5 Strategi Penjualan Efektif

Strategi penjualan efektif yang dipahami dan diterapkan sangatlah penting untuk semua jenis usaha. Jika seorang pengusaha atau tim pemasarannya tidak memiliki keahlian untuk memulai dan menutup penjualan, perusahaan dapat kehilangan uang dan reputasi. Apapun produk yang Anda jual, strategi penjualan akan mempengaruhi apakah konsumen akan memutuskan untuk membeli dari Anda atau pesaing Anda.

Kenali Produk Sendiri

Strategi penjualan efektif paling baik yang sejalan dengan semua jenis usaha, atau tenaga penjual adalah mengenali produk yang dijual. Jika Anda tidak mengetahui fitur dan keuntungan sebuah produk atau layanan yang dijual, Anda tidak akan mampu menjawab pertanyaan konsumen atau menangani keluhan. Biasakan diri dengan produk dan layanan yang dijual dengan membaca brosur marketing atau materi penjualan lainnya. Mencoba produk atau jasa dan bertanya tentang produk yang dijual kepada orang yang tepat, misalkan produsen atau manager perusahaan.

Tunjukan bukan Beritahu

Konsumen ingin mendengar tentang keuntungan dan fitur sebuah produk atau jasa, namun mereka akan semakin terkesan saat mereka dapat melihat produk atau jasa itu beraksi. Jika Anda memiliki toko es krim, Anda bisa menawarkan sampel produk. Jika Anda menawarkan solusi manajemen waktu secara online kepada pengusaha, Anda bisa memberikan akses percobaan ke program itu. Saat konsumen dapat mendalami produk atau layanan, mereka akan memiliki ide lebih baik akan bagaimana produk atau jasa itu dapat mengisi hidup mereka. Hal ini juga membuat penjualan akan terjadi secara alami.

Memahami Target Konsumen

Konsumen memiliki keinginan dan kebutuhan berbeda yang membuat mereka akan mempertimbangkan produk, jasa dan perusahaan tertentu. Jika Anda memiliki pengetahuan akan target konsumen, Anda dapat bersiap mengidentifikasi kebutuhan mereka dan membantu mereka menemukan solusi. Setiap usaha memiliki klien idealnya yang ingin diraih. Karakter seperti usia, pendapatan, status pernikahan, tingkat pendidikan, lokasi geografis, sampai hobi akan membantu Anda menetapkan pasar yang tepat.

Jalankan Program Member

Pelanggan akan membantu usaha Anda membangun keuntungan. Lebih baik lagi, mendapatkan member akan membantu usaha Anda tumbuh lebih besar dan membangun reputasi. Memasukan program member kedalam proses marketing akan memaksimalkan keuntungan Anda. Program ini dapat dimulai dengan mendorong konsumen yang ada untuk merekomendasikan bisnis Anda kepada teman dengan menawarkan imbalan diskon.

Pasang Harga Kompetitif

Harga akan memegang peran penting untuk memastikan apakah banyak konsumen yang akan membeli produk Anda. Itu sebabnya penting untuk memasukan pemasangan harga kompetitif dalam strategi penjualan efektif . Anda tidak harus memasang harga lebih rendah dari pesaing. Anda cukup tahu harga pasaran untuk produk atau jasa sejenis yang ditawarkan. Anda bisa saja memasang harga lebih tinggi dengan memberi jaminan nilai lebih atas harga lebih itu. Nilai lebih bisa berbentuk garansi, tingkat keahlian dan sebagainya.

Siap Buat Strategi Penjualan Efektif?

Itulah kelima strategi penjualan efektif yang bisa segera Anda terapkan. Adakah strategi penjualan lain yang bisa ditambahkan? Silahkan berbagi di kolom komentar.

One Response

  1. raja Maret 31, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+