Yahoo terbitkan Laporan Transparansi Permintaan Data Pengguna

  • 4
    Shares

Yahoo menerima sekitar 50.000 permintaan pemerintah atas informasi pengguna layanan yahoo pada tahun 2013 dimana 21.000 permintaan diantaranya datang pada semester pertama tahun itu berdasarkan data transparency report.

Semua permintaan tersebut datang pada rentang waktu Juli sampai Desember 2013 yang melibatkan 32 ribu akun Yahoo. Permintaan tersebut datang antara lain dari national Security Letters (NSLs), Foreign Intelligence Surveillance Act (FISA) dan permintaan data kriminal dari pengadilan.

Pemerintah Amerika Serikat tercatat paling banyak mengajukan permintaan (6587 permintaan data) yang melibatkan 11,795 akun pengguna. Jumlah itu belum termasuk NSLs dengan ratusan permintaan yang melibatkan hampir dua ribu akun pengguna.

Pemerintah Jerman mengajukan 3.186 permintaan yang melibatkan 11.795 sedangkan pemerintah Italia 1.909 permintaan melibatkan 2.150 akun pengguna.

CEO Yahoo menyampaikan bahwa pengguna Yahoo memberikan kepercayaan yang tinggi sehingga Yahoo menganggap masalah privasi sebagai suatu hal yang serius sekali. Di sisi lain, Yahoo juga sadar akan perannya sebagai perusahaan global yang mendukung kebebasan berekspresi. Komitmen Yahoo atas privasi, keamanan dan kebebasan ditunjukkan melalui pemberian akses atas permintaan informasi dari pemerintah.

Pendekatan Yahoo memiliki tiga prinsip utama yaitu melindungi data pengguna, membantu pengguna, dan mendukung hak asasi manusia. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut:

Melindungi data pengguna

  • Yahoo melindungi data pengguna dari permintaan data yang tidak resmi sekalipun permintaan itu datang dari pemerintah suatu negara.
  • Yahoo mengenkripsi semua produk dan layanannya untuk melindungi data dari upaya diam-diam untuk melihat data pengguna tanpa ijin.
  • Yahoo ingin mengedepankan kepentingan pengguna lebih dulu dan ingin menularkan pendekatan ini kepada para pengembang teknlogi aplikasi. Hal ini dibuktikan dengan pengelolaan acara User First! sebagai edukasi pengembang baru atas pentingnya isu proteksi data dan hak asasi manusia.

Membantu pengguna

  • Yahoo gencar menyuarakan bahwa pemerintah di seluruh dunia menyesuaikan kebijakan pengawasannya kepada prinsip Yahoo. CEO Yahoo telah bertemu dengan Presiden Barrack Obama mendiskusikan perlunya reformasi pengawasan intelijen agar sesuai dengan prinsip Yahoo tersebut.
  • Yahoo terus memperjuangkan transparansi terkait pengumpulan data dalam rangka pengawasan intelijen. Yahoo menentang pemerintah Amerika Serikat untuk memperjuangkan hak mendapatkan informasi tentang keamanan nasional Amerika Serikat.
  • Yahoo secara rutin menentang permintaan data yang tidak sah. Yahoo merupakan satu-satunya perusahaan yang menentang pasal 702 Perubahan FISA Act dalam persidangan secret Foreign Intelligence Surveillance.

Terus mendukung hak asasi manusia

  • Yahoo terus mendukung kebebasan berekspresi dan perlindungan data di internet. Hal ini ditunjukkan dengan peluncuran Yahoo Business and Human Rights Program pada tahun 2008 untuk memasukan isu hak asasi manusia dalam kultur bisnis Yahoo.
  • Yahoo berperan dalam pendirian Global Network Initiative, sebuah koalisi perusahaan informasi dan teknologi informasi, organisasi hak asasi manusia, akademisi serta para investor. Melalui inisiatif tesebut Yahoo mempersilahkan pihak independen untuk melakukan penilaian atas kinerja mereka sebagai upaya untuk meningkatkan performa layanan dari waktu ke waktu.

Kepercayaan : Isu utama bisnis online tahun 2014

Seperti sudah sedikit di bahas dalam tren Google dalam industri online 2014, kepercayaan sepertinya memegang peranan krusial dalam industri ini. Khusus dalam kompetisi ini, Yahoo memang menjadi pesaing kuat Google yang memiliki semua kapasitas sebagai modal untuk bersaing. Laporan transparansi Yahoo ini merupakan bukti nyata bahwa kepercayaan konsumen menjadi salah satu tujuan utama dalam persaingan para raksasa bisnis pencarian online ini.


  • 4
    Shares
  • 4
    Shares

No Responses

  1. Pingback: Monthly Report April 2014 Juni 29, 2014

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+