Apa Itu Aftersales Dalam Bisnis? Kenapa Pengusaha Perlu Tahu

Apa itu aftersales? untuk pengusaha baru atau Anda yang mulai menggeluti ilmu bisnis akan tertarik pertanyaan ini. Dunia bisnis kini penuh dengan persaingan. Itu sebabnya konsumen ada pada kondisi bebas memilih brand bisnis terbaik. Dari sudut pandang pelaku bisnis, semua pihak akan di posisi ini akan berlomba untuk memenangkan keperayaan konsumen. Tentu saja hal ini penting untuk mengembangkan bisnis kearah pertumbuhan positif.

Menciptakan sebuah penjualan merupakan langkah awal pemasaran bukan sebuah langkah akhir. Dengan menindaklanjuti penjualan yang terjadi, Anda menanamkan modal untuk menciptakan penjualan berulang. Lebih baik lagi, membangun hubungan baik dengan konsumen. Misalkan pada sebuah dealer mobil. Seorang konsumen yang membeli akan menerima kartu ucapan selamat ulang tahun untuk setidaknya 3 tahun. Langkah praktis ini akan membuat Anda terus “terhubung” dengan konsumen. Anda mengingatkan konsumen bahwa Anda hadir dan memiliki cara untuk membantu mereka di masa mendatang.

Pondasi Tindaklanjut Aftersales

Inti dari layanan aftersales adalah menjaga hubungan baik yang sudah muncul. Hal mudah seperti tulisan terima kasih atas waktu dan kepercayaan yang diberikan konsumen kepada Anda bisa menumbuhkan minat mereka pada brand Anda.

Sedikit berbeda dengan peribahasa “diam itu emas”, dalam dunia layanan aftersales. Anda ingin konsumen untuk berbicara aktif termasuk menyampaikan kritikan pedasnya. Hal itulah yang memberi Anda kesempatan untuk memperbaiki kekurangan atau kerusakan atas produk atau jasa yang ditawarkan. Cobalah hubungi konsumen setelah terjadi penjualan kemudian lihat bagaimana reaksi mereka.

Reaksi Konsumen

Reaksi kecil akan muncul seiring terjalinnya hubungan dengan konsumen. Hal ini akan meyakinkan pikiran mereka akan penting tidaknya Anda sebagai brand bisnis.

Jadi Apa Itu Aftersales?

Layanan aftersales bisa diartikan sebagai layanan yang diberikan setelah penjualan. Istilah ini biasa juga disebut layanan purna jual. Pada umumnya layanan aftersales berbentuk garansi, jaminan, penggantian sampai reparasi. Lebih lanjut lagi bentuk layanan aftersales bisa berupa hubungan jangka panjang dengan produsen produk untuk jangka waktu cukup lama.

Layanan aftersales menyediakan beragam bentuk layanan yang fokus kepada kepuasan konsumen. Layanan ini dirancang untuk membantu konsumen menggunakan produk atau jasa dengan tepat. Kondisi ini akan menumbuhkan kepercayaan yang mengarah pada loyalitas konsumen. Jika demikian, peluang penjualan berulang semakin besar, mengembangkan brand loyalty sesama konsumen dan menjamin kepuasan konsumen.

Ragam bentuk dari layanan konsumen yang lazim diterapkan oleh beberapa brand bisnis seperti demo penggunaan produk atau jasa, update software, perawatan berkala, layanan reparasi, penggantian spare part gratis untuk jangka waktu tertentu, jaminan uang kembali, garansi penggantian barang baru jika ada kerusakan.

Hingga saat ini, layanan aftersales menjadi alat penting untuk konsumen dan brand bisnis. Konsumen akan mengharapkan layanan aftersales yang efektif dan handal. Brand bisnis akan bergantung pada kepuasan konsumen untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan usaha. Tanpa kehadiran layanan aftersales, sebuah produk atau jasa akan sulit untuk berkembang. Itulah makna penting apa itu aftersales.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Promo Hari Buruh. Sepatu Untuk Pengendara Motor, All Bike Ap Boots Hanya Rp42.000,- Bayar DitempatBeli Sekarang