3 Cara Menjadi Pengisi Suara dengan Banyak Klien

Menjadi pengisi suara mungkin tidak terbayang oleh kebanyakan orang. Profesi unik ini bisa sangat menjanjikan jika dilakukan dengan baik dan benar. Tahun 2013 saja sebagaimana dilansir detikhot, honor minimal pengisi suara bisa mencapai 800ribu per judul film, untuk trailer film bisa puluhan juta dan iklan jangka panjang sampai ratusan juta. Kini di tahun 2017 dengan perkembangan teknologi tentu peluang untuk berkarir menjadi pengisi suara semakin luas.

Seandainya Anda memiliki suara yang menarik dan khas, maka profesi pengisi suara dapat menjadi pilihan profesi yang bermanfaat untuk diri Anda. Tertarik untuk tahu cara menjadi pengisi suara?

#1 Mengembangkan keahlian akting pribadi. Sekalipun Anda tidak muncul dihadapan layar, pengisi suara harus mampu menyampaikan pesan dengan emosi dan nada yang pas. Ingatlah bahwa menjadi seorang pengisi suara memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Hal ini karena Anda tidak memiliki lawan bicara, tidak bisa memakai ekspresi wajah maupun gerakan untuk mengekspresikan kalimat tadi.

Untuk mengembangkan keahlian ini Anda bisa:

  • Cari pelatih atau ikut kelas akting. Untuk yang masih sekolah bisa mencari organisasi atau bahkan ikut audisi drama.
  • Berlatih suara juga tidak kalah pentingnya. Lakukanlah secara terjadwal. Latihan suara akan memudahkan Anda meningkatkan jangkauan vokal sekaligus mengendalikan suara.
  • Latihan meniru suara aktor atau karakter terkenal. Aktivitas ini dapat memudahkan Anda meningkatkan fleksibillitas, mengidentifikasi nada suara, sampai bahan untuk rekaman demo pengisian suara Anda.
  • Merekam suara sendiri. Anda bisa coba membawakan satu monolog, naskah atau bahkan buku cerita kemudian merekamnya. Dengarkan rekaman atas suara Anda sendiri. Catatlah hal-hal yang menurut Anda perlu diperbaiki.
  • Latihan membaca dengan suara keras. Mampu membaca dengan lantang dan efektif penting sekali untuk berhasil menerapkan cara menjadi pengisi suara. Apalagi jika Anda ditugaskan membaca dari sebuah teleprompter. Latihan bisa dilakukan dengan membaca majalah, buku, ataupun koran.

#2 Membuat Demo Rekaman. Aktivitas ini merupakan metode pengisi suara untuk memperlihatkan kehalian saat meniti karir menjadi pengisi suara. Kebanyakan klien yang mencari pengisi suara tidak akan mempedulikan penampilan Anda oleh karenanya kunci utama ada di kualitas demo rekaman suara.

Untuk membuat demo yang baik ingatlah:

  • Anda punya waktu singkat untuk menarik perhatian klien. Pastikan untuk menyiapkan materi rekaman terbaik dalam 30 detik.
  • Rekaman suara demo bisa berupa suara asli ataupun meniru suara karakter terkenal.

#3 Kembangkan Jaringan. Sama halnya seperti artis, pengisi suara sangat membutuhkan jaringan untuk mendapatkan peluang yang terbaik. Berbicara jaringan untuk pengisi suara ini, indovoiceover bisa menjadi solusi tepat Anda dalam hal ini. Indovoiceover merupakan perusahaan startup berbentuk pasar B2B. Sesuai temanya, disana tempat berkumpulnya para (talent) penyedia jasa pengisi suara dengan klien (pengguna jasa)

Menurut Henry Yunan Lennon (Creative Media Director) “Voice Over atau yang di Indonesia lebih dikenal dengan istilah pengisi suara/dubbing/dubber coba kami kemas menggunakan Technology agar dapat bersaing di Level International”

Voice Over umum digunakan pada produk kreatif seperti Iklan TV, Radio, E-Learning, Audio Book, Video Animasi hingga seperti IVR (Interactive Voice Response) Ruang Tunggu, Antrian dll.

Sebagian besar pengguna jasa Indovoiceover.com adalah perusahaan seperti Brand, Advertising Agency, Production House, Game Developer, E-Learning Developer, Video Maker, Audio Books dll.  Indovoiceover.com juga menyediakan System Online Casting bagi talent maupun client yang ingin menggunakan jasa Voice Over.

Dimulai pada tahun 2015 di Jogjakarta, Indovoiceover.com telah tumbuh dengan baik mempunyai 80 Voice Over Talent yang tersebar di Malaysia, China, Australia dan USA dan mempunyai banyak pilihan Bahasa seperti Arab, Spanyol, Perancis, Mandarin dan Malaysia.

Jatmiko Kresnatama (Indovoiceover.com Manager) menambahkan “Indovoiceover.com merupakan wadah bagi para Voice Over Talent untuk memperluas jaringan kerja mereka dengan client baik nasional, maupun multinasional. Ini merupakan sebuah win-win solution bagi Voice Over Talent dan Client.”

Dengan berkembangnya Teknologi Rekam Audio memudahkan bagi Voice Over Talent untuk merekam sendiri dan bekerja dari rumah. Indovoiceover.com terbuka bagi siapa saja yang ingin menjadi Voice Over Talent, dengan cara Free Sign Up dan mengirimkan Voice Demo.

Dalam waktu dekat Indovoiceover.com ingin menambah lebih banyak daftar Voice Over Talent baik yang lokal ataupun Native dan bahasa yang disediakan seperti Vietnam, Thailand, Jepang, German, Belanda dan lain-lain. Serta aktif mengadakan Workshop dan Meetup berbagi informasi seputar Tehnik Recording dan Voice Training untuk Voice Over Talent agar dapat meningkatkan kualitas Voice Over.

Lihatlah salah satu talent dari indovoiceover berikut ini:

Punya talent pengisi suara? Ingin gabung ke marketplace voiceover? Silahkan kontak indovoiceover dengan detil berikut ini:

Link website: www.indovoiceover.com

Press Contacts:

Jatmiko Kresnatama (Studio manager)

e: info@indovoiceover.com

m: +62 813-2991-4465

a: Perum.Tiara Grand Estate, Block C-1 Jl.Kaliurang 6.5/ Gg Timor-Timur, Yogyakarta Indonesia

Siap Menerapkan Cara Menjadi Pengisi Suara?

Itulah resep utama untuk menjadi pengisi suara professional. Mulai dari berlatih, menyiapkan demo rekaman, dan menemukan jaringan yang tepat.

Hal paling menarik di jaman teknologi sekarang adalah semakin terwadahinya Anda yang memiliki talent pengisi suara namun tidak tahu cara mencari klien. Pasar digital khusus pengisi suara seperti indovoiceover diatas sepertinya siap menjadi solusi atas kondisi tersebut. Nah, bagaimana, punya pendapat lain untuk cara menjadi pengisi suara?

Leave a Reply

CommentLuv badge

Tiket Pesawat Murah Diskon 10% Kode Promo "Tiket150" Hanya Sampai 3 Juli 2017Pesan tiket
+