6 Hal Penting Saat Memilih Kartu Kredit Terbaik


Memilih kartu kredit terbaik merupakan salah satu keputusan keuangan penting yang perlu dipikirkan dengan baik. Kartu kredit merupakan media ringan yang bisa bermanfaat sekali. Namun, jika digunakan secara tidak tepat, sebuah kartu kredit bisa mendatangkan masalah untuk pemiliknya.

Anda ingin memilih kartu kredit yang tepat untuk digunakan saat ini? Inilah 6 hal penting untuk dipertimbangkan

Kebiasaan Belanja

Sebelum Anda memilih kartu kredit terbaik, pertanyaan utama yang harus dijawab adalah bagaimana Anda akan menggunakannya. Apakah Anda masuk kategori orang yang akan membayar hutang kartu kredit secara full setiap bulan tanpa hambatan? Atau Anda ingin mencicil secara bertahap? Apakah kartu kredit di gunakan untuk membayar semuanya atau hanya untuk kondisi darurat?

  • Jika Anda akan membayar penuh hutang kartu kredit setiap bulan, maka bunga cicilan kartu kredit bukan masalah buat Anda. Memilih kartu kredit terbaik untuk pengguna kategori ini adalah dengan memilih kartu kredit yang tidak ada biaya tahunan dan masa tenggang terlama. Dengan cara ini Anda akan terhindar dari resiko terkena penalty.
  • Jika Anda akan mencicil hutang kartu kredit secara bulanan, Anda tentu ingin bunga terendah.
  • Jika kartu kredit akan menjadi media pembayaran utama Anda, memilih kartu kredit dengan limit yang memadai dan banyak program reward akan memberi keuntungan.
  • Jika kartu kredit hanya untuk kondisi darurat, pilih kartu kredit dengan biaya adminitrasi terendah dan bunga terendah juga.

Sekarang ini sudah cukup banyak kartu kredit tersedia, bahkan beberapa membuka pendaftaran online. Saat ingin memilih kartu kredit, Anda perlu waktu cukup memikirkan penggunaannya di masa mendatang.

Bunga Cicilan

Suku bunga cicilan muncul sebagai prosentase rata-rata tahunan (APR). Bisa berupa tarif tetap atau tarif variabel yang terkait dengan indikator keuangan lain yang umumnya prime rate.

Dengan suku bunga tetap Anda bisa tahu dengan pasti berapa bunga cicilan per bulan. Kartu kredit dengan bunga fluktuasi akan berbeda setiap bulannya.

Kartu kredit dengan suku bunga tetap pun bisa berubah tingkat suku bunganya dipengaruhi beberapa pemicu seperti pembayaran cicilan, keterlambatan sampai overlimit, atau karena penerbit kartu kredit melakukan perubahan suku bunga.

Limit Kredit

Ini merupakan jumlah uang yang diberikan penerbit kartu kredit kepada Anda. Tergantung dari rekam jejak kartu kredit Anda, limit bisa beragam mulai dari 3 juta, 5 juta, 10 juta sampai ratusan juta. Anda tentu tidak ingin menutup kartu kredit yang mendekati limitnya karena akan melukai rekam jejak kartu kredit Anda. Beberapa penerbit kartu kredit bahkan juga memotong limit kartu kredit karena reputasi buruk Anda.

Biaya dan Denda

Penerbit kartu kredit tentu akan bergantung pada pengguna dalam hal mendapatkan keuntungan. Karena itulah sumber untuk gaji karyawan dan biaya operasional lainnya. Biaya pada umumnya mencakup biaya transaksi, penarikan tunai, transfer saldo, atau permintaan menaikan limit kartu kredit. Denda juga dikenakan jika pembayaran cicilan melewati tenggat waktu yang ditetapkan, sampai belanja melebihi limit yang diberikan (penerbit tidak akan mematikan kartu kredit Anda melainkan memberikan denda).

Pilihlah kartu dengan biaya administrasi yang masuk akal. Karena persaingan saat ini cukup banyak penyedia kartu kredit yang memberikan kemudahan sampai program reward kepada penggunanya.

Anda mungkin menggunakan kartu kredit hanya untuk keadaan darurat. Namun sebaiknya sebelum Anda setuju menerima kartu kredit, pahami semua syarat dan ketentuannya karena situasi keuangan Anda di masa mendatang bisa saja berubah. Hindari kartu kredit yang menerapkan biaya keterlambatan tinggi sekalipun program promonya sangat menarik.

Metode komputerisasi saldo

Saat Anda ingin bertransaksi dengan kartu kredit, pastikan Anda memahami bagaimana biaya administrasi dikenakan. Metode paling umum adalah saldo rata-rata harian yang berarti saldo harian ditambahkan dibagi kepada jumlah hari pada penagihan. Hindari kartu kredit yang menetapkan perputaran tagihan berdasarkan dua perputaran karena akan membebani Anda dengan biaya tinggi.

Insentif

Banyak penerbit kartu kredit menawarkan program reward kepada pengguna untuk mendorong penggunaan kartu kredit. Memprediksi transaksi Anda dalam waktu dekat, dan penerbit tidak menerapkan biaya atas program reward, itu bisa menjadi keuntungan Anda. Memilih kartu kredit terbaik bisa dilakukan dengan memilih program reward yang fleksibel seperti misalnya potongan harga, poin dan sebagainya yang mudah ditukarkan.

Pelajarilah setiap program reward yang ada. Catat kapan reward itu berakhir dan jika ada batasan berapa poin yang bisa Anda dapatkan.

Siap Memilih Kartu Kredit Terbaik?

Kecanggihan teknologi membuat kendali saat ini ada di tangan Anda. Untuk mendapatkan kartu kredit pertama Anda sekarang ini bisa dilakukan secara online. Salah satu penyedia kartu kredit online di Indonesia yang menawarkan banyak promo misalnya HSBC Credit Card.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+