23 Fitur Keren Android O yang Coming Soon

Sudah santer diberitakan jika Google merilis ulasan pengembang akan Android O. Versi android baru ini memiliki banyak perkembangan, mulai dari tampilan yang semakin menawan, perbaikan perangkat internal dan fitur keren android O yang ekslusif untuk diutak atik.

Banyak pengamat masih belum yakin apa apa nama resminya namun banyak bertaruh “Android 8.0 Oreo” sebagai nama paling tepat. Sambil menunggu Google untuk menyelesaikan persiapan rilisnya kepada publik, tidak ada salahnya Anda curi start, intip fitur dan fungsi terkini dari Android O ini. Menarik kan?

Menu Setting Yang Didesain Ulang

Hal paling menonjol secara tampilan yang berubah adalah menu setting dimana fitur teks abu gelap di depan latar putih. Anehnya, navigasi samping yang dikenalkan pada Android Nougat hilang. Semua varian menu diatur ulang untuk membuat menu setting sangat sederhana dan jelas.

File Manager Makin Canggih

Fitur bawaan Android file manager bukanlah yang terbaik di pasaran, namun selalu menyenangkan untuk memiliki cara untuk melihat-lihat file tanpa harus menginstal app tambahan. Apps file di Android O mengalami perubahan. Apps ini belum menyamai fitur seperti Solid Explorer dan FX File Manager namun memungkinkan Anda melihat, menghapus dan membuka file.

 

Batasan Latar Battery Saving

Percaya atau tidak, Android O akhirnya memperbaiki masalah borosnya baterai standby. Sebuah Doze Mode membantu sekali saat diperkenalkan bersama Marshmallow, kemudian ditingkatkan dengan Nougat. Kini Google memperketat aturan aplikasi yang bisa tampil di latar belakang.

Background Execution Limits diterapkan pada Android O. Apps ini akan menjamin aplikasi tidak akan sembarangan menampilkan layanan terbuka setiap saat.

Lebih bermanfaat lagi, aplikasi hanya akan meminta update lokasi beberapa saat setiap jamnya. Aplikasi batasan lokasi ini berlaku untuk semua aplikasi, apakah dibalik Android O atau versi Android lama. Sepertinya Google mulai serius mengatasi masalah baterai boros.

Membisukan Notifikasi Individual

Banyak tester menyukai fitur keren Android O akan kemampuannya untuk membisukan notifikasi individual. Saat pesan masuk, dan Anda tidak punya waktu berurusan dengannya, tinggal usap layar ke kanan kemudian ketuk ikon jam untuk membisukan notifikasi. Cara itu akan membuat pesan pergi selama 15 menit, kemudian kembali saat waktu tiba. Anda bisa mengubah waktu bisu setelah Anda membisukan notifikasi.

Scan Sidik Jari

Pixel dan Pixel XL mengirimkan fitur eksklusif yang membuat pengguna dapat menambah tempat notifikasi dengan mengusap kebawah di bagian scan sidik jari. Fitur ini telah ada sejak alat Nexus, namun Google mengambil fitur scan sidik jari ke tingkatan baru untuk fitur keren Android O.

Pengembang aplikasi pihak ketiga sekarang dapat menggunakan layanan akses untuk mengawasi usapan scan sidik jari baik vertikal atau horizontal. Ini berarti bahwa, dengan meminta ijin ekstra, aplikasi favorit Anda akan mendapatkan fungsi scan sidik jari.

Pengatur Bar Navigasi

Android Marshmallow mengenalkan sebuah menu tersembunyi dinamakan System UI Tuner yang membuat Anda bisa mengubah tampilan beragam sistem menu dan ikon. Android O sekarang mengembangkan opsi yang ada di sini, dan mungkin sebagai perkembangan terbesarnya adalah mengijinkan Anda mengubah tombol navigasi layar.

Jika Anda masuk menu bar navigasi di System UI Tuner, Anda akan mampu mengubah tampilan tombol layar, dan bahkan menambahkan ikon tambahan.

