10 Panduan Membuat Instagram Menguntungkan Bisnis

Panduan membuat Instagram menguntungkan bisnis akan bermanfaat untuk Anda yang tertarik dengan medsos ini. Instagram sebagai media sosial luar biasa untuk konten foto yang kebanyakan binatang peliharaan, makanan, kopi dan mungkin saja produk bisnis Anda.

Sadarkah Anda meskipun Anda telah membuat Instagram sejak lama, bisa jadi Anda tidak benar-benar memiliki startegi marketing Instagram?

Postingan ini akan merangkum berbagi tips jitu Instargram untuk membawa banyak manfaat bisnis bagi Anda.

Kenapa Anda perlu menambahkan Instagram kedalam campuran media marketing? Inilah sebabnya dan penjelasannya, ayo simak.

Apa Pentingnya Panduan Membuat Instagram Menguntungkan Bisnis?

Media sosial ini sangatlah luar biasa. Instagram ternyata lebih dari sekedar foto binatang lucu atau makan siang orang lain, instagram merupakan tempat orang berkomunikasi dan merasa mereka bagian dari kehidupan komunitasnya.

Generasi millennial merupakan pengguna Instagram terbanyak. Komunitas yang masuk kategori usia millennial menggunakan instagram sebagai 10 media utama mencari informasi atau produk, ungkap Grant Munro.

Satu hal utama dalam Instagram adalah konten visual, itu sebabnya instagram bisa menjadi sarana kuat meyakinkan calon konsumen untuk membeli. Jika calon konsumen dapat melihat produknya kemungkinan besar mereka akan mencari tahu dan memutuskan untuk membelinya.

Bahkan pengguna yang membuat Instagram dan Pinterest meningkat sedangkan Twitter dan Linkedin tertinggal.

Pew Research Center, beberapa tahun terakhir menganalisa perkembangan Instagram dan menyampaikan bahwa semakin banyak orang di dunia menggunakan Instagram. Sebagai data dukungnya berikut ini data riset situs sosial Pew Research Center:

Riset pada 17 Maret s.d 12 April 2015

Prosentase pengguna dewasa dunia atas beberapa media sosial dalam 4 tahun terakhir

Facebook

  • Tahun 2012 sebanyak 67%
  • Tahun 2013 sebanyak 71%
  • Tahun 2014 sebanyak 72%
  • Tahun 2015 sebanyak 72%

Pinterest

  • Tahun 2012 sebanyak 15%
  • Tahun 2013 sebanyak 21%
  • Tahun 2014 sebanyak 28%
  • Tahun 2015 sebanyak 31%

Instagram

  • Tahun 2012 sebanyak13%
  • Tahun 2013 sebanyak 17%
  • Tahun 2014 sebanyak 26%
  • Tahun 2015 sebanyak 28%

Linkedin

  • Tahun 2012 sebanyak 20%
  • Tahun 2013 sebanyak 22%
  • Tahun 2014 sebanyak 28%
  • Tahun 2015 sebanyak 25%

Twitter

  • Tahun 2012 sebanyak 16%
  • Tahun 2013 sebanyak 18%
  • Tahun 2014 sebanyak 23%
  • Tahun 2015 sebanyak 23%

 

Dari data riset itu kita bisa menyimpulkan bahwa penggunaan Pinterest dan Instagram menngkat dua kali lipat dalam 4 tahun terakhir sedangkan media sosial lainnya cukup lambat tumbuh atau stagnan bahkan menurun.

Apakah Instagram Cocok Untuk Bisnis Anda?

Jika Anda berpikir Instagram tidak cocok untuk bisnis Anda, mungkin dugaan Anda meleset.

Instagram bisa membuat bisnis Anda lebih muncul, suatu hal penting di dunia yang serba visual. Instagram juga membantu bisnis Anda mencapai komunitas muda dalam skala besar.

