Yang Dimaksud Headline Adalah …


Yang dimaksud headline adalah .. mungkin kamu sedang kebingungan mengartikan headline sekarang ini. Nah, postingan kali ini ingin mengungkap penjelasan akan headline ini. Sejak awal lahirnya ilmu pemasaran sampai spanduk iklan masa kini, iklan media cetak sampai media social, headline merupakan salah satu aspek penting dalam semua kampanye iklan.

Sebuah headline yang baik dapat menarik perhatian. Tidak berhenti di sana, sebuah headline yang baik juga dapat mengubah konsumen yang prospektif menjadi penjualan. Namun sebenarnya apa perbedaan yang berfungsi dan headline yang benar-benar menguasai konsumen?

Untuk menjawab pertanyaan tadi, maka perlu didalami apa yang dimaksud headline itu.

Yang Dimaksud Headline adalah …




Headline dalam periklanan menangkap perhatian sama seperti headline dalam surat kabar. Sebuah headline periklanan di desain untuk menjadi informasi pertama yang dibaca konsumen potensial dan biasanya ditulis oleh seorang professional. Teks tebal, ukuran font besar dan warna beragam merupakan beberapa metode yang dibuat untuk sebuah headline berkualitas. Yang dimaksud headline adalah judul yang dibuat khusus untuk menjadi efektif dan menarik mengarahkan pembaca ke materi tertentu.

Jenis Headline

Pada prinsipnya ada dua jenis headline.

Jenis pertama headline bekerja bersama dengan gambar. Jika materi iklan terlaksana dengan baik, kedua elemen saling bergantung untuk menciptakan iklan yang luar biasa. Sebuah contoh klasik adalah iklan VW yang menampilkan seorang mekanik duduk di sofa psikiater, dengan headline “Apakah kita memaksa mekanik terlalu keras?”. Headlinenya saja tidaklah bagus dan gambar saja akan membingungkan, namun kombinasi keduanya dengan tepat akan luar biasa dampaknya.

Jenis kedua headline adalah headline yang tidak membutuhkan gambar. Secara tradisional, jenis headline kedua adalah bagaimana iklan dibuat, dicetak dan dipublikasikan selama puluhan tahun. Seorang copywriter akan mengerjakan headline dan isi iklan. Kemudian materi iklan menuju bagian seni, dimana direktur seni atau desainer akan membuat “bayangan” yang menampilkan headline dalam sebuah bentuk. Sampai akhirnya seorang bernama Bill Bernbach dating dengan aksi revolusioner menempatkan copywriter dan direktur desain sebagai satu tim. Kini proses pembuatan headline dan gambar berbarengan dalam satu tim. Inilah yang menjadi proses pembuatan iklan modern, baik headline ataupun gambar dapat datang bergantian.

Cara Menulis Headline Yang Baik

Sebuah headline yang baik dimulai dengan kreativitas singkat. Faktanya, banyak direktur kreatif percaya jika unique selling proposition secara singkat adalah headline singkat yang akan dilihat pertama kali oleh penulis. Sudah menjadi tugas departemen kreatif untuk membuat headline yang lebih baik dari usulan. Sebuah contoh headline dari perusahaan asuransi adalah “jangan biarkan penyakit Anda menyiksa keluarga”. Headline itu sangat bagus dan merupakan unique selling proposition yang sangat kuat.

Segera setelah kamu memiliki headline singkat yang kreatif, belajar banyak hal tentang produk atau jasa yang akan dipromosikan. Jika memungkinkan, lihat secara langsung. Jika produknya berupa mobil, kendarailah. Jika sebuah salon maka gunakan jasanya. Kamu harus menyelami produknya lebih dulu.

Selanjutnya lihatlah kemana iklan akan pergi. Apakah akan berada di billboard jalan utama ibu kota? Akankah dipasang di majalah? Bagian mana dari majalah?

Kemudian mulailah menulis. Tulis manfaat produk. Tulis pengalaman. Tulis kata yang menghubungkan konsumen dengan inti dari produk atau jasa itu. Turunkan semuanya di atas kertas sehingga ide dapat mulai terbentuk dan bersatu dalam sebuah halaman.




Lihat kembali ide itu dan kamu akan mulai melihat kaitannya. Kata akan muncul dengan sendirinya. Kalimat akan muncul. Tiba-tiba, dua ide yang tidak berkaitan akan terkombinasi menjadi sebuah headline yang cerdas dan menarik.

Jadi Yang Dimaksud Headline adalah Apa?

Itulah penjelasan mudah dalam menjawab kebingungan kamu akan headline. Jadi kamu sudah lebih paham menjawab pertanyaan “yang dimaksud headline adalah apa” sekarang. Tidak perlu bingung lagi ya … Informasi ini bermanfaat? Jika iya, bagikan kepada temanmu di twitter atau facebook.

Jangan lupa bergabung di fanpage notordinaryblogger untuk mendapat informasi bermanfaat lainnya.


One Response

  1. safni alfanani Oktober 12, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+