 

Shortcuts untuk Lock Screen

Tambahan hebat lainnya untuk System Ui Tuner adalah shortcut untuk lock screen yang mampu menambah shortcut yang muncul di pojok bawah lock screen. Anda bisa memilih aplikasi yang sudah diinstal untuk mengisi ruang yang ada dan ada beberapa shortcut bermanfaat yang bisa dipilih. Misalkan satu yang membuka kamera selfie langsung.

 

Mode Gambar dalam Gambar

Mengikuti langkah Android Nougat untuk mode split screen, Android O akan memungkinkan aplikasi dilihat sebagai gambar dalam gambar. Ini merupakan jenis khusus layar split screen yang sangat bermanfaat untuk melihat video saat memilih tugas lainnya. Aplikasi harus update untuk mendukung API yang baru.

 

Menu Baterai yang Baru

Menu baterai di Android O telah mengalami peningkatan yang lebih dari sekedar penyegaran.

Opsi terkait baterai pada umumnya seperti Adaptive brightness dan battery saver sekarang ada di atas menu untuk memudahkan akses, dan grafik pemakaian baterai semakin mudah dibaca. Hal paling menariknya adalah statistik di menu bagian bawah. Menu ini menyampaikan informasi berapa banyak baterai sudah terpakai oleh jaringan dan display gadget.

Kerangka Autofill

Anda mengetahui fitur auto fill di browser Chrome bukan? Fitur serupa diberikan untuk Android O yang akan menghemat input info berulang.

Kebalikan Tema

Fitur keren Android O yang ini merupakan kebalikan tema gelap yang diinginkan banyak orang namun Android O setidaknya membuat perbaikan untuk tema depan. Sebuah kebalikan tema tersedia saat Anda masuk menu display di bagian setting, kemudian ketuk Advance. Setelah memasang tema, menu sistem akan diisi warna latar belakang putih sporty dengan aksen gelap.

Jalur Notification

Menggunakan sistem bernama Notification Channels, aplikasi dapat membuat kategori untuk banyak notifikasi yang disampaikan. Misalkan, aplikasi Gmail dapat membuat aplikasi terpisah untuk pekerjaan dan personal untuk kategori inbox.

Saat aplikasi diperbaharui, Anda mampu mengendalikan prioritas dan penampakan setiap notifikasi yang ditampilkan aplikasi itu. Menyambung dari contoh Gmail tadi, Anda bisa membisukan notifikasi email pekerjaan selama waktu istirahat atau menyembunyikan sepenuhnya notifikasi yang berasal dari inbox kategori tertentu.

Ikon Adaptive

Dengan bantuan Pixel, Google memperkenalkan konsep ikon layar home bulat. Ini dikombinasikan dengan ikon umum Android dan gaya squircle Samsung. Ini berarti sekarang ada fragmentasi serius dengan ikon aplikasi. Untuk mengakomodir semuanya, pengembang akan memasukan lingkaran, kotak, squircle, dan ikon bebas bentuk dalam setiap aplikasi.

Hi-Fi Bluetooth Codecs

Bluetooth akan selalu dikritik karena kualitas rendah audio saat dibandingkan dengan headphone kabel. Namun seperti pernyataan Apple September lalu, kini jamannya wireless, jadi tenologi wireless harus menyesuaikan permintaan.

Untungnya Google menambahkan codecs kualitas tinggi Bluetooth untuk Android O, termasuk Sony’s LDAC yang seharusnya akan meningkatkan kualitas audio dengan alat Bluetooth yang sesuai.

Tanda Panah dan Navigasi Tab

Kini Android dapat menjalankan Chromebooks yang semakin terlihat bahwa touchscreen dan keyboard akan tidak berdampingan dengan sempurna. Solusi dari hal ini, Google membuat Android O semakin mudah ditebak saat menggunakan tanda panah atau tombol tab untuk tampilan navigasi. Fitur ini tampak seperti khusus bagi Chromebooks, namun jika Anda memakai TV Android untuk membandingkan keyboard Bluetooth dengan gadget lain, maka akan ada perubahan.

