Tugas Product Development Penting Untuk Kesuksesan Perusahaan

Tugas product development sangatlah penting dalam kesuksesan perusahaan. Setidaknya ada dua cara untuk memenangkan inovasi produk. Pertama adalah memilih proyek yang tepat untuk berinvestasi dan lebih penting lagi untuk menghentikan proyek berindikasi gagal lebih cepat. Cara kedua adalah untuk menjalankan proyek product development dengan tepat. Untuk bisa efektif dalam product development Anda membutuhkan proses, sumber daya manusia dan teknolgi dikombinasikan bersama untuk menjadi sebuah mesin produksi baru.

Saat dinekalkannya ­best practice tugas product development seorang manajer, dititikberatkan peran untuk memandu proses pengembangan produk. Peran seorang pemandu adalah mengawasi pergerakan dan memastikan produk untuk dipasarkan secepat mungkin. Anda akan berhadapan dengan senior executives, investor dan para staf ahli lain dalam perusahaan.

Tugas Product Development Penting dalam Sebuah Perusahaan

Ahli Proses Pengembangan Produk Baru (New Product Development/NPD)

Ide berkualitas dan proses manajemen merupakan penentu utama kesuksesan produk baru. Setiap organisasi memiliki strategi usaha yang bergantung pada kesuksesan produk baru harus fokus pada proses ini. Seorang manajer product development akan menjadi ahli Proses NPD. Dia akan berada di puncak proses. Dia juga akan mengembangkan keahlian secara internal. Menjalankan evaluasi pasca launching untuk menemukan cara baru yang efektif dan mengurangi pola kerja yang tidak efektif. Keahlian manajer ini memandu proses harian sekaligus evolusinya.

Pendidik

Sebuah inovasi produk yang sukses merupakan kerja tim lintas fungsi yang melibatkan banyak pihak dalam organisasi mulai dari anggota tim, senior executives dan pimpinan proyek. Sebuah proses berkualitas saja tidaklah cukup. Pemain harus memahami peran masing-masing dengan sikap yang berkualitas. Seorang manajer product development akan menjadi “pelatih tim”. Dia memberikan pelatihan konsisten, pelatihan berkualitas kepada semua peran yang terlibat termasuk memberikan masukan kinerja tim.

Penjaga Nilai

Perusahaan papan atas selalu menjaga nilai. Inilah bagian penting tugas product development seorang manajer. Dia akan tahu saat menang atau kalah dan melakukan penyesuaian yang diperlukan. Dia akan melacak dan menilai matrik berharga yang dirancang untuk menjamin kesehatan proyek individu, proses yang dijalani dan menyelesaikan rangkaian proyek.

Fasilitator

Seorang dengan tugas product development harus mampu menjadi fasilitator. Ini berarti Anda bisa mengkomunikasikan berbagai masalah yang sifatnya lintas fungsi. Sebagai sebuah komunikasi maka sifatnya dua arah. Akan ada penyampaian pesan dan masukan yang diberikan oleh berbagai pihak dalam organisasi itu. Peran sebagai fasilitator ini sangatlah penting untuk menjaga ritme pengembangan produk tetap berkualitas, efektif dan efisien untuk mencapai target proyek yang sudah ditetapkan. Jika fungsi fasilitator ini dapat dijaga dengan baik, bukan tidak mungkin organisasi bisnis Anda akan memenangkan persaingan usaha yang sangat ketat sekalipun.

Penterjemah

Berkaitan erat dengan fungsi fasilitator tadi, akurasi komunikasi penting untuk mempercepat pengembangan produk baru. Mayoritas proyek gagal disebabkan miskin komunikasi. Manajer menjadi jembatan semua fungsi yang terlibat sampai sebuah bahasan bersama dipahami dalam organisasi itu. Seorang manajer product development akan meningkatkan kualitas melalui persyaratan proses (misalkan rencana proyek, mekanisme scorecard dan catatan keputusan), beragam keputusan (misalkan proses pertanyaan saat menjalani proses fasilitator menggunakan kerangka dan media untuk memandu diskusi tim yang terintegrasi) termasuk keputusan senior executives dalam perusahaan (misalkan menjadwalkan executive untuk menjelaskan masalah NPD dalam rapat, dan sebagainya)

Mau Terapkan Tugas Product Development?

Tidak ada proses yang bisa berjalan sendiri. Seorang manajer dengan tugas product development merupakan bagian penting untuk menjamin kesuksesan proses pengembangan produk dalam organisasi bisnis. Jika Anda memiliki peran product development ini sekarang, evaluasi perannya untuk menjamin semua peran berfungsi maksimal. Jika Anda tidak memiliki peran itu, pertimbangkan kinerja pengembangan produk ini untuk kemajuan organisasi bisnis dalam membuat produk baru.

One Response

  1. Siswo Juni 14, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+