakhir maka itu akan menyebabkan angka alexa rank “no data” pada website itu.

Dengan begitu, skenario jumlah trafik berbanding angka alexa rank akan terlihat seperti berikut ini:

Meningkatkan angka alexa rank

Di bagian puncak grafik ada Google.com, yang mendapatkan trafik besar dan diberi angka alexa rank 1. Website yang berada di puncak seperti google.com mendapat banyak trafik berbanding terbalik dengan website yang berada di bagian ekor panjang.

Semakin dekat website ke bagian puncak, semakin banyak pengunjung yang dibutuhkan untuk meningkatkan angka alexa rank. Sebagai contoh ada perbedaan jumlah trafik yang kentara antara website pemilik angka alexa rank 10 dengan alexa rank 500.

Meningkatkan angka alexa rank 2

Situasinya akan berubah saat Anda bergerak keluar dari zona “ekor panjang”. Hal penting yang harus diperhatikan bentuk distribusinya, perubahan jumlah trafik yang kecil pada zona “ekor panjang” akan berdampak signifikan pada peningkatan angka alexa rank.

Maka dari itu, website pemilik angka alexa rank ratusan ribu atau jutaan akan lebih sensitif terhadap perubahan trafiknya.

Apa Penyebab Angka Alexa Rank Naik Turun?

Dalam perkembangannya banyak blogger memiliki pandangan berbeda akan angka alexa rank. Beberapa bahkan menganggap angka alexa rank tidak ada gunanya. Salah satu yang kontra adalah beberapa pengguna forums.seochat.com.

Dalam sebuah diskusi angka alexa rank, seorang pengguna Dr. Marie mengungkap kekesalannya dengan berbagi pengalaman bahwa “alexa sangatlah tidak akurat. Pada saat angka alexa rank website saya 200ribu trafik harian mencapai 1000 per hari. Ketika trafik harian mencapai 4000 per hari angka alexa rank website saya malah turun menjadi 460ribu. Penyebabnya?

Mulanya saya kerap bertanya soal website di berbagai forum SEO untuk mendapatkan masukan. Banyak anggota forum SEO yang berkunjung untuk memeriksa website saya. Menurut saya banyak pemerhati SEO yang menggunakan alexa toolbar di browser mereka itu sebabnya angka alexa rank website saya bisa mencapai 200ribu. Kini saya sudah jarang melakukan konsultasi SEO lagi jadi alexa mengira trafik website saya menurun. Tidak ada gunanya bergantung pada alexa”.

Itulah penyebab angka alexa rank naik turun. Anda punya pengalaman sendiri? Silahkan berbagi


7 Comments

  1. nanda trio raharjo Mei 5, 2016
    • Okto Mei 5, 2016
  2. trisno Mei 7, 2016
    • Okto Mei 7, 2016
  3. Andika Mei 10, 2016
  4. Helmi Juli 1, 2016
  5. safira September 29, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+