Tips Membuka Cabang Usaha Baru

Saat usaha Anda melejit dan mendapat respon positif konsumen mungkin terpikir untuk membuka cabang usaha baru di tempat lain. Kondisi ini tentu akan menjadi penyemangat. Sekalipun terdengar mudah, membuka cabang usaha yang baru membutuhkan persiapan matang. Dalam banyak hal, aktivitas ini tidak jauh berbeda dengan memulai usaha baru. Jika Anda sedang memikirkan untuk membuka cabang baru pikirkanlah beberapa tips penting membuka cabang usaha baru ini.

Bagaimana Kondisi Bisnis Saat Ini

Seharusnya kondisi bisnis sedang sempurna saat Anda berpikir buka cabang. Kondisi sempurna meliputi penjualan yang sehat, jumlah konsumen yang berlebihan untuk lokasi pertama dan proyeksi arus kas yang meyakinkan.

Tanda positif perlunya cabang usaha adalah munculnya kekurangan ruang usaha, persediaan barang atau karyawan kemudian “terpaksa” mengorbankan keinginan konsumen. Hal penting lain untuk dipastikan adalah cabang baru nanti harus memiliki performa lebih baik ketimbang lokasi sebelumnya.

Siap dengan Uang Ekstra

Anda harus siap dengan uang ekstra yang diperlukan dalam membuka cabang usaha baru.

Mungkin Anda harus membayar sewa tempat, iklan, gaji karyawan, ijin, atau tagihan lainnya. Buatlah daftar biaya usaha cabang baru itu.

Ingatlah bahwa Anda harus menanggung biaya usaha dasar tadi setidaknya untuk beberapa bulan awal seiring pertumbuhan usaha. Pemilihan lokasi yang terlalu jauh, misal di luar kota, merupakan penyebab umum gagalnya usaha. Pastikan uang Anda dihabiskan dengan efisien untuk membuka cabang usaha baru.

Tempatkan pinjaman uang untuk usaha sebagai opsi lainnya. Untuk memastikan pinjaman modal Anda berhasil, siapkanlah proposal usaha yang matang. Business plan buatan Anda harus bisa memprediksi bahwa cabang usaha baru akan memberi return on investment yang menjanjikan.

Sudah Melakukan Riset Pasar

Anda tidak dapat mengabaikan kemungkinan bahwa salah satu penyebab sukses bisnis adalah lokasi usaha. Pemilihan lokasi usaha yang tepat dapat berkontribusi positif untuk bisnis tanpa disadari.

Bagaimana untuk memastikannya? Lakukanlah riset. Datangi lokasi, bicara dengan pemilik toko setempat dan konsumen umum tentang keseharian mereka, catat dan pelajari persaingannya. Perhatikan juga apa saja yang dibeli konsumen dan apa yang tidak tersedia.

Pertimbangkanlah jarak antara lokasi awal dan lokasi baru. Jika terlalu dekat bisa menjadi pesaing yang tidak perlu. Atau bisa juga permintaan malah menurun. Jika terlalu jauh Anda bisa kehabisan waktu dan biaya untuk tetap berhubungan.

Penting untuk dipastikan bahwa lokasi cabang usaha baru tetap mempertahankan kekhususan lokasi usaha yang pertama. Apa yang membuat konsumen setia Anda selalu kembali? Pertahankan hal itu, maka usaha Anda akan maju pesat.

Cabang usaha baru harus merefleksikan perbedaan di lingkungannya. Anda berada di kawasan kota bagian mana. Sesuaikan penawaran atau seragam karyawan untuk membuat perbedaan.

Siap Bekerjasama

Satu hal pasti, Anda tidak mungkin ada di dua tempat dalam satu waktu.

Anda harus siap bekerjasama jika ingin membuka cabang usaha baru. Bekerjasama dengan orang lain yang Anda percaya tentunya.

Ini bisa berarti mengangkat karyawan lama menjadi manajer atau menyewa karyawan baru untuk menjalankan cabang usaha.

Beberapa riset menunjukkan bahwa manajer yang berasal dari karyawan internal bekerja lebih baik ketimbang hasil rekrut dari luar. Ini masuk akal karena karyawan lama sudah mengenal budaya kerja dan seluk beluk usaha itu.

Apa Dampak Keuangan dan Hukumnya

Anda akan menemukan manfaat jika memisahkan keuangan antara usaha awal dan usaha baru. Dengan cara itu Anda bisa memonitor kemajuan atau kegagalan yang terjadi.

Pastikan bahwa semua aturan yang berlaku Anda ikuti untuk kegiatan usaha cabang baru. Beberapa aturan mulai dari ijin, gaji karyawan, usia karyawan, jam kerja, dan sebagainya.

Selanjutnya Anda mungkin terpikir untuk merubah skala usaha dari UKM menjadi PT dengan membuka cabang usaha baru. Pastikan Anda mengetahui semua aturan yang berlaku untuk kelancaran hal tersebut.

Siap Membuka Cabang Usaha Baru?

Membuka cabang usaha baru akan menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk pengusaha. Ini berarti usaha Anda tumbuh positif. Persiapkanlah semuanya dengan baik dan lakukan perencanaan bisnis yang seksama. Pelaksanaan atas proposal usaha yang baik akan memandu Anda mencapai sukses membuka cabang usaha baru.


One Response

  1. tyo Oktober 13, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge

Pinjam Uang Untuk Lebaran Secara Online. Aman, Nyaman, PraktisPinjam Uang
+