Instagram juga bisa memberikan perubahan dalam menampilkan identitas untuk brand bisnis Anda. Ini merupakan kesempatan untuk menjadi imut, culun, menyenangkan dalam satu kesempatan.

Brandchannel.com merilis bahwa setidaknya 65% brand dunia sudah ada di Instagram karena mereka melihat pentingnya media sosial Instagram. Brand itu beragam mulai dari kartu kredit sampai kedai kopi.

Yang bisa Anda lakukan adalah dengan mempelajari bisnis-bisnis yang sudah terjun ke Instagram untuk melihat peluang apa yang bisa Anda manfaatkan.

Bagaimana Menggunakan Instagram untuk Bisnis Anda?

Ada banyak cara menggunakan media Instagram untuk bisnis Anda khususnya memaksimalkan eksistensi online bisnis Anda.

Evan LePage dari Hootsuite menyampaikan bahwa Instagram memberikan kesempatan untuk membangun dan memperkuat brand bisnis Anda.

Selain itu Instagram juga membantu menghubungkan bisnis dengan konsumen, memberikan sentuhan pribadi akan eksistensi online dan menjaga hubungan baik dengan komunitas klien.

Sudah tahu makna penting Instagram untuk Bisnis?

Sekarang inilah 10 cara membuat Instagram Menguntungkan Anda

#1 Manfaatkan aplikasi edit foto seperti Afterlight atau VOSCO

Satu hal utama dalam Instagram adalah menciptakan foto yang keren. Ini berarti Anda jangan hanya sekedar upload foto biasa. Anda harus memastikan foto yang dibagikan berkualitas atau setidaknya keren.

Luangkan sedikit waktu untuk memeriksa beberapa aplikasi edit foto yang ada dan cobalah.

Alat edit foto termasuk VOSCO atau afterlight layak untuk dicoba. Masih banyak aplikasi lain yang bisa dicoba untuk membuat foto yang berkelas, berkesan, unik dan menarik yang akan disukai follower Instagram Anda.

#2 Gunakan Aplikasi Repost untuk Berbagi Foto Klien di Jaringan Anda

Berbagi konten klien merupakan cara ampuh menumbuhkan keterikatan dan interaksi. Namun demikian, tidak terlalu mudah untuk melakukan ini di Instagram.

Lalu gimana caranya bisa repost foto klien?

Anda bisa memanfaatkan aplikasi bernama Repost. Silahkan download, login menggunakan data Instagram Anda dan Anda akan melihat feed instagram di sana.

Pilihlah foto yang ingin di repost dan selesai.

#3 Latergramme untuk Pengingat Waktu Posting Konten Instagram

Membuat jadwal posting konten di Instagram tidak semudah di media sosial lainnya, namun ada aplikasi yang bisa membantu Anda melakukan ini dengan mudah.

Salah satu aplikasi jadwal posting Instagram yang terkenal adalah Latergramme yang memungkinkan Anda menciptakan semua konten IG dan membuat pengingat kapan untuk melakukan posting.

Ini sangat bermanfaat terutama bagi Anda yang super sibuk. Penggunaanya pun sangat mudah.

#4 Wishpond Instragram Contest untuk Memantapkan Brand

Sebuah kontes merupakan cara bagus untuk mempromosikan interaksi dengan klien dan followers Instagram.

Saat berbicara Instagram, sebanyak 75% pengguna (data rilis wishpond) telah mengikuti kontes.

Ada banyak aplikasi yang siap membantu Anda mengorganisir kontes di Instagram termasuk Wishpond.

Aplikasi ini tidak hanya akan membantu Anda melakukan kontes tapi juga memberikan tips dan trik agar kontes Anda sukses.

#5 Jangan Lupa Hash Tags

Hashtags memberikan kesempatan untuk menciptakan tag sendiri untuk banyak hal seperti kontes atau konten untuk follower.