Perbaikan Pixel Launcher App Drawer

Satu file dibawah kategori perbaikan yaitu Pixel Launcher akan membuat Anda bisa mengusap dari manapun untuk membuka aplikasi drawer. Jadi Anda tidak perlu memulai usapan dari bawah dan saat Anda membuka app drawer, Anda akan melihat perubahan halus, tombol navigasi di bagian bawah layar sekarang berwarna hitam yang membuatnya mudah dilihat.

Wider Color Gamut dalam Apps

Untuk foto editing profesional, sangat penting untuk melihat gambar dilayar sama dengan gambar final nantinya. Masalahnya, beberapa gadget Android modern mendukung wide color gamut, namun aplikasi Android tidak memiliki kemampuan ini.

Sekarang Android O akan memungkinkan aplikasi menggunakan wide color gamut seperti AdobeRGB atau Pro Photo RGB pada satu gadget yang mendukung. Ini berarti apa yang Anda lihat di foto favorit editor adalah apa yang akan Anda lihat di tampilan canggih lainnya.

Wi-Fi Aware

Fitur keren Android O bernama WiFi aware memiliki fungsi yang menjanjikan. Tanpa harus berada di jaringan wifi yang sama, gadget menjalankan versi Android terbaru akan mampu mendeteksi satu sama lain kemudian membuat jaringan privat antar Android yang membuat mudahnya data sharing antar gadget itu.

Berbeda dari kerangka Android O dan API yang dibuka untuk pengembang, tidak banyak penggunaan WiFi Aware saat ini.

Notification Badges pada Home Screen

Fitur ini bisa dibilang mubazir karena Android sudah memiliki banyak fitur keren notifikasi. Namun demikian, pengguna iOS akan senang mengetahui bahwa Android O kini mendukung badges “Tidak terbaca” pada ikon home screen. Peluncur gadget akan mendukung fitur baru ini namun dapat diatur berfungsi atau tidak berfungsi secara kasus per kasus melalui pengaturan “Apps & Notification” pada menu Setting.

Tidak ada lagi Pengaturan ‘Unknown Sources’

Untuk mendownload aplikasi pada versi Android lama, yang harus Anda lakukan adalah mengubah status enable “Unknown source” dalam menu Settings, kemudian membuka APK. Dengan Android O, setting ini hilang dan sekarang Anda hanya perlu mempercayai aplikasi individual sebelum menginstall kunci APK yang didownload.

Dengan kata lain, saat Anda download APK dari browser Chrome, Anda akan dilanjutkan untuk mereview pengaturan “External Source”. Dari sana tinggal klik Chrome dari daftar kemudian pastikan opsi enable untuk “Trust apps from this source”.

 

Indikator Persen Baterai Battery

Sebelumnya, Anda dapat menggunakan System UI Turner untuk menambahkan sebuah overlay sederhana pada indikator baterai yang menggambarkan persentase terkini. Opsi ini masih hadir namun Anda dapat memilih menampilkan persentase disebelah indikator baterai.

Indikator Baterai dan Koneksi pada Quick Settings

Ini merupakan perubahan kecil, namun saat Anda menurunkan notifikasi untuk masuk ke kotak quick settings, Anda akan melihat serangkaian indikator baterai dan konektivitas di atas layar. Ketuk layar ini tidak berpengaruh apapun namun sangat berguna ada informasi itu di sana.

Tanda “Powered by Android” saat Boot Layar

Pixe dan Nexus akan melihat tambahan pada layar yang muncul saat booting awal gadget. Sekarang ada tanda “Powered by Android” di bagian bawah.

Coba Semua Fitur

Itulah kesemua fitur keren Android O yang akan segera diluncurkan ke publik. Google jelas telah bekerja dengan keras untuk persiapan peluncuran ini.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Butuh Uang Cepat Tanpa Jaminan? Waktu Proses Hanya 2 Hari Secara Online. Ajukan Pinjaman