Ukuran Font Margin Spasi Surat Lamaran Kerja Terbaik

Ukuran font margin spasi surat lamaran kerja tanpa disadari bisa punya pengaruh atas terpanggilnya Anda untuk interview atau tidak. Memikirkan ukuran font margin spasi surat lamaran kerja mungkin tidak pernah terpikir oleh Anda. Sebenarnya, untuk mereka yang menyukai ilmu pengetahuan tulis menulis, ada sebuah tips untuk font, margin atau spasi dalam sebuah lamaran kerja agar tampil menawan.

Isi dari surat lamaran kerja merupakan konten yang akan meyakinkan manajer perusahaan mengundang Anda untuk interview. Itu sebabnya ada orang yang menyadari hal ini menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyusun surat lamaran kerja terbaik.

Pilihan font tidak kalah pentingnya. Pilihlah tipe yang layak untuk surat lamaran kerja agar mudah dibaca. Jika Anda berusaha tampil unik untuk sebuah surat lamaran kerja itu bisa menjadi blunder fatal yang menjauhkan Anda dari kesempatan interview.

Font dasar
Font merupakan jenis huruf dan desain penomoran yang digunakan untuk menulis dokumen.  Font sederhana seperti Arial atau Verdana menjamin kemudahan membaca surat lamaran kerja Anda. Font lain bisa memberi kesan personal seperti Roman atau Chiller. Ingin menggunakannya, Anda harus memastikan perusahaan yang merekrut tidak menggunakan mesin scanner untuk seleksi surat lamaran kerja karena Roman atau Chiller kurang maksimal dengan menggunakan scanner.

Ukuran juga penting

Jangan buat kesalahan dengan menurunkan ukuran font yang sudah benar demi memasukan lebih banyak kalimat dalam sebuah surat lamaran kerja. Hal demikian sama halnya dengan curang. Lebih baik Anda edit surat lamaran kerja untuk membuang kata-kata yang tidak dibutuhkan.

Semakin Anda mengurangi ukuran font semakin Anda tidak terlihat pantas untuk lowongan kerja yang ditawarkan.

Untuk font dasar seperti Arial, menggunaan ukuran 10,5 sampai 12 akan memberikan hasil terbaik. Jika Anda ragu, ukuran font 11 akan memberikan kesempurnaan untuk kemudahan membaca.

Opsi style untuk font
Saat Anda sudah memutuskan font mana yang akan digunakan, selanjutnya bisa memikirkan elemen style untuk surat lamaran kerja itu. Style terdiri dari warna, italic, sampai bold.

Demi kesederhanaan, pilihlah karakter tulisan standar. Meminimalisir penggunaan bold kecuali untuk bagian judul. Memaksakan penggunaan italic bisa membuat mesin scan surat lamaran kerja tidak mampu mendeteksi surat lamaran kerja Anda.

Di bagian judul Anda bisa menggunakan huruf besar, namun jangan menulis semuanya dengan huruf besar. Itu sama saja seolah ANDA BERTERIAK KEPADA PEMBACA.

Warna bawaan font sebaiknya hitam.

Bagaimana dengan margin surat lamaran kerja?

Gunakanlah margin umum seperti 1 inci untuk semua sisi dokumen surat lamaran kerja. Kemudian sama ratakan semua paragraf ke bagian kiri.

Penting untuk Ukuran Font Margin Spasi Surat Lamaran Kerja

Tidak perlu memikirkan hal “keren” dalam membuat surat lamaran kerja. Konsisten pada satu pilihan font (misalkan arial) dan beberapa style penulisan (misalkan huruf besar dan bold). Dengan strategi ini Anda tidak akan membebani pembaca dengan dokumen yang terlihat seperti catatan dokter.

Pada akhirnya Anda ingin surat lamaran kerja mudah dibaca baik oleh manusia ataupun oleh mesin scanner. Oleh karenanya berikanlah kemudahan itu dengan pilihan ukuran font margin spasi surat lamaran kerja yang aman untuk digunakan.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Promo Hosting Murah Hanya Rp 29ribuan/bulan Gratis Domain Selamanya! Buruan cuma sampai 5 Mei 2017Beli Hosting Sekarang