5 Tips Memilih Bisnis Waralaba (Franchise)

Bisnis waralaba atau franchise pada saat ini adalah, bisnis yang sangat banyak peminatnya. Hal ini dikarenakan, proses untuk menjalankan bisnis waralaba atau franchise ini terbilang sangat mudah. Dalam memilih bisnis waralaba atau franchise, ada beberapa hal yang harus menjadi petimbangan Anda. Mulai dari informasi waralaba dan memahaminya, perjanjian terhadap bisnis waralaba, dan lain sebagainya. Untuk menjalankan bisnis waralaba atau franchise ini, ada 5 tips memilih bisnis waralaba (franchise) yang baik. Berikut 5 tips, untuk memilih bisnis waralaba atau franchise:

  1. Rekam jejak dari franchisor

Untuk memililih waralaba yang baik dan juga sehat, rekam jejak dari franchisor dalam menjalankan bisnis waralaba ini menjadi bagian yang sangat penting. Oleh karena itu, Anda harus bisa mendapatkan informasi tersebut. Informasi ini sangat berguna untuk bisa melihat apakah bisnis waralaba tersebut sudah berjalan dengan jam terbang yang tinggi, dan juga bisa  bertahan pada saat persaingan bisnis terjadi.

  1. Mempunyai bukti sukses

Bukti sukses dari suatu bisnis waralaba, merupakan bagian penting untuk Anda perhatikan. Minimal Anda bisa melihat laporan keuangan dari bisnis waralaba tesebut, sebelum Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis waralaba tersebut. Kemudian, apabila bisnis waralaba ini mempunyai cabang, maka Anda juga harus mengetahui bagaimana situasi dan kondisi dari cabang bisnis waralaba tersebut.

  1. Sistem yang digunakan sudah terbukti sukses

Selain bukti sukses yang bisa Anda ketehui melalui laporan keuangan dan juga kondisi cabang dari waralaba ini, sistem yang diterapkan oleh franchisor ini juga harus sudah terbukti sukses. Dalam sistem waralab ini, sudah termasuk keuangan, pemasara, produksi, dan juga SDMnya.

  1. Produk

Produk yang ditawarkan dari bisnis waralaba tersebut, minimal ada satu produk yang sangat disukai oleh semua gender bahkan semua usia. Biasanya bisnis waralaba yang sudah terbukti sukses bergerak dibidang makanan.

  1. Lokasi

Lokasi dalam menjalankan bisnis waralaba, merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap omset dari suatu bisnis waralaba. Sehingga untuk menjalankan bisnis waralaba ini, Anda bisa terhindar dari kerugian. Apabila sudah mendapatkan lokasi yang strategis dan harus membayar sewa, maka Anda bisa melakukan perhitungan yang tepat. Dan sewa tadi bisa ditambahkan sebagai modal, yang nantinya akan tertutupi dengan mendapatkan keuntungan.

Siap Memilih Bisnis Waralaba?

Itulah 5 tips memilih bisnis waralaba (franchise), yang bisa menjadi referensi Anda dalam usaha ingin menjalankan bisnis waralaba tersebut.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Tiket Pesawat Murah Diskon 10% Kode Promo "Tiket150" Hanya Sampai 3 Juli 2017Pesan tiket
+