3 Tips Manajemen Waktu dari Petinggi Google

Sebuah penyesuaian kecil akan perilaku Anda dapat merubah drastis produktivitas hidup secara signifikan. Itulah pesan petinggi Google kepada karyawannya.

Mungkin Anda merasa tidak ada waktu cukup dalam satu hari untuk menyelesaikan semuanya, namun solusinya mungkin semudah merubah persepsi Anda akan waktu.

Kepala Divisi Marketing Produk Google Apps for Work, Jeremiah Dillon memberikan pesan email kepada karyawannya untuk terus bekerja produktif sepanjang hari. Teorinya adalah alokasi cerdas akan waktu di kantor bisa jadi solusi cepat akan kerjaan berat yang telah tertunda sejak lama.

Inilah 3 Tips Manajemen Waktu dalam Email Dillon kepada Karyawannya

Ciptakan Target Spesifik

Dillon mencatat bahwa tempat kerja dapat dibagi kedalam dua kategori karyawan, pekerja dan manajer. Waktu manajer akan terbagi kedalam interval 30 menit, pekerja akan terbagi dalam satu hari penuh atau setengah hari. Mereka berkomitmen untuk “membuat waktu” atau menyelesaikan tugas dalam kurun waktu tertentu.

Dillon mengacu pada studi tentang ujian dimana 3 grup percobaan diminta melakukan ujian. Grup dengan instruksi paling spesifik (melakukan ujian di waktu dan hari yang pasti) memiliki tingkat kesuksesan yang tinggi.

Mirip dengan hal itu, Dillon memberi nasihat kepada para manajer untuk berpikir seperti pekerja untuk lebih produktif dalam pekerjaan.

Pikirkan Lagi Waktu Rapat

Coba lihat waktu rapat yang sudah ditentukan. Mungkin beberapa jadwal rapat dapat dibuat lebih singkat atau melibatkan sedikit orang, dan lainnya dapat dijadwal ulang atau bahkan dibatalkan. Dengan demikian, Anda akan efektif melakukan rapat dan menyimpan waktu untuk hal penting lainnya.

Rencanakan Hari Anda sesuai Kemampuan

Setiap hari cobalah memaksa “membuat waktu” sejak pagi, dimana kondisi tubuh dalam kondisi paling segar. Jangan tempatkan tugas penting pada akhir pecan setelah rapat mingguan usai. Gunakan energi di akhir pecan untuk merancang hari Anda minggu selanjutnya. Selesaikan tugas paling sulit Anda di hari Selasa dan Rabu, dimana motivasi Anda akan sangat tinggi. Kamis sebaiknya digunakan untuk rapat dan Jumat, saat antusiasme menurun, gunakan untuk perencanaan jangka panjang dan bersosialisasi

Itulah 3 tips manajemen waktu dari petinggi Google yang akan membuat hari-hari Anda semakin produktif tanpa merasa bosan atau tidak tahu apa yang harus dikerjakan selanjutnya.

Leave a Reply

CommentLuv badge