Tips Psikotes Menggambar Pohon


Tips psikotes menggambar pohon ini penting untuk kamu yang sedang getol mencari kerja. Maklum saja dalam proses penerimaan kerja, calon karyawan harus diseleksi agar perusahaan atau organisasi mendapatkan orang yang tepat. Nah, salah satu proses seleksi adalah tes psikologi atau lebih akrab dikenal sebagai psikotes. Khusus kali ini akan dibahas psikotes menggambar pohon.

Sekalipun kita bukan pelukis handal, gambar kita menyimpan makna terpendam. Dibalik gambar kita terdapat pemikiran di bawah sadar dan perasaan yang dapat dianalisa menggunakan tes khusus. Dengan demikian kita belajar mengenai diri kita sendiri.

Tes Psikotes Menggambar Pohon

Sebuah tes menggambar pohon atau baum test diperkenalkan oleh Charles Koch pada tahun 1952 dan kemudian digunakan secara luas untuk menggambarkan kepribadian seseorang, melihat karakteristik emosi dari uji coba tersebut.

Pohon yang kamu gambar merupakan indicator psikologis akan perilaku terhadap fakta bahwa pohon telah menjadi elemen mitologi selama sejarah manusia. Para psikolog dan psikiater memperhatikan banyak aspek analisa dalam menggambar. Konsep ini sama dengan analisa tulisan tangan.

Kamu bisa menjalani tes ini sebagai hiburan dan rileksasi namun juga sekaligus analisa pribadi.

Apa Yang Perlu Kamu Lakukan?

Ambil secarik kertas dan pensil, kemudian gambarlah sebuah pohon. Gambar dengan cepat tanpa banyak berpikir dan jangan khawatir akan kualitas gambar pohon kamu. Pastikan untuk mencakup semua ini dalam gambar pohon itu:

  • Akar
  • Batang
  • Cabang
  • Daun dan buah

Baca kelanjutan artikel ini setelah kamu selesai menggambar pohonnya.

Akar

Cara kamu menggambar akar mengungkap perilakumu di dunia nyata. Jika kamu tidak menggambar akar, itu dapat berarti kamu mengalami periode ketidakjelasan dan kegelisahan. Itu juga bisa berarti kamu bukanlah orang yang praktis dan menyukai hal penuh perasaan sedih.

Jika kamu menggambar cepat, akar yang kuat, itu berarti kamu sangat pragmatis dan rasional dan sangat percaya dengan realita. Dalam hal ini, kamu mungkin ingin mengadopsi sebuah perilaku yang menyenangkan dan perhatian sepanjang waktu.

Batang

Batang pohon akan menjadi simbol kepribadian. Garis yang lurus dan bayangan menunjukan sifat pemalu. Jika batang pohonnya kecil, kamu orangnya pendiam. Jika kamu menggambar batang pohon besar dan tebal, kamu memiliki kekuatan dan tidak malu menyampaikan perasaan.

Jika batang pohonnya rusak atau melengkung, kamu sangat rapuh, sensitif dan merindukan perlindungan. Namun demikian, itu juga bisa berarti kamu sedang mengalami kekhawatiran, dan membutuhkan dukungan keluarga atau teman. Atau bahkan mungkin kamu membutuhkan psikiater.

Cabang

Cara kamu menggambar cabang pohon menggambarkan hubunganmu dengan dunia luar dan orang disekitarmu. Jika kamu tidak menggambar pohon atau kamu menggambar cabang kecil, kamu berarti kesulitan mengekspresikan diri di depan umum dan tidak mudah bagi kamu berkomunikasi dengan orang lain atau mengembangkan hubungan. Cabang tebal berarti menunjukkan kepribadian yang komunikatif.

Batang yang lancip menggambarkan agresi, dan batang membengkak menunjukkan kesulitan berkomunikasi dengan orang lain. Gambar garis samar-samar berarti orang melihatmu sebagai sosok penuh perhatian atau kamu orangnya selektif dalam menentukan orang lain yang bisa dekat denganmu.



Daun dan bunga

Menggambar daun dan bunga mewakili keinginanmu akan sukses. Jika kamu tidak menggambar bunga atau daun, bisa dipastikan kamu kurang percaya diri sendiri. Bunga dan daun akan menarik perhatian khusus yang menggambarkan sifat obesesif kompulsif. Bunga menunjukkan kepribadian optimis. Jika kamu menggambar buah maka kamu itu orang yang percaya diri.

Paham Tips Psikotes Menggambar Pohon Ini

Tips psikotes menggambar pohon lainnya adalah makna dari gambar kamu itu antara lain:

  • Jika kamu menggambar pohon cemara, kamu merindukan masa kecil
  • Jika kamu menggambar lubang, itu berarti kamu tidak bisa mengendalikan diri
  • Gambar kusam berarti tanda kamu depresi

Itulah tips psikotes menggambar pohonnya. Kini kamu sudah jauh lebih paham kenapa sebah tes menggambar pohon diadakan saat seleksi rekrutmen karyawan. Nah, agar kamu bisa lulus seleksinya, pastikan kamu menggambar pohon yang sesuai dengan karakter karyawan yang menjadi kebutuhan organisasi incaran kamu.

Nah sekarang, pohon seperti apa yang kamu gambar?


2 Comments

  1. Yudha Kusuma September 17, 2017
  2. Okto September 18, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+