2 Tahap Penting Layanan Konsumen Untuk Kemajuan Bisnis

Tahap penting dalam layanan konsumen merupakan faktor krusial dalam kemajuan bisnis Anda. Layanan konsumen yang baik dan juga ramah, bisa membuat konsumen Anda menjadi konsumen yang setia terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Meskipun layanan konsumen ini sangat penting, akan tetapi masih saja banyak pebisnis yang masih belum bisa memberikan layanan yang baik dan juga ramah kepada konsumennya.

Selain dari produk yang berkualitas, konsumen juga membutuhkan layanan yang baik dan ramah. Hal ini dibutuhkan oleh konsumen untuk memperoleh informasi mengenai, produk atau jasa yang yang ditawarkan. Tahap penting layanan konsumen yang memperhatikan kebaikan dan keramahan, akan berdampak kepada kepuasan dan loyalitas dari konsumen. Sehingga, layanan konsumen menjadi bagian yang sangat penting dalam setiap bisnis yang sedang dijalankan.

Layanan konsumen pra jual

Layanan konsumen pra jual adalah, layanan yang diberikan pada saat sebelum produk dijual. Dengan layanan konsumen pra jual ini, konsumen bisa terlebih dahulu mendapatkan atau mencari tahu informasi tentang produk yang Anda jual. Layanan konsumen pra jual bentuknya adalah, call center atau nomor kontak Anda. Layanan ini bisa di gunakan oleh setiap konsumen, yang ingin mengetahui mengenai spesifikasi produk dan juga harga dari produk yang dijual.

Layanan konsumen purna jual

Layanan konsumen purna jual adalah, layanan yang bisa Anda berikan kepada konsumen yang sudah membeli produk yang Anda jual. Layanan konsumen purna jual ini bentuknya adalah, garansi perbaikan pada jangka waktu tertentu, garansi penukaran produk, dan lain sebagainya. Dengan layanan konsumen purna jual ini, konsumen bisa melakukan pengaduan terhadap produk yang dibelinya. Misalnya, produk yang dibeli rusak atau tidak bisa digunakan.

Untuk bisa menjalankan tahap penting layanan konsumen tersebut, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu hal apa saja yang menjadi dasar untuk bisa menjalankan layanan konsumen tersebut dengan baik dan benar. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjalankan layanan konsumen:

  1. Standar dalam pelayanan konsumen
  2. Pelayanan yang sempurna
  3. Pelayanan costumer service 24 jam
  4. Tingkat kebahagiaan dari pelayanan
  5. Pemberian penghargaan kepada konsumen (bonus)

Itulah Tahap Penting Layanan Konsumen Anda Perlu Tahu

Dengan menerapkan 5 hal yang menjadi dasar dari tahap penting layanan konsumen tersebut, maka peluang bisnis Anda untuk tetap bertahan dan semakin jauh terbuka lebar. Jangan sampai membuat konsumen Anda merasa kecewa terhadap pelayanan yang Anda berikan, karena akan berdampak tidak baik kepada bisnis yang sedang Anda jalankan.

2 Comments

  1. arif Mei 13, 2016
    • Okto Mei 13, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge

Close
HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+