Hashtag bisa digunakan untuk topic tren agar jangkauan informasi diskon semakin luas. Anda juga bisa tetap update dengan klien dengan mengikuti tag khusus. Hashtag pada intinya merupakan cara promosi interaksi dan membantu Anda melihat semua foto yang dibagikan klien Anda.

#6 Dapatkan Anaisa Instagram dengan Iconoquare

Analisa bisa membantu banyak bagi bisnis Anda. Anda bisa memahami seberapa baik postingan Anda membantu mencapai tujuan dan mengetahui apa yang perlu diperbaiki.

Saat menggunakan Instagram, Anda mungkin melihat sulitnya mendapatkan informasi analisa.

Iconoquare merupakan aplikasi analisa yang siap membantu Anda mempelajari postingan mana saja yang berfungsi sempurna, siapa follower terbaik Anda dan banyak hal lainnya. Jika Anda mengintegrasikan bisnis kedalam Instagram, Iconoquare merupakan aplikasi wajib bagi Anda.

# 7 Jangan Lupa Interaksi agar Follower Bertambah

Instagram merupakan media sosial untuk interaksi dengan manusia lain dan membuat mereka merasa bagian dari hidup atau bisnis Anda. Salah satu cara mewujudkan ini adalah dengan berinteraksi.

Ada banyak cara interaksi mulai dari tagging mereka dalam foto, mention, member like, komentar atau mengirim pesan langsung.

Luangkanlah waktu untuk berinteraksi dengan follower dan Anda akan sanggup memiliki basis klien yang mumpuni.

#8 Manfaatkan untuk Berbagai Apa Yang Ada Di Balik Layar

Visual di balik layar sangatlah menggugah. Follower akan merasa sebagai bagian dari hidup Anda.

Bagaimana bisnis bisa berbagi momen dibalik layar?

Anda bisa berbagi proses pembuatan produk, foto pergi ke sebuah seminar, foto harian di sekitar kantor juga bisa dimanfaatkan.

Meskipun Anda kerja online dari rumah, Anda bisa berbagi foto meja kerja, atau hewan peliharaan yang setia menemani Anda bekerja di depan laptop kesayangan atau apapun yang memberikan gambaran akan kehidupan nyata Anda.

# 9 Bagikan Kupon Unik

Anda bisa membuat orang lain merasa spesial dengan berbagi kupon khusus jika mereka mengikuti Anda. Cara ini juga bisa mendorong mereka menceritakan bisnis Anda kepada banyak orang lainnya.

Anda bisa melakukan ini untuk setiap media sosial yang Anda ikuti. Pengikut Anda dipastikan akan merasa spesial dengan perlakuan khusus seperti ini.

# 10 Berbagi Sesuatu yang Imut

Hal menarik lainnya saat menggunakan Instagram adalah kekuatan Instagram itu sendiri, berbagi foto imut dan menarik. Keimutan merupakan hal universal yang akan disukai semua orang.

Hewan peliharaan seperti kucing, anjing atau hewan lainnya merupakan objek cocok untuk berbagi foto imut.

Atau jika Anda menemukan hal-hal imut di manapun Anda sedang beraktivitas, foto dan bagikanlah ke follower Instagram Anda.

Pengguna suka melihat foto-foto imut di timeline mereka dan itu bisa menjadi jeda konten-konten promosi yang bisa mejemukan jika terlalu sering.

Bangunlah Brand Anda Mulai dengan Instagram

Instagram merupakan salah satu media sosial yang akan membantu Adna mendapatkan sisi kompetitif yang mungkin dibutuhkan bisnis Anda untuk maju.

Manfaatkan peluang ini dengan berbagi foto kepada klien dan perkuat brand anda.

Bookmark Panduan Membuat Instagram Menguntungkan Bisnis Ini

Itulah keseluruhan panduannya. Untuk kemudahan Anda jangan lupa untuk bookmark postingan ini. Selamat mencoba

 

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+