Mengapa Sulit Menurunkan Peringkat Alexa Blog Saya?

Share

Banyak blogger yang kerap menanyakan “mengapa sulit menurunkan peringkat alexa blog saya?”. Apakah makna yang terkandung dibalik pertanyaan itu?

Jika Anda perhatikan lebih jauh lagi, banyak juga blog-blog yang menampilkan peringkat alexa blog mereka di halaman depan.

Fenomena ini menunjukkan bahwa alexa memegang peran penting dalam perkembangan sebuah blog. Semakin kecil peringkat alexa yang dimiliki sebuah blog maka semakin baik. Setidaknya itulah pendapat mayoritas pengguna internet.

Pengaruh peringkat alexa sebuah blog menjadi semakin penting jika sudah melihat sisi komersial, peringkat alexa menunjukkan nilai komersial sebuah blog/website untuk tujuan bisnis.

Dimana letak komersialnya?

Tentu saja calon pembeli. Baik itu peminat untuk membeli blog itu dengan harga tertentu ataupun untuk memasang iklan di blog itu. Setidaknya itulah tujuan pemilik blog bekerja keras menurunkan peringkat alexa blog/website yang dimilikinya.

Pada dasarnya peringkat alexa bermula dari 1 sampai jutaan. Semakin besar peringkat Alexa suatu blog/website maka semakin tidak baik nilai blog itu untuk tujuan bisnis karena dianggap memiliki traffic blog yang rendah.

Ini berarti jika Anda membuat blog dengan peringkat alexa di bawah 100.000 maka blog Anda bisa dikatakan memiliki jumlah pengunjung yang cukup baik. Jika peringkat sebuah blog adalah 3.000.000 ke atas maka bisa dikatakan blog itu relatif masih baru atau bahkan belum memiliki traffic harian yang cukup untuk menunjang sebuah bisnis online.

Jika peringkat alexa blog Anda katakanlah pada kisaran 300.000 maka Anda memiliki traffic blog 10 kali lipat lebih banyak dibandingkan blog yang memiliki peringkat alexa 3.000.000. Tapi tahukah Anda, penghitungan sederhana ini belum tentu akurat karena alexa membutuhkan waktu untuk memberikan peringkat pada sebuah blog.

Mengapa demikian? Karena peringkat alexa bergantung pada jumlah pertukaran pengunjung blog yang menggunakan alexa toolbars. Kunjungan rutin yang dilakukan oleh sebuah blog yang memiliki alexa toolbars dapat mendongkrak peringkat blog lain yang dikunjungi.

Lantas, kenapa juga bila Anda sudah menerapkan segala tips ngeblog untuk melangsingkan peringkat alexa blog Anda namun kenyataannya peringkat alexa blog Anda tetap besar?

Bagaimana Menurunkan Peringkat Alexa Sebuah Blog?

Peringkat alexa blog ini sendiri mulai pada kisaran 14.000.000 sejak pertama kali dimulai pada bulan Januari 2012. Dengan frekuensi pembaharuan artikel rata-rata seminggu sekali maka peringkat alexa blog per 5 November 2012 adalah :

Memang tidak begitu signifikan, namun peringkat alexa blog dapat terus menurun secara konsisten dengan 3 tips berikut ini …..

3 Tips Menurunkan Peringkat Alexa Sebuah Blog atau Website

Pada dasarnya peringkat alexa banyak diperdebatkan khususnya berkaitan dengan kesempurnaan sistem alexa dalam memberi peringkat. Namun terlepas dari itu, peringkat alexa merupakan salah satu sistem pemeringkat terbaik yang pernah ada, dan yang lebih baik lagi adalah pembaharuan peringkat secara rutin yang dilakukan sistem alexa.

Melalui pembaharuan ini Anda dapat memantau pergerakan peringkat alexa blog/website Anda setiap saat. Nah berdasarkan pengalaman dalam mengembangkan blog ini maka saya menemukan 3 tips utama yang sangat baik untuk menurunkan peringkat alexa blog/website.

Page: 1 2 3 4 5