Tren Jaringan Media Sampai Tahun 2032

Pagelaran olimpiade ibarat sudah menjadi tradisi bagi penggemar setianya, termasuk media informasi yang selalu meliput acara ini. Salah satu raksasa media, NBC, telah membuat kesepakatan pembelian hak siar senilai $7,65 milyar untuk penayangan olimpiade di televisi dan media online sampai tahun 2032 dalam jaringannya. Nilai kesepakatan tersebut telah menyedot perhatian para pengamat media untuk memperhatikan seberapa untungya bisnis ini atau di sisi lain untuk melihat bagaimana kira-kira perilaku konsumsi media pada tahun 2032. Para pengamat media mulai bertanya-tanya bagaimana tren jaringan media sampai tahun 2032.

Para pengamat menilai bahwa olimpiade merupakan sumber kerugian bagi bisnis NBC. Jaringan media ini merugi sampai $223 juta pada olimpiade musim panas di London. Meskipun demikian NBC tetap memperpanjang kontraknya satu tahun kemudian dengan kesepakatan pembelian hak siar senilai $4,4 milyar sampai tahun 2020. ESPN (pesaing terberat waktu itu) mengeluarkan pernyataan pada tahun 2011 (kurang lebih pernyataan ESPN dapat diartikan bahwa untuk menawar harga hak siar lebih tinggi dari penawaran kami akan membuat bisnis ini tidak masuk akal).

NBC sendiri memberikan penjelasan berulang kali bahwa mendapatkan hak siar olimpiade bukanlah untuk sekedar mencari keuntungan. Jaringan media NBC telah menyiarkan olimpiade sejak 1964, dan berpendapat bahwa jika meneruskan tradisi itu akan membawa keuntungan kepada program-program lainnya di bawah jaringan NBC. Efek tidak terlihat itulah yang dinilai NBC bernilai jauh lebih besar daripada nilai kontrak yang disepakati. NBC juga menyatakan bahwa stabilnya pendapatan dari acara olahraga tersebut cukup baik. Sebagai gambaran dijelaskan bahwa sesaat sebelum Olimpiade Sochi di bulan Februari lalu yang mendatangkan pendapatan sebesar $1,1 milyar. Kunci sukses dari pendapatan tersebut (mungkin) adalah penyebaran jangkauan media televisi berbayar dan media online berbasis internet.

Sekarang jaringan media ini membayar $1,275 milyar untuk setiap olimpiade sampai tahun 2032 dimana nilai ini 40% lebih tinggi dibandingkan kontrak sebelumnya (Tahun 2012 nilai kontrak hak siar NBC atas olimpiade adalah $880 juta per satu pagelaran olimpiade). Menurut NBC nilai ini bukanlah pertanda terjadinya inflasi di dunia media olahraga meskipun kenaikan nilai kontrak hak siar juga terjadi atas perpanjangan kontrak pembelian hak siar National Football Leage pada tahun 2011 yang naik sekitar 74% menjadi $1,05 milyar.

Pengamat menilai langkah NBC terlalu beresiko. Belum ada media yang dapat memprediksi masa depan media informasi. Tidak dapat diprediksi berapa banyak orang masih menyukai olimpiade pada 18 tahun mendatang atau media apa yang akan menjadi pilihan masyarakat dunia saat itu. Prediksi media informasi pada tahun 2032 memang masih buram, tindakan NBC dinilai sangat beresiko. NBC sudah sangat berpengalaman dalam menjual iklan di televisi, tahun 2032 mungkin masih banyak penggemar setia olimpiade, namun jika perilaku konsumsi media beralih ke media online, NBC belum cukup umur untuk menjual iklan di sana.

Namun demikian, kontrak NBC atas hak siar olimpiade di televisi dan media online sampai tahun 2032 setidaknya memberi gambaran bahwa potensi iklan di media online sangat besar (setidaknya itu keyakinan NBC). NBC membocorkan analisanya bahwa terjadi kenaikan 8 kali lipat terhadap jumlah pemirsa Olimpiade Sochi yang menggunakan media berbasis internet dibandingkan Olimpiade musim dingin di Vancouver tahun 2010. Penyesuaian produksi konten untuk televisi dan jaringan media online membuat NBC memiliki semakin banyak ruang untuk ditawarkan kepada para pemasang iklan.

Bagaimana Tren Jaringan Media di Indonesia Sampai Tahun 2032?

Sepertinya langkah NBC yang rela menggelontorkan uang yang tidak sedikit untuk membeli sebuah hak siar acara olah raga Olimpiade (yang menurut saya tidak sebesar piala dunia sepakbola) penting untuk dicermati. Ini penting karena ada klausul hak siar di media online dalam kesepakatan tersebut. Ini berarti arena dunia maya bukan main keuntungannya bagi dunia bisnis khususnya periklanan.

Indonesia mau tidak mau akan terkena efeknya dan sudah ada tanda-tanda bahwa jaringan media online akan menjadi pasar yang menguntungkan di tahun-tahun mendatang. Tanda-tanda tersebut adalah sebagai berikut:

Jumlah Pengguna Smartphone Berbasis Layanan Internet Terus Meningkat

Besar kecilnya potensi bisnis dapat diukur dengan mudah dengan melihat jumlah penggunannya.

Berkembangnya smartphone murah berkualitas membuat jumlah pengguna smartphone semakin besar. Dengan demikian potensi bisnis di dalam berbagai aspek yang terkait smartphone. Mulai dari layanan service smartphone, pulsa, nomor telepon, jaringan telekomunikasi, paket internet sampai iklan-iklan di media internet ataupun media smartphone.

Jumlah Penyedia Layanan Internet

Saat ini jumlah penyedia layanan internet sudah cukup banyak di Indonesia dengan harga yang terjangkau untuk sebagian besar masyarakat. Ini berarti akses masyarakat semakin mudah kepada internet, dan berarti ruang gerak bisnis semakin terbuka di dunia maya

Respon Positif Pengguna Internet

Jumlah pengguna internet Indonesia menunjukkan tren yang positif. Ini berarti pasar dunia internet akan semakin luas di masa mendatang.

Facebook Membuka Kantor Cabang di Jakarta

Raksasa media sosial ini telah memutuskan untuk membuka kantor cabangnya di Jakarta yang beralamat di Pacific Place. Tujuannya? Untuk menggali potensi bisnis khusus sektor UKM yang menurut analisa Facebook sangat besar untuk dikembangkan bersama jaringan iklan di media sosial tersebut.

Ekspansi Kerjasama Jaringan Media Iklan Online Lokal

Google kini berusaha keras menggandeng usaha kecil. Tujuannya ? Potensi usaha kecil di Indonesia sangat besar dan Google melihat mereka sebagai pemasang iklan potensial.

Lantas Apa yang Blogger Bisa Lakukan?

Blog yang rekan-rekan miliki sekarang ini adalah aset yang bisa jadi sangat menguntungkan di tahun-tahun mendatang.

Tips ngeblog untuk tingkatkan kualitas blog sangat penting sekalipun blog itu hanyalah sebuah blog personal.

Tingkatkanlah pemahaman-pemahaman pada tips penting berikut:

Terinspirasi dengan ulasan tren jaringan media sampai tahun 2032 ini?

Apa pendapat Anda tentang tren jaringan media di masa mendatang?  Jangan lupa untuk beri “like informasi ini”. Terima kasih masukannya.

One Response

  1. Jakaja Oktober 17